Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi (4-2-1-3) Terbaik Tottenham Hotspur di PES 2020

Formasi Terbaik Tottenham Hotspur PES 2020

Sejak era Pochettino di Tottenham Hotspur dimulai, klub ini menjadi tim papan atas dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini. Tidak heran pada musim 2018/2019, mereka sempat masuk ke Final Liga Champions walaupun dikalahkan oleh Liverpool.

Saat ini Tottenham menjadi lumayan cukup baik untuk digunakan oleh User ketika bertanding dalam permainan Pro Evolution Soccer 2020.

Pemain-pemain seperti Harry Kane, Lucas Moura, dan Dele Alli menjadi daya tarik sendiri bagi klub Liga Inggris ini.

Jika kalian yang sering memakai Tottenham Hotspur di PES 2020 tanpa mengetahui settingan Formasi dan Taktik terbaiknya sangat disayangkan sekali karena kalian tidak bisa memanfaatkan Tottenham Hotspur di PES 2020 dengan efektif.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Tentu saja mengatur Formasi beserta Taktik terbaiknya untuk Tottenham Hotspur di PES 2020.

Bagaimana cara mengatur formasi dan taktiknya?

Mudah sekali, karena kalian yang sedang membaca artikel yang saya buat ini, sudah sangat tepat berada di blog ini. 

Saya akan membahas tuntas mengenai cara mengatur Formasi Terbaik untuk Tottenham Hotspur di PES 2020 pada artikel ini. Jadi, jangan sampai ada kata dari tulisan saya yang terlewatkan ketika kalian sedang membaca.

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Tottenham Hotspur di PES 2020

Hal paling pertama yang harus kita lakukan adalah membuat pola formasinya terlebih dahulu.

Dalam membuat pola formasi, kita harus mengetahui komposisi pemain yang dimiliki oleh suatu tim yang ingin kita gunakan di PES 2020 terlebih dahulu.

Seperti yang kita lihat, Tottenham ini mempunyai pemain-pemain yang memiliki kecepatan, skill, serta kemampuan passing dan menahan bola yang bagus. 

Kita perlu memanfaatkan hal tersebut untuk membuat formasi yang kita terapkan pada Tottenham Hotspur di PES 2020 menjadi efektif serta ampuh tentunya.

Jadi apa pola formasinya?

Jawabannya adalah pola formasi 4-2-1-3.

Mengapa kita perlu mengatur dan menggunakan pola formasi tersebut untuk Tottenham di PES 2020?

Kita simak terlebih dahulu analisis pola formasinya dibawah ini.

Menganalisis Pola Formasi Tottenham Hotspur (4-2-1-3) di PES 2020

Kalian bisa melihat terlebih dahulu gambaran pola formasi 4-2-1-3 Tottenham dibawah ini.

Formasi 4-2-1-3 Tottenham Hotspur PES 2020

Kita bisa lihat pada lini tengah terlebih dahulu, bahwa sebenarnya pada gambar diatas yang saya berikan, kita akan menempatkan 3 pemain gelandang namun dipecah menjadi dua lini yakni setengah lapangan depan dan setengah lapangan belakang.

Jadi kita mengaturnya dengan menempatkan 1 pemain DMF dan CMF di lini tengah belakang serta 1 pemain AMF pada lini tengah depan.

Dengan adanya pengaturan ini, maka pemain AMF akan menjadi Supporting bagi lini depan dan pemain DMF serta CMF akan menjadi supporting bagi lini belakang.

Untuk lini depan, kita bisa melihatnya pada gambar diatas bahwa kita akan mengaturnya dengan menempatkan 3 penyerang dengan rincian 1 LWF, 1 RWF, dan 1 CF.  

Mereka bertiga inilah yang akan menjadi lini serang kita didepan dalam menyerang ke area pertahanan musuh.

Pengaturan letak posisinya pada masing-masing pemain, kalian bisa mengaturnya dengan melihat gambaran diatas yang sudah saya berikan tadi.

Untuk lini belakang, kita masih menggunakan pola 4 bek seperti biasanya dalam mengatur pertahanan.

Berikut pembahasan yang sudah saya berikan mengenai pengaturan pola formasi 4-2-1-3 untuk Tottenham Hotspur di PES 2020. Kalian hanya perlu mengatur pola formasinya di PES 2020 kalian saja dengan mengikuti gambar pola yang sudah saya berikan diatas tadi.

Selesai mengatur pola formasinya, maka hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengatur susunan pemain atau Starting Eleven pada pola formasi yang sudah kita buat tadi.

Bagaimana caranya?

Simak penjelasannya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Susunan Pemain atau Starting Eleven Formasi Tottenham Hotspur PES 2020

Jika kita sudah menyelesaikan pengaturan formasi, maka selanjutnya adalah menempatkan pemain-pemain pada formasi tersebut.

Tottenham memiliki pemain-pemain yang bagus dan cocok untuk ditempatkan pada pola formasi 4-2-1-3 yang sudah kita atur ini.

Langsung saja, kalian bisa melihat susunan Starting Elevennya dibawah ini.
  • Hugo Lloris (GK)
  • T. Alderweireld (CB)
  • Jan Vertonghen (CB)
  • Danny Rose (LB)
  • S. Aurier (RB)
  • E. Dier (DMF)
  • T. Ndombele (CMF)
  • C. Eriksen (AMF)
  • Son Heung-Min (LWF)
  • Lucas Moura (RWF)
  • Harry Kane (CF)
Perlu diingatkan kepada kalian bahwa saya menggunakan susunan ini saat Tottenham masih mengawali awal musim 2019/2020. Jadi dari pemain yang ada diatas belum berubah dalam mengikuti transfer Januari, sehingga susunan pemain ini masih versi lama.

Jika kalian yang bermain PES 2020 sudah menggunakan Update transfer pemain terbaru, silahkan disesuaikan saja susunan pemainnya dengan transfer pemain baru yang sudah masuk ke Tottenham.

Kalian bisa menyesuaikan berdasarkan posisi beserta rating dari pemain tersebut jika dimasukkan pada pola formasi 4-2-1-3 yang sudah kita atur sebelumnya untuk Tottenham Hotspur di PES 2020 ini.

Jika sudah selesai mengatur susunan pemain atau Starting Eleven, maka hal selanjutnya adalah mengatur instruksi taktiknya.

Taktiknya terdiri dari 3 bagian yaitu Attacking Instructions, Defensive Instruction, dan Advanced Instructions.

Saya bahas tuntas mengenai pengaturan ketiga hal tersebut untuk diterapkan pada formasi Tottenham di PES 2020 dalam artikel ini.

Simak dengan baik pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi (4-2-1-3) Tottenham Hotspur PES 2020

Taktik pertama yang harus kita atur adalah Attacking Instructions atau instruksi dalam menyerang.

Sebelumnya kita sudah mengatur pola formasi Tottenham menjadi formasi 4-2-1-3. Dengan melihat polanya, disini kita akan mengandalkan 3 penyerang dengan satu gelandang serang sebagai Supporting dalam melakukan penyerangan.

Kita perlu membuat celah untuk menyerang ke daerah pertahanan musuh dengan memanfaatkan hal tersebut.

Jadi bagaimana cara mengatur instruksinya?

Kalian bisa langsung melihat pengaturannya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 5 bar Focus Point
Kita bisa melihat pengaturan diatas bahwa serangan yang akan kita bangun akan mengandalkan gaya menyerang dengan menggunakan gaya serangan balik atau Counter Attack.

Hal ini akan cocok karena Tottenham memiliki 2 penyerang sayap yang mempunyai kecepatan dan kemampuan Dribbling bola yang baik. Lalu, lini serang kita akan ditopang dengan satu striker yang bisa dijadikan Target Man di depan yakni Harry Kane.

Serangan akan dibangun dengan umpan-umpan pendek dengan memfokuskan zona serangan pada sisi lebar lapangan.

Positioning yang kita atur adalah Maintain Formation. Hal ini akan berfungsi agar pemain tetap dalam posisinya masing-masing sesuai dengan penempatan pola formasi 4-2-1-3 yang sudah kita atur dalam melakukan serangan nantinya.

Support Range atau jarak Support antarlini pemain yang diatur adalah sebanyak 5 bar Focus Point. Hal ini agar memungkinkan pemain tidak terlalu jauh atau dekat dalam hal jarak antarlini pemain dalam melakukan Passing dari satu pemain ke pemain lainnya.

Jika sudah selesai mengatur instruksi menyerang, maka hal yang harus kita atur adalah instruksi bertahannya.

Bagaimana caranya?

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi (4-2-1-3) Tottenham Hotspur PES 2020

Instruksi bertahan atau Defensive Instructions ini adalah instruksi taktik dalam membentuk gaya pola pertahanan apa yang ingin kita terapkan.

Sangat penting sekali dalam membentuk pola dan gaya bertahan yang baik dalam membuat formasi.

Tottenham memiliki bek dan gelandang yang sangat bagus dan baik dalam bertahan.

Pada pola formasi 4-2-1-3 yang sudah kita atur sebelumnya pada formasi Tottenham di PES 2020 ini akan mengandalkan 4 bek serta dibantu oleh dua gelandang dalam lini pertahanan.

Jika ingin membuat gaya bertahan yang efektif, kita harus bisa menggunakan pola bertahannya dengan menyesuaikan pola formasi yang sudah kita atur sebelumnya.

