Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi Terbaik dan Ampuh Chelsea di PES 2020

Formasi Terbaik Chelsea PES 2020

Sedang kesusahan dan kesulitan dalam mencari pengaturan Formasi dan Taktik Chelsea di PES 2020?

Tenang saja, karena Anda sudah tepat dengan mengunjungi blog ini dan sedang membaca tulisan artikel yang sudah saya buat ini.

Mengapa?

Karena, disini kita akan membahas tuntas tentang cara mengatur Formasi dan Taktik untuk Chelsea di PES 2020.

Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Chelsea di PES 2020

Hal yang paling penting dalam mengatur formasi adalah membuat polanya terlebih dahulu.

Dalam membuat pola formasi, kita harus melihat yang namanya komposisi dari sebuah tim yang ingin kita buat dan atur formasinya.

Di PES 2020, kita bisa melihat komposisi pemain yang dimiliki oleh Chelsea bahwa mereka memiliki pemain tengah dan depan yang berkualitas tinggi.

Hal inilah yang harus kita manfaatkan sebaik mungkin, jika ingin membuat formasi terbaik untuk Chelsea di PES 2020.

Setelah kita sudah mengetahui komposisi pemainnya, maka yang harus kita lakukan adalah membuat polanya.

Apa pola formasi yang ampuh dan cocok untuk Chelsea di PES 2020?

Jawabannya adalah pola formasi 4-3-3.

Mengapa bisa demikian?

Kita simak terlebih dahulu Analisisnya dibawah ini.

Menganalisis Penggunaan Pola Formasi Chelsea (4-3-3) di PES 2020

Seperti yang sebelumnya sudah saya bilang bahwa sebelum menentukan formasi yang dibuat, kita harus melihat terlebih dahulu dari segi komposisi pemain dalam tim tersebut.

Chelsea memiliki beberapa pemain muda yang bagus dan berkualitas di dalam skuadnya. Terlebih lagi, pemain-pemain ini berada di posisi depan dan tengah.

Dengan mengaturnya ke pola 4-3-3, kita sudah bisa memanfaatkan kelebihan dari rating pemain yang dimiliki oleh Chelsea di PES 2020 ini.

Lalu, bagaimana mengatur pola formasinya?

Anda bisa melihat gambaran polanya dari gambar yang saya berikan dibawah ini.

Formasi 4-3-3 Chelsea PES 2020

Kita bisa melihat dari gambar diatas bahwa lini depan yang akan diatur akan mengandalkan tiga penyerang didepan.

Tiga penyerang ini terdiri dari 1 SS, 1 RWF, dan 1 LWF. Ketiga pemain inilah yang akan bertugas untuk melakukan serangan ke daerah pertahanan lawan.

Untuk lini tengah, kita akan mengaturnya dengan menempatkan 3 CMF. Tiga Central Midfielder ini akan bertugas sebagai Support untuk lini depan serta bertugas menjaga lini tengah.

Pada lini belakang, kita bisa mengaturnya dengan menggunakan pola formasi 4 bek yang biasanya standar dipakai oleh tim sepakbola saat ini.

Selesai sudah analisis dari pola formasi 4-3-3 Chelsea di PES 2020 yang sudah kita bahas. Maka selanjutnya adalah menentukan dan menyusun nama-nama pemain atau Starting Eleven untuk Formasi Chelsea ini.

Simak pembahasannya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Susunan Pemain atau Starting Eleven Formasi Chelsea PES 2020

Sesudah membuat pola formasi, hal selanjutnya yang harus kita atur adalah susunan pemainnya atau biasanya kita menyebut dengan Starting Eleven.

Dalam mengatur Starting Eleven, kita harus cermat dan teliti dalam memilih pemain mana saja yang cocok untuk disusun ke dalam Starting Eleven

Jika tidak, hal tersebut akan menjadi fatal nantinya pada saat pertandingan dimulai. Karena bisa saja pemain tidak akan cocok menempati pola formasi yang sudah kita atur sebelumnya.

Maka dari itu, siapa sajakah pemain yang cocok untuk dimasukkan ke dalam Starting Eleven pada pola formasi 4-3-3 Chelsea di PES 2020 yang sudah kita atur sebelumnya?

Langsung saja untuk melihat susunan pemainnya dibawah ini.

  • K. Arizzabalaga (GK)
  • Marcos Alonso (LB)
  • Antonio Ruediger (CB)
  • K. Zouma (CB)
  • C. Azpilicueta (RB)
  • Jorginho (CMF)
  • N’golo Kante (CMF)
  • R. Barkley (CMF)
  • C. Hudson Odoi (LWF)
  • C. Pulisic (RWF)
  • Willian (SS)

Seperti yang sudah dilihat dari daftar susunan pemain diatas, mereka adalah pemain-pemain yang cocok untuk ditempatkan dalam pola formasi yang sudah kita buat sebelumnya untuk Chelsea di PES 2020 ini.

Usahakan untuk menggunakan Starting Eleven diatas sebelum pertandingan dimulai saat Anda menggunakan Chelsea di PES 2020.

Perubahan posisi bisa saja terjadi jika terdapat kondisi yang tidak memungkinkan untuk menggunakan susunan pemain diatas ke dalam pola formasi 4-3-3 Chelsea ini.

Contohnya seperti adanya pemain yang cidera, suspensi pemain, form pemain tidak bagus, dan kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan lainnya.

Jika Anda mendapatkan situasi seperti yang saya sebutkan diatas, perlu saya ingatkan untuk berusaha mengganti posisi pemain tersebut. Dengan catatan, pemain yang diganti harus bisa menjalani perannya dengan baik pada posisi dari pemain yang sebelumnya sudah diganti tersebut.

Masih kurang mengerti dari apa yang saya sampaikan mengenai pergantian pemain?

Baiklah, jika masih kurang mengerti, saya akan memberi suatu contoh permisalan.

Misalnya pemain A yang berposisi sebagai SS (Second Striker) mengalami kondisi form yang kurang bagus. Dengan melihat kondisi seperti ini, kita harus menggantinya agar performa dalam penerapan formasi yang sudah kita atur berjalan dengan efektif.

Bagaimana cara mengganti si pemain A tersebut yang berposisikan sebagai SS?

Mudah sekali, Anda hanya perlu mengganti pemain A tersebut dengan memasukkan pemain B yang posisinya ini bisa ditempatkan ke posisi SS.

Kurang lebih seperti itu, jika masih kurang mengerti, Anda bisa berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan dalam artikel ini untuk menyatakan pertanyaan yang ingin disampaikan.

Setelah mengatur dari yang namanya pola formasi beserta susunan pemainnya atau Starting Eleven, maka hal selanjutnya adalah mengatur instruksi-instruksi taktik.

Pola formasi dari Chelsea untuk PES 2020 yang sudah kita atur sebelumnya tidak akan berjalan dengan baik dan efektif jika kita tidak mengatur instruksi taktiknya.

Instruksi taktik ini terdiri dari Attacking, Defensive, dan Advanced Instructions. Kita harus mengatur ketiga bagian tersebut jika sudah selesai mengatur pola formasi dan susunan pemain untuk Chelsea di PES 2020 ini.

Di sini kita akan bahas satu-persatu penjelasan instruksi taktiknya beserta pengaturan lengkapnya.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi (4-3-3) Chelsea di PES 2020

Pertama kali yang harus kita atur dalam mengatur instruksi taktik adalah mengatur yang namanya Attacking Instrusctions.

Attacking Instructions ini bisa dikatakan adalah instruksi dalam melakukan penyerangan ke daerah pertahanan musuh.

Sebelumnya, kita sudah mengatur formasi Chelsea menjadi pola 4-3-3. Dengan melihat pola tersebut, maka kita harus memanfaatkan pemain depan dan sayap serta lini tengah yang kita punya di Chelsea.

Lalu bagaimana cara mengatur Attacking Instructionsnya dengan memanfaatkan hal tersebut?

Langsung saja, Anda bisa melihat pengaturan instruksinya dibawah ini dan mengatur pengaturannya pada formasi Chelsea di PES 2020.

  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Flexible
  • Support Range : 3 bar Focus Point

Kita bisa melihat dari pengaturan diatas bahwa gaya menyerang yang akan kita terapkan adalah gaya menyerang dengan mengandalkan permainan serangan balik.

Serangan balik akan menjadi senjata mematikan dengan kombinasi dari pola formasi 4-3-3 Chelsea yang sudah kita atur sebelumnya. 

Chelsea di PES 2020 memiliki pemain yang mempunyai rating kecepatannya sangat berkualitas. Sebut saja Hudson-Odoi, Pulisic, dan Willian. Mereka bertiga bisa mengacaukan lini pertahanan musuh dengan baik.

Selain itu, serangan yang dibangun akan menggunakan umpan-umpan pendek dalam memaksimalkan serangan balik.

Area serangan akan difokuskan pada area lini tengah karena kita memiliki tiga gelandang CMF di tengah. Dengan Positioning yang kita atur menjadi Flexible, gaya Counter Attack pun akan semakin efektif.

Pada bagian Support Range yang kita atur sebanyak 3 bar akan membuat jarak Support antarlini pemain menjadi lebih dekat. Sehingga ketika pemain kita sedang menguasai bola, ruang Passing antarpemain tidak terlalu lebar.

Selesai mengatur Attacking Instructions, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu Defensive Instructions.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi (4-3-3) Chelsea di PES 2020

Setelah menyerang, kita harus bisa bertahan.

Maka dari itu, taktik bertahan juga harus diatur dengan sebaik mungkin.

Dengan mengatur pola formasi 4-3-3 untuk Chelsea, bisa dikatakan untuk masalah pertahanan, disini kita akan mengandalkan area pertahanan di lini tengah. 

Karena kita mempunyai tiga gelandang tengah, mereka bisa membantu 4 bek di belakang dalam melakukan pertahanan dari serangan musuh.

Untuk selengkapnya, langsung saja kita bisa melihat pengaturannya dibawah ini.

