Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah dan Lengkap Bermain Club Soccer Director 2019 (Panduan Bermain)

Tips Club Soccer Director 2019

Direktur Klub Sepakbola merupakan orang yang membuat dan mengatur keputusan-keputusan mengenai manajemen suatu klub sepakbola. Kalian dapat merasakan bagaimana berperan sebagai Direktur Klub Sepakbola dengan memainkan game yang bernama Club Soccer Director 2019.

Club Soccer Director 2019 adalah permainan yang dimana kalian berperan sebagai direktur sepakbola yang tugasnya adalah mempekerjakan manajer tim sepakbola, membeli pemain-pemain bintang dunia, bernegosiasi dengan para agen pemain untuk urusan transfer, serta memilih sponsor untuk keberlangsungan jalannya suatu klub sepakbola. 

Cukup menarik sekali bukan dengan game yang satu ini?

Namun sayang sekali jika kita tidak tahu bagaimana cara bermainnya dengan benar. Dan kalian yang sedang membaca artikel ini agar tahu apa saja tips-tips lengkapnya dalam bermain Club Soccer Director 2019 sudah tepat berada disini. 

Bagi kalian yang masih pemula dalam bermain game yang satu ini, kalian cukup memperhatikan poin-poin penting di dalam pembahasan yang akan saya bahas pada artikel ini. 

Lalu apa saja 7 hal penting yang harus kalian tahu dalam bermain game Club Soccer Director 2019?


1.)  Membuat Karakter Direktur


Disini, kalian dapat membuat wajah untuk karakter direktur kalian sendiri. Pilihlah warna kulit, wajah, dan pakaian untuk direktur kalian. Buatlah karakter direktur kalian sebaik mungkin untuk dimainkan di Club Soccer Director 2019. Dan kalian dapat memberi nama serta kebangsaan untuk karakter direktur yang ingin kalian buat.

2.)  Memilih Liga untuk Bermain


Di tahap ini, kalian akan diberi tiga macam pilihan yakni Career Mode, Create a Club, dan Choose any Club. Ketiga pilihan ini bebas untuk kalian mainkan, karena ketiganya sama-sama akan memberikan pengalaman sangat menantang dalam memainkan Club Soccer Director 2019.

Jika kalian memilih Career Mode, kalian dapat bermain dengan memilih klub yang disediakan dalam game yang sudah disesuaikan dengan reputasi yang kalian punya. Sama dengan Choose any Club, disini kalian juga dapat memilih klub dari berbagai liga untuk kalian tangani, bahkan divisi atas sekalipun. 

Namun, kalian hanya diberi kontrak satu tahun oleh pemilik klub. Untuk pilihan Create a Club, kalian dapat membuat klub kalian sendiri dan menangani klub tersebut dari divisi bawah diliga manapun.

3.)  Mengatur Manajemen Staf Klub

Staff CSD 2019

Pada bagian staf klub, terdapat tugas dari masing-masing staf. Disini terdapat sebelas staf bagian yaitu Club Director, 1st Team Manager, Assistant Manager, Head Coach, Head Scout, Sport Scientist, Physioterapist, Overseas Scout, U23 Manager, Academy Manager, dan Commercial Manager.

Karena bagian Club Director adalah kalian sendiri, maka sepuluh staf klub lainnya harus kalian maksimalkan untuk kemajuan klub yang kalian tangani. Sesuaikan dengan keuangan yang dimiliki oleh klub dari segi gaji maupun transfer jika salah satu staf masih terikat kontrak dengan klub lamanya. 

Utamakan sebuah klub harus mempunyai tujuh staf utama yakni 1st Team Manager, Assistant Manager, Head Coach, Head Scout, Sport Scientist, Physioterapist, dan Commercial Manager. Sisanya dapat kalian kontrak, jika keuangan klub sudah bagus dan sehat.

4.)  Mengatur Skuad dalam Tim


Sebenarnya, untuk mengatur siapa saja posisi pemain yang dibutuhkan dalam tim dan formasi yang cocok untuk diterapkan dalam permainan adalah tugas Manajer Tim Utama dan Kepala Pelatih.

