Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Tips Mudah dan Lengkap Bermain Master League di PES 2020 (Pemula Wajib Baca)

Tips Lengkap Bermain Master League PES 2020

Salah satu mode permainan yang paling populer dalam game Pro Evolution Soccer adalah mode permainan Master League.

Terlihat dari tahun ke tahun, mode Master League di PES mengalami perubahan-perubahan yang signifikan dalam segi fitur serta tampilan interface yang cukup menarik.

Di PES 2020, Master League mempunyai beberapa fitur baru yang disediakan oleh Konami. Mereka menambahkan fitur baru seperti manajer dapat berbicara di konferensi pers, penambahan cutscene interaksi antarpemain maupun direktur klub, harga pemain menjadi lebih realistis, dan beberapa fitur baru lainnya.

Menarik sekali bukan dengan mode Master League pada PES 2020 kali ini?

Jika kalian tertarik untuk memainkan mode yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kalian ingin bermain Master League di PES 2020.

Kalian tidak boleh bermain asal-asalan ketika bermain mode Master League. Karena di Master League ini, kita akan bertindak sebagai manajer yang akan mengatur segala urusan manajemen tim.

Jadi bagaimana cara bermain Master League dengan baik dan benar?

Di artikel kali ini, saya akan memberikan 10 tips lengkap bermain Master League di PES 2020 dengan baik dan benar serta mudah bagi pemula yang baru bermain game Pro Evolution Soccer 2020. 

Silahkan untuk membaca penjelasan lengkapnya dibawah ini.


1.) Memilih Mode Permainan Awal Master League di  PES 2020


Di awal permainan, kalian disuguhi oleh dua mode, yaitu Club Team Lineup dan Master League Original Lineup.

Kedua mode tersebut bisa kalian pilih salah satu untuk dipermainkan dalam Master League PES 2020. 

Jika kalian ingin lebih merasakan membawa klub dari nol dengan materi pemain generic bawaan PES yang ratingnya biasa-biasa saja serta memulainya dari divisi bawah, kalian bisa memilih mode Master League Original Lineup. Disini kalian bisa memilih klub dengan nama asli, namun dengan materi pemain bawaan atau Original dari PES.

Dan kalian juga bisa memilih klub dengan materi pemain asli seperti di dunia nyata dengan memilih Club Team Lineup. Contoh klubnya seperti Juventus, Manchester United, Barcelona, dan lain-lain.

Di setiap kedua mode permainan tersebut, kalian sebagai manajer akan dikontrak selama semusim. Pembaruan kontrak akan dilakukan pada akhir musim.

2.) Mengatur Penampilan Manajer


Di Master League PES 2020, nampaknya kalian tidak bisa mengedit penuh penampilan manajer yang ingin kalian buat sendiri. 

Di sini kalian hanya bisa mengatur penampilan manajer dengan memilih beberapa wajah karakter yang sudah disediakan serta mengatur nama manajer dan kewarganegaraan.

Terdapat beberapa wajah karakter resmi berupa pemain-pemain legenda yang disediakan oleh Konami di Master League PES 2020. Antara lain adalah Johan Cruyff, Diego Maradona, Zico, Romario, Bebeto, Roberto Carlos, Lothar Matthaus, Ruud Gullit, dan beberapa karakter bawaan PES lainnya.

Aturlah penampilan manajer sesuai dengan selera kalian sebelum memulai Master League di PES 2020.

3.) Mengatur General Settings


Sebelum memulai Master League PES 2020, kalian perlu mengatur beberapa settingan pada bagian General Setting.

Di sini kalian perlu mengatur mulai dari tingkat frekuensi transfer, tingkat kesulitan negosiasi, jumlah budget diawal permainan, menghidupkan/mematikan jendela  awal transfer, kontrak gaji pemain, level pertandingan, waktu pertandingan, mata uang, waktu simulasi permainan berhenti ketika jendela transfer.

Aturlah sesuai keinginan dan selera kalian dalam bermain Master League di PES 2020.

4.) Merencanakan Tujuan Objektif Terhadap Misi Klub Pada Awal Musim 

Season Objective Master League PES 2020
Sumber Gambar : konami.com

Kalian akan diperlihatkan cutscene dengan direktur sepakbola. Disini, kalian sebagai manajer akan ditanya oleh direktur tersebut mengenai tujuan klub diawal musim.

Jawablah sesuai dengan keadaan klub yang kalian tangani saat ini. Jika kalian ingin juara liga perlu diperhatikan juga dalam segi hal materi pemain, budget klub, dan hal-hal lainnya yang bisa membuat klub kalian menjawab tantangan dari direktur jika mereka menanyakan kesanggupan kalian untuk menjuarai Liga

Untuk pertanyaan yang diberikan oleh direktur lainnya, kalian bisa memerhatikan dari segi kualitas klub yang kalian tangani.

5.) Menghadapi Konferensi Pers 


Fitur baru di Master League PES 2020 adalah interaksi dengan media dalam konferensi pers. Sangat perlu diapresiasi untuk Konami karena mereka menambahkan fitur konferensi pers kedalam Master League kali ini.

Sehingga didalam permainan, kita akan merasakan tekanan-tekanan dari pertanyaan yang diberikan oleh jurnalis-jurnalis. Maka dari itu, jawablah pertanyaan dari jurnalis tersebut sesuai dengan kemampuan manajer yang kalian miliki. Jangan asal-asalan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

6.) Mengatur Manajemen Skuad Pada Tim Utama


Beberapa orang menyebut bahwa jika memiliki banyak pemain di dalam sebuah tim kita tidak perlu khawatir dengan yang namanya cidera.

Memang betul dengan pernyataan diatas, namun berapakah jumlah tepat pemain yang harus dimiliki dalam suatu tim.

Saya mengatakan bahwa jumlah 33 pemain sudah lebih dari cukup bagi kalian untuk merotasi semua pemain nantinya. Dalam 33 pemain tersebut sesuaikan jumlah posisi pemain yang harus dimiliki, mulai dari kiper, bek, gelandang, dan penyerang.

Sehingga kalian memiliki tiga lapis skuad yang bisa kalian rotasi jika ada pemain yang cidera, kelelahan, atau form pemain menurun.

Dan jangan lupa untuk sering-sering memantau Youth Team, karena disana ada banyak pemain muda yang memiliki kualitas bagus dan bisa memantau serta mempromosikan pemain muda tersebut.

Kalian bisa mengecek pesan pada bagian Manager Office untuk mendapatkan kabar-kabar terbaru yang diberikan oleh Asisten Manajer kita.

7.) Mengatur Transfer Jual-Beli Pemain

Transfer Negotiation Master League PES 2020
Sumber Gambar : medium.com

Selalu perhatikan posisi manakah yang harus kita butuhkan dan mana yang tidak kita butuhkan. Setelah itu, kita bisa memasukkan pemain mana yang harus dijual atau dipinjamkan.

Jika terdapat posisi yang menurut kalian sangat perlu untuk ditambah amunisinya, kalian wajib mencari pemain yang bisa bermain diposisi tersebut. 

Kalian bisa mencari pemain yang ingin dibeli dengan fitