Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Football Manager Mobile 2024 : Panduan Lengkap Dalam Menerapkan Team Talk

Tips Football Manager Mobile 2024 : Panduan Lengkap Dalam Menerapkan Team Talk

Salah satu fitur terbaru yang diperkenalkan pada gim Football Manager Mobile saat ini adalah Team Talk. Fitur ini sebenarnya sudah tersedia sejak seri FMM 23 dan masih ada tentunya pada seri terbarunya yakni FMM 24. 

Apa itu Team Talk?

Sederhananya Team Talk ini merupakan obrolan manajer berupa motivasi kepada para pemainnya. Jadi fungsi dari Team Talk adalah untuk menambah atau menaikkan moral pemain saat bertanding menghadapi tim lawan. 

Melihat hal tersebut, maka Team Talk bisa dikatakan sebagai salah satu faktor yang memengaruhi hasil jalannya pertandingan. Walaupun pengaruhnya tidak sebesar formasi dan taktik, namun hasil kemenangan bisa diraih jika adanya Team Talk yang tepat.

Mengenal jenis-jenis Team Talk

Team Talk akan muncul sebelum pertandingan dimulai (Pre-Match) dan ketika pertandingan masuk ke babak kedua (Half Time). Sehingga Anda dapat memberikan motivasi kepada pemain dalam Pre-Match serta Half-Time untuk memengaruhi jalannya pertandingan.

Team Talk Pre-Match

Team Talk Pre-Match

Sebelum pertandingan dimulai, Anda sebagai manajer akan diminta untuk memberikan Team Talk kepada pemain. Inilah yang disebut dengan Team Talk Pre-Match. Ada dua bagian yang terdapat pada Team Talk Pre-Match yaitu Team Talk Mood dan Assistant Advice.

Team Talk Mood

Team Talk Mood ini lebih kepada pendekatan Anda sebagai manajer dalam memberikan motivasi kepada para pemain. Untuk Pre-Match, Team Talk Mood dibagi menjadi 3 pendekatan yakni Relaxed, Balanced, dan Demanding.

Pendekatan Relaxed akan membuat pemain Anda diberikan ekspektasi yang rendah untuk memenangkan pertandingan dan diminta untuk tidak terlalu tegang ketika menghadapi pertandingan nantinya.

Pendekatan Balanced akan membuat pemain Anda diminta untuk sebisa mungkin memenangkan pertandingan namun dengan ekspektasi yang tidak terlalu tinggi maupun rendah.

Pendekatan Demanding akan membuat pemain Anda diberikan ekspektasi yang sangat tinggi agar bisa memenangkan pertandingan apapun yang terjadi.

Assistant Advice

Bagian ini merupakan komentar yang akan diberikan oleh asisten manajer berupa suasana ruang ganti pemain sebelum bertanding menghadapi tim lawan. Sehingga akan terlihat bagaimana kondisi pemain sebelum pertandingan dimulai, apakah kepercayaan diri mereka tinggi atau rendah ketika menghadapi tim lawan akan diberitahu oleh asisten manajer di sini.

Team Talk Half-Time

Team Talk Half-Time

Ketika pertandingan babak pertama selesai, maka Anda sebagai manajer akan diberikan Team Talk sebelum jalannya pertandingan babak kedua. Inilah yang disebut dengan Team Talk Half-Time. 

Sama dengan halnya Team Talk Pre-Match, pada Team Talk Half-Time juga terdapat yang namanya Team Talk Mood. Akan tetapi ada yang membedakan dari kedua jenis Team Talk ini. Jika pada Team Talk Pre-Match kita akan diberikan komentar berupa suasana ruang ganti oleh asisten manajer, maka pada Team Talk Half-Time kita dapat memberikan pujian maupun kritikan terhadap kinerja para pemain di babak pertama.

Jadi terdapat dua bagian pada Team Talk Half-Time yaitu Team Talk Mood dan Single out player for Praise/Criticism.

Team Talk Mood

Pada Team Talk Half-Time, jenis-jenis Team Talk Mood yang disediakan akan berbeda tentunya dengan Team Talk Mood ketika Pre-Match. Adapun jenis Team Talk Mood ketika Half-Time yaitu Upbeat, Satisfied, dan Unhappy.

Mood Upbeat akan membuat para pemain diberitahu bahwa Anda sebagai manajer sangat puas dan senang dengan kinerja para pemain di babak yang pertama.

Mood Satisfied akan membuat para pemain diberitahu bahwa Anda sebagai manajer puas dengan kinerja para pemain di babak pertama, namun masih mengingatkan bahwa permainan perlu bisa ditingkatkan lagi dari apa yang sudah terjadi di babak pertama sebelumnya.

Mood Unhappy akan membuat para pemain diberitahu bahwa Anda sebagai manajer sangat tidak senang dan kecewa dengan performa mereka di babak yang pertama. Sehingga pemain akan diminta untuk lebih bekerja keras dalam meningkatkan peforma permainan di babak kedua nantinya.

