Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Cara Mudah Mengatur Formasi Terbaik AS Roma di PES 2020

Formasi Taktik Terbaik AS Roma PES 2020

Kalian kesini untuk mencari Formasi dan Taktik Terbaik untuk AS Roma di PES 2020 bukan?

Jika iya, kalian sudah tepat sekali berada di blog ini dan sedang membaca artikel yang sudah saya buat kali ini.

Mengapa?

Karena, disini kita akan kupas tuntas bagaimana caranya mengatur Formasi dan Taktik terbaik dan ampuh untuk digunakan oleh AS Roma di PES 2020.

Langsung saja simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi AS Roma di PES 2020

Hal paling pertama yang harus kita lakukan adalah membuat pola formasinya terlebih dahulu.

Dalam membuat sebuah pola formasi, kita harus terlebih dahulu melihat komposisi pemain dalam tim. AS Roma di PES 2020 memiliki sejumlah pemain depan serta gelandang serang yang bagus. Kita perlu memanfaatkan hal ini.

Jadi apa pola formasi yang cocok dan bagus untuk AS Roma di PES 2020?

Jawabannya adalah pola formasi 4-1-2-3.

Untuk selengkapnya kalian bisa langsung melihat pola formasinya pada gambar dibawah ini.

Formasi 4-1-2-3 AS Roma PES 2020

Seperti dilihat pada gambar diatas, lini serang kita dihuni oleh 5 pemain yang mempunyai karakter menyerang. Kelima pemain berposisikan sebagai AMF, LWF, RWF, dan CF.

Dengan adanya 2 pemain Attacking Midfielder didepan, mereka akan membantu serangan yang sebelumnya sudah ditopang oleh ketiga penyerang pada lini depan. Hal ini tentu akan memperkuat lini serang yang dimiliki oleh AS Roma.

Lini tengah sebenarnya juga akan ditopang oleh 2 AMF, namun kedua pemain ini akan lebih di support oleh 1 pemain DMF. Pemain inilah yang akan menjaga aliran bola di lini tengah dan membantu pertahanan di lini belakang yang sudah ditempatkan dengan pola 4 bek.

Setelah mengatur pola formasinya, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menempatkan susunan pemain atau Starting Eleven pada pola formasi yang sudah kita buat yaitu pola formasi 4-1-2-3.

Langsung saja untuk menyimak pembahasannya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Susunan Pemain atau Starting Eleven Formasi AS Roma PES 2020

Sebenarnya menurut pendapat saya, untuk kualitas tim yang dimiliki oleh AS Roma di PES 2020 ini tidak bagus-bagus amat, namun tidak jelek juga.

Walaupun begitu, kita tetap bisa memanfaatkan AS Roma di PES 2020 dengan baik dan efektif.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah memaksimalkan pemain yang ada dengan mengoptimalkan formasi.

Kita perlu memaksimalkan pemain yang dimiliki oleh AS Roma dengan menempatkan pemain tersebut sesuai dengan pola formasi yang sudah kita buat.

Langsung saja, kalian bisa melihat susunan pemainnya yang sudah saya sesuaikan dengan pola formasi 4-1-2-3 dibawah ini.
  • A. Mirante (GK)
  • A. Kolarov (LB)
  • C. Smalling (CB)
  • F. Fazio (CB)
  • A. Florenzi (RB)
  • B. Cristante (DMF)
  • H. Mkhitaryan (AMF)
  • J. Pastore (AMF)
  • J. Kluivert (LWF)
  • C. Under (RWF)
  • E. Dzeko (CF)
Kalian bisa menempatkan susunan diatas untuk mengoptimalkan formasi 4-1-2-3 yang sudah kita atur sebelum untuk formasi AS Roma di PES 2020.

Setelah selesai mengatur susunan pemain, maka selanjutnya adalah mengatur taktiknya.

Taktik di PES 2020 ini berupa instruksi. Jadi ada 3 instruksi yang harus kita atur yakni Attacking, Defensive, dan Advanced Instructions.