Jadi, apa instruksi bertahan efektif yang perlu kita atur pada formasi Tottenham di PES 2020 ini?

Kalian bisa langsung melihat pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 3 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point
Kita bisa melihatnya diatas bahwa gaya bertahan yang akan kita terapkan pada formasi Tottenham di PES 2020 ini adalah All-out Defence

Hal ini akan memungkinkan para pemain ketika sedang tidak menguasai bola atau dalam fase bertahan akan turun ke belakang dengan membuat pola bertahan.

Pola bertahan yang akan kita terapkan disini akan difokuskan pada area tengah, karena pada lini tengah yang sudah kita atur dengan menggunakan pola 4-2-1-3 akan menjadi kombinasi yang bagus dikarenakan adanya penempatan 3 orang yang berposisikan sebagai gelandang pada lini tengah.

Gaya penekanan atau Pressure terhadap lawan akan kita atur pada pilihan Aggressive. Hal ini akan memungkinkan pemain menjadi lebih agresif dalam menutup pergerakan lawan yang sedang menguasai bola.

Defensive Line yang sudah kita atur sebanyak 3 bar Focus Point akan membuat pemain menerapkan garis pertahanan yang rendah atau ke dalam. Istilahnya adalah Deep Defensive Line. Agar pertahanan kita semakin kuat dalam bertahan dari serangan musuh.

Compactness atau kerapatan antarlini pemain dalam lini pertahanan yang kita atur sebanyak 8 bar Focus Point agar memungkinkan pemain membuat jarak antarlini pemain ketika sedang dalam fase bertahan menjadi lebih rapat.

Hal ini bertujuan untuk membuat pola pertahanan semakin kokoh dan sulit ditembus. Apalagi Tottenham Hotspur memiliki 2 bek yang mempunyai rating yang sangat bagus yakni Alderweireld dan Vertonghen.

Jika kita sudah selesai mengatur instruksi bertahan, maka hal terakhir yang akan kita atur adalah Advanced Instructions.

Bagaimana cara mengatur Advanced Instructionsnya?

Simak pembahasan untuk poin terakhir pada artikel yang saya buat kali ini dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi (4-2-1-3) Tottenham Hotspur PES 2020 

Langsung saja, kalian bisa melihat pengaturan Advanced Instructionsnya terlebih dahulu dibawah ini.
  • Offense 1 : Attacking Full Backs
  • Offense 2 : Hug the Touchline
  • Defense 1 : Deep Defensive Line
  • Defense 2 : Counter Target (Harry Kane)
Settingan diatas sudah sangat direkomendasikan bagi kalian. Jadi, silahkan untuk diatur pada Tottenham kalian di PES 2020.

Jadi, dengan memilih Offense 1 pada pilihan Attacking Full Backs akan membuat pemain bek kanan dan kiri akan membantu pemain lainnya ketika kita sedang dalam fase menyerang. 

Untuk bagian Offense 2 yang kita pilih pada pilihan Hug the Touchline akan membuat serangan akan difokuskan pada sisi sayap kanan dan kiri. Hal ini cocok sekali karena pada pola formasi 4-2-1-3 yang kita atur pada Tottenham mengandalkan 2 pemain sayap yakni Son Heung-Min dan Lucas Moura.

Lalu, pada bagian Defence 1 yang kita pilih pada pilihan Deep Defensive Line akan membuat pemain kita menerapkan garis pertahanan yang rendah ketika kita sedang dalam fase bertahan.

Terakhir pada bagian Defence 2, kita atur dengan memilih Counter Target dengan menempatkan seorang Harry Kane sebagai ujung tombak. 

Jadi ketika kita sedang dalam fase bertahan, maka seluruh pemain Tottenham akan turun ke daerah lini pertahanan untuk membuat pola bertahan, sedangkan Harry Kane akan menunggu di depan sambil melihat peluang terjadi Counter Attack.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada artikel mengenai formasi Tottenham Hotspur di PES 2020.

Kalian perlu mengatur settingan formasinya sesuai dengan arahan yang saya berikan dalam artikel ini. Jangan sampai ada pegaturan formasi yang terlewatkan, karena akan berakibat fatal pada permainan kalian nantinya di PES 2020 ketika menggunakan Tottenham Hotspur.

Kalian bisa mencoba settingan formasi ini pada mode Exhibition Match atau Mode Training dengan melawan komputer terlebih dahulu untuk melihat apakah permainan kalian sudah cocok dengan menggunakan settingan formasi yang saya berikan ini.

Jangan lupa untuk teruslah berlatih bermain Pro Evolution Soccer 2020 ini dengan giat agar skill kalian terasah.

Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga Bermanfaat



Terakhir Diperbarui : 02 September 2020

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi (4-2-1-3) Terbaik Tottenham Hotspur di PES 2020"