Kalian dapat menyerahkan semua urusan mengenai siapa saja yang harus masuk ke tim utama dan cadangan, serta formasi dan latihan tim kepada staf yang kalian miliki. Karena tugas kalian sebagai direktur klub hanya untuk mengontrol dan mengawasi manajemen klub. Dan jangan lupa, jika pelatih ataupun staf yang kalian miliki tidak sesuai dengan visi dan misi yang diinginkan, kalian dapat menggantinya.

5.)  Keuangan Klub

Banyak sekali sumber pendapatan atau pemasukan dalam klub di game Club Soccer Director 2019 ini. Pendapatan klub terdapat dari kontrak sponsor, pemasukan tiket dan merchandise, kontrak hak siar TV, serta hasil penjualan Transfer pemain

Kalian yang berperan sebagai direktur harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan klub kalian. Seperti mengatur kontrak dari sponsor maupun iklan stadion, Menentukan harga tiket pertandingan yang sesuai dengan kebutuhan klub, serta transfer jual-beli pemain yang baik dan tepat. 

Maka dari itu, kalian harus menaikkan tingkat reputasi klub untuk mendapatkan fanbase dunia yang cukup besar agar makin banyak orang datang ke stadion, namun kalian perlu menambah kapasitas dan merenovasi fasilitas dari stadion yang dimiliki oleh klub. 

Hal-hal seperti ini perlu dilakukan agar keuangan dalam klub tetap sehat dan klub tidak akan mengalami yang namanya bangkrut.

Untuk permasalahan gaji pemain, kalian harus menyesuaikannya dengan pemasukan dan pengeluaran klub. Berikan gaji yang sesuai dengan finansial klub kalian. 

Jika terdapat salah satu pemain yang menginginkan gaji yang tinggi, lihatlah terlebih dahulu apakah si pemain mempunyai statistik yang baik dan potensi yang tinggi untuk menjadi pemain hebat nantinya.

6.)  Transfer Pemain


Masalah transfer sebenarnya juga diatur oleh manajer tim. Karena manajer tim yang paling tahu mengenai kebutuhan timnya. Sehingga jika manajer tim memberi daftar nama pemain yang ingin dibeli, kalian dapat mengaturnya dengan memilih pemain tersebut atau kalian dapat memberi pemain yang lebih baik dari yang diberikan oleh manajer tim yang tadi. 

Dan jika manajer tim tidak memasukkan salah satu pemain ke dalam rencananya, kalian dapat menjual pemain yang diminta oleh manajer tim tersebut.

Transfer pemain juga harus dilihat dari keuangan klub yang dimiliki. Periksa keuangan klub terlebih dahulu, lalu lihat apakah daftar pemain yang diberikan oleh manajer tim kepada kita harga dan gajinya sesuai dengan keuangan klub.

7.)  Menaikkan Reputasi Direktur


Kita sebagai direktur akan diberikan penghargaan berupa peningkatan reputasi jika dapat menyelesaikan apa yang diminta oleh Chairman atau bisa disebut pemilik klub. Sehingga dengan reputasi tersebut, pamor kalian sebagai direktur akan terkenal dan kalian dapat mendapatkan tawaran-tawaran dari klub besar di liga dunia.

Kalian dapat menaikkan reputasi direktur dengan cara cepat atau instan. Dengan menyewa agen, reputasi kalian akan meningkat walaupun tidak terlalu signifikan sekali. 

Maka dari itu, berusahalah untuk membawa tim yang kalian tangani untuk berprestasi di liga dengan cara mempromosikan tim tersebut ke liga divisi teratas atau memberikan gelar juara kepada klub tersebut. Memang sulit, namun kalian dapat mencapainya dengan mengatur klub kalian dengan keuangan yang sehat, serta komposisi pemain dan staf yang baik.


Berikut 7 hal utama dalam bermain Club Soccer Director 2019 yang sudah saya bahas diatas. Kalian dapat menerapkannya ketika kalian sedang bermain game yang satu ini. Cukup sulit memang untuk pemain yang baru memainkan game yang satu ini. 

Namun dengan seiring berjalannya waktu, kalian akan terbiasa dengan permainannya. Dan jangan sampai ada yang terlewatkan dari semua poin tersebut untuk kalian terapkan di Club Soccer Director 2019.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mudah dan Lengkap Bermain Club Soccer Director 2019 (Panduan Bermain) "