Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Memasuki Era TV Digital di Tanah Air

sumber:https://siarandigital.kominfo.go.id/berita/tahap-penting-migrasi-tv-digital

    Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam suku dan kebudayan. Dengan perkembangan dunia teknologi yang sudah semakin canggih, Indonesia akan melakukan suatu program transmigrasi tv analog ke tv digital. Karena indonesia sudah sangat tertinggal dengan negara lain maka pemerintah melakukan program transmigrasi tersebut. Dengan adanya peralihan tv analog ke tv digital maka industri tv lokal juga harus ikut beralih. Karena dengan adanya  tayangan atau siaran program lokal dapat menjadi salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan indonesia. Selain itu masih banyak peminat siaran kebudayaan lokal. Seperti , wayang , ketoprak, dll.

    Jika dilihat dari segi persiapan beberapa industri tv lokal sudah ada yang siap menghadapi program pemerintah. Bahkan sudah ada beberapa channel di tv digital yang menayangan kebudayaan lokal. Selain itu industri tv lokal juga akan diberikan dua opsi mengenai renacana program ini untuk menayangkan acara mereka yaitu dengan tv digital atau tv satelit. Mengapa, karena masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan sinyal tv digital , terutama bagi masyrakat yang tinggal di daerah pelosok. Mereka harus membutuhkan alat bantu , meskipun tv mereka sudah berjenis tv digital.

    Dengan adanya program peralihan ini , terdapat beberapa dampak yang akan dihadapi oleh masyarakat, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Jika dilihat dari segi keunggalan pastinya masyarakat akan disuguhkan beberapa hal yang tidak ada di tv analog yaitu kejernihan suara , resolusi lebih tajam dan pastinya lebih banyak channel atau program tv yang tidak ada di tv analog seperti tayangan tv mancanegara. Sedangkan dari segi kelemahannya yaitu masih banyak sekali masyarakat yang belum familiar atau belum paham bagaimana cara penggunaan tv digital , meskipun pemerintah sudah melakukan sosialisasi mengenai tata cara penggunaan tv ditigal melalui program iklan pada tv. Namun hal tersebut masih belum efektif. Selain itu harga yang ditawarkan akan lebih mahal dari pada tv analog, sehingga masih banyak masyarakat yang tidak mampu untuk membeli. Tidak hanya itu , meskipun sudah menggunakan tv ditigal terkadang konsumen masih harus membeli alat bantu jika tidak terdapat jaringan channel , alat yang dimaksud seperti set top box dvb t2.
.



    sumber: https://alphanja.wordpress.com/2016/03/14/indonesia-welcoming-a-digital-television/



    Dibalik semua itu pengguna tv analog akan lebih memilih tv satelit ketimbang tv digital. Selain saluran yang jauh lebih banyak dari tv digital, tv satelit sudah banyak beredar dipasaran dengan harga yang bisa dijangkau kaum menengah kebawah dan tanpa biaya berlangganan. tv satelit akan dilirik oleh masyarakat Indonesia dibanding tv digital.


Post a Comment for "Persiapan Memasuki Era TV Digital di Tanah Air"