Single out player for Praise/Criticism

Pada bagian ini, Anda dapat memberikan komentar kepada para pemain berupa pujian ataupun kritikan.

Tips dan Trik dalam menerapkan Team Talk

Mungkin sebagian dari Anda sebagai FM Lovers masih bingung bagaimana cara menerapkan Team Talk dengan baik dan tepat di gim Football Manager Mobile 2024. Tenang saja karena pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa tips dalam menerapkan Team Talk di FMM 24 yang tepat dan efektif. Adapun saya akan membagikan 2 tipe dalam penerapannya yaitu Pre-Match dan Half-Time.

Tips Menerapkan Team Talk Pre-Match

Team Talk Pre-Match ini merupakan faktor paling utama yang akan memengaruhi permainan tim. Karena Anda sebagai manajer perlu memberikan motivasi yang kuat dan tepat terhadap seluruh pemain sebelum pertandingan dimulai. Berikut tipsnya di bawah ini:

Tips 1: Perhatikan Kekuatan Tim Lawan dan Kondisi Mental Pemain Sebelum Bertanding

Anda perlu melihat tim seperti apa yang akan dihadapi terlebih dahulu. Kemudian, selalu perhatikan kondisi mental pemain sebelum bertanding. Penting untuk mengetahui apakah tim yang akan dihadapi itu lebih kuat atau lebih lemah dari tim Anda karena hal ini akan berpengaruh terhadap keputusan Anda dalam memilih Team Talk Mood nantinya. Kedua hal ini tentunya bisa Anda dapatkan informasinya sebelum pertandingan dimulai. 

Tips 2: Perhatikan Assistant Advice

Setelah melihat kekuatan tim lawan serta kondisi mental pemain, maka Anda perlu melihat saran dari asisten manajer. Asisten manajer akan memberikan Assistant Advice berupa gambaran suasana ruang ganti pemain sebelum menghadapi tim lawan. Gambarannya bisa berupa suasana pemain terlihat optimis ataupun pesimis.

Tips 3: Terapkan Team Talk dengan tepat

Setelah Anda memerhatikan ketiga hal tersebut, maka Anda perlu memutuskan untuk memilih Team Talk Mood mana yang baik dan tepat untuk para pemain sebelum bertanding. Jadi triknya adalah:

Jika Tim Anda melawan tim yang lebih kuat dan asisten manajer memberikan informasi bahwa para pemain terlihat pesimis dalam menghadapi tim lawan, maka Anda bisa menerapkan Team Talk Mood pada pilihan Relaxed. Hal ini akan membuat mood para pemain menjadi lebih tenang dan santai dalam menghadapi lawan ketika bertanding.

Jika Tim Anda melawan tim yang setara kekuatannya dan asisten manajer memberikan informasi bahwa para pemain terlihat fokus dalam menghadapi tim lawan, maka Anda bisa menerapkan Team Talk Mood pada pilihan Balanced. Hal ini akan membuat para pemain menjadi lebih fokus dan yakin dalam menghadapi lawan ketika bertanding.

Jika Tim Anda melawan tim yang lebih lemah kekuatannya dan asisten manajer memberikan informasi bahwa para pemain terlihat optimis dalam menghadapi tim lawan, maka Anda bisa menerapkan Team Talk Mood pada pilihan Demanding. Hal ini akan membuat para pemain menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi lawan ketika bertanding.

Tips Menerapkan Team Talk Half Time

Ketika pertandingan babak pertama berakhir maka Anda sebagai manajer akan diminta untuk memberikan motivasi kepada pemain sebelum babak kedua dimulai. Sebelum memberikan Team Talk, Anda perlu memerhatikan keadaan tim terlebih dahulu, apakah tim sedang dalam kondisi kalah, seri, ataupun menang.

Jika keadaan tim sedang kalah dengan lawan yang dihadapi itu lebih lemah dari kekuatan tim Anda maka Anda bisa menerapkan Team Talk Mood dengan pilihan Unhappy. Hal ini akan memberitahukan kepada para pemain bahwa Anda tidak senang dengan performa tim.

Jika keadaan tim sedang menang (unggul margin gol yang tidak terlalu banyak) atau seri ketika menghadapi lawan yang setara maupun lebih kuat kekuatannya dengan tim Anda, maka Anda bisa menerapkan Team Talk Mood dengan pilihan Satisfied. Hal ini akan memberitahukan kepada para pemain bahwa Anda cukup puas dengan performa tim.

Jika keadaan tim sedang menang besar dengan keunggulan margin gol yang banyak baik itu ketika menghadapi tim yang kuat ataupun lemah, maka Anda bisa menerapkan Team Talk Mood dengan pilihan Upbeat. Hal ini akan memberitahukan kepada para pemain bahwa Anda sangat mengapresiasi performa tim.

Selesai sudah pembahasan artikel kali ini, semoga tips dan trik ini bisa diterapkan dalam gim Football Manager Mobile 2024 yang Anda mainkan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Football Manager Mobile 2024 : Panduan Lengkap Dalam Menerapkan Team Talk"