  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Conservative
  • Defensive Line : 6 bar Focus Point
  • Compactness : 7 bar Focus Point

Kita bisa melihat dari pengaturan diatas bahwa gaya bertahan yang akan kita atur adalah Frontline Pressure.

Jadi, ketika kita tidak sedang menguasai bola atau lebih tepatnya dalam fase bertahan, beberapa pemain akan melakukan Pressure kepada lawan dengan cara menutupi pergerakan pemain lawan untuk menghalangi atau merebut bola yang sedang mereka pegang.

Containment Area yang kita atur adalah Middle. Maksudnya adalah bentuk garis pertahanan akan dibuat oleh pemain kita untuk memotong jalannya dari umpan-umpan yang dilakukan oleh pemain lawan. 

Pada bagian Pressure yang kita atur menjadi Conservative, hal tersebut akan membuat bek kita menahan penyerang lawan dengan cara menjaga jarak dengan lawan tersebut. 

Sehingga bisa dikatakan bek kita tidak akan terlalu menekan dengan gaya agresif yang akan menimbulkan sebuah resiko terkena kartu dari wasit.

Defensive Line atau garis pertahanan yang kita atur sebanyak 6 bar akan membuat garis pertahanan tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu dalam.

Compactness yang kita atur sebanyak 7 bar akan membuat kerapatan antarlini pemain ketika dalam fase bertahan menjadi agak lebar sedikit.

Selesai sudah dari pembahasan pengaturan Defensive Instructions untuk formasi Chelsea, maka poin terakhir yang akan kita bahas selanjutnya adalah Advanced Instructions.

Simak pembahasan poin terakhirnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi (4-3-3) Chelsea di PES 2020

Pembahasan yang akan saya bahas ini adalah poin terakhir dalam mengatur formasi Chelsea di PES 2020. 

Jadi langsung saja untuk melihat pengaturan Advanced Instructionsnya dibawah ini.

  • Offense 1 : False No. 9
  • Offense 2 : False Winger
  • Defense 1 : -
  • Defense 2 : -

Dengan melihat pengaturan diatas, kita bisa melihatnya bahwa pada bagian Advanced Instructions untuk formasi Chelsea yang akan kita atur memakai bagian Offense saja.

Jadi pada Offense 1 yang akan kita atur menjadi False No. 9 akan berfungsi untuk membuat penyerang tengah melakukan penahanan bola yang sedang ia kuasai terlebih dahulu. 

Selanjutnya pemain sayap akan bisa maju untuk memberikan ruang terbuka agar bola dapat langsung dikirim dengan baik oleh si penyerang kepada pemain sayap yang membuka ruang tadi.

Kuncinya adalah penyerang tengah ini harus memiliki kelincahan dalam menguasai bola, karena ia bertugas menahan bola selama mungkin untuk pemain sayap agar membuka ruang untuk Passing nantinya.

Pemain yang bisa menjalankan peran ini adalah Willian. Sebelumnya kita sudah mengatur pola formasi Chelsea serta susunan pemainnya.

Willian kita tempatkan sebagai Second Striker atau SS pada pola formasi 4-3-3 yang sudah kita atur. Disini, Willian akan cocok untuk mengemban peran sebagai False No. 9.

Selanjutnya adalah bagian Offense 2.

Di bagian ini, kita memilih False Winger. Hal tersebut agar pemain pemain sayap kita akan pergi ketengah untuk membantu penyerangan, serta pemain lain akan menggantikan posisi dari pemain sayap tersebut.

Dari formasi Chelsea pada PES 2020 ini yang sudah kita atur sebelumnya menjadi pola 4-3-3, kita bisa melihat terdapat dua Winger yang ditempatkan pada pola ini.

Kedua pemain sayap ini akan memainkan perannya sebagai False Winger yang akan kita atur pada Advanced Instructions Chelsea di PES 2020 ini.

Selesai sudah pembahasan pada pengaturan formasi Chelsea di PES 2020 kali ini. 

Anda bisa langsung menerapkan pengaturan tersebut di PES 2020 milik Anda ketika menggunakan klub Chelsea.

Saya menyarankan untuk mengikuti seluruh yang sudah saya berikan sebelumnya pada pembahasan tadi agar formasi Chelsea ini berjalan dengan efektif pada PES 2020.

Jika ada yang kurang mengerti dari pembahasan diatas, Anda bisa mengirim komentar pada kolom komentar yang sudah disediakan dalam artikel.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat. 



Terakhir diperbarui : 13 Agustus 2020

2 comments for "Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi Terbaik dan Ampuh Chelsea di PES 2020"

  1. Gan nanti bikin versi yg terbaru dong, yg skuat terbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih gan atas sarannya, untuk kedepannya akan kami usahakan untuk selalu mengupdate artikel yang sudah kami publikasikan di Blog ini.

      Delete

Post a Comment

Silahkan untuk menulis komentar Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan. Berkomentarlah dengan kata dan bahasa yang baik, sopan, dan relevan.

Jangan menghabiskan waktu berharga milik Anda hanya dengan memberikan komentar SPAM disini.