Langsung saja, simak pembahasannya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi (4-1-2-3) AS Roma PES 2020

Kalian bisa melihat pengaturannya dibawah ini.
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 8 bar Focus Point
Attacking Instructions ini berfungsi sebagai taktik instruksi dalam menyerang. Disini kita akan mengandalkan gaya menyerang dengan penguasaan bola. Karena lini tengah AS Roma di PES 2020 ini diperkuat oleh Pastore dan Mkhitaryan yang berposisikan sebagai AMF, maka kita perlu memanfaatkan penguasaan bola di lapangan tengah.

Gaya serangan akan dibangun dengan umpan-umpan pendek dengan fokus serangan akan diarahkan pada sisi samping atau bisa dikatakan serangan menggunakan lebar lapangan.

Positioning yang kita atur dengan memilih Maintain Formation akan membuat seluruh pemain akan tetap pada posnya masing-masing ketika sedang membangun serangan nantinya.

Support Range atau jarak support antarlini pemain yang kita atur sebanyak 8 bar akan membuat jarak pemain agak merenggang, karena disini akan membangun serangan dengan mengandalkan sisi lebar lapangan.

Setelah selesai mengatur instruksi menyerang pada pembuatan formasi AS Roma di PES 2020, maka hal selanjutnya yang harus kita atur adalah mengatur Defensive Instructions.

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi (4-1-2-3) AS Roma di PES 2020

Kita lihat terlebih dahulu pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Conservative
  • Defensive Line : 3 bar Focus Point
  • Compactness : 5 bar Focus Point
Kita bisa lihat dari gaya bertahan diatas, disini kita akan mengatur gaya bertahannya dengan pilihan All-out Defence. Hal ini akan memungkinkan pemain untuk turun kebawah atau kedalam lini pertahanan ketika tim sedang dalam fase bertahan.

Pertahanan akan difokuskan pada area tengah dengan gaya penekanan konservatif. Jadi, pemain akan menekan pergerakan pemain musuh dengan menutup ruang passing dari tim musuh.

Garis pertahanan yang kita atur sebanyak 3 bar akan membuat pemain ketika sedang dalam fase bertahan membuat garis pertahanan rendah atau istilahnya Deep Defensive Line.

Compactness atau jarak kerapatan antar pemain di lini belakang yang kita atur sebanyak 5 bar akan memungkinkan pemain membuat jarak yang tidak terlalu rapat juga tidak terlalu renggang.

Setelah mengatur Defensive Instructions, maka hal terakhir yang harus kita lakukan adalah mengatur Advanced Instructions untuk formasi AS Roma di PES 2020.

Berikut pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi (4-1-2-3) AS Roma PES 2020

Kalian bisa langsung melihat pengaturan Advanced Instructionsnya dibawah ini.
  • Offense 1 : Centring Targets
  • Offense 2 : Hug the Touchline
  • Defense 1 : Deep Defensive Line
  • Defense 2 : -
Untuk bagian Offense 1, kita memilih Centring Target agar memungkinkan pemain untuk membangun serangan dari tengah yang akan ditujukan kepada striker atau penyerang. Jadi, serangan yang dibangun AS Roma akan sangat bertumpu pada kualitas yang dimiliki oleh Edin Dzeko.

Lalu, dibagian Offense 2 yang kita pilih Hug the Touchline akan memungkinkan serangan yang dibangun juga memfokuskan serangan pada daerah sisi sayap kanan dan kiri. Hal ini akan sangat efektif karena AS Roma di PES 2020 memiliki Justin Kluivert dan Cengiz Under.

Terakhir dibagian Defense 1, kita dapat memilih Deep Defensive Line. Fungsinya agar pemain ketika dalam fase bertahan akan membuat garis pertahanan yang dalam sehingga pertahanan akan lebih solid nantinya dalam menghadapi gempuran musuh.

Selesai sudah kita membahas dalam mengatur formasi terbaik untuk AS Roma di PES 2020.

Kalian bisa langsung mengikuti pengaturan-pengaturan yang sudah saya buat diatas dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Walaupun AS Roma tidak sekuat tim-tim dari Liga Italia lainnya, kita bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan AS Roma ini dengan cara memberikan formasi yang terbaik dan efektif untuk dimainkan.

Sekian dan terima kasih dari saya atas kalian yang sudah membaca artikel ini.

Semoga Bermanfaat



Terakhir Diperbarui : 08 Oktober 2020

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2020 : Cara Mudah Mengatur Formasi Terbaik AS Roma di PES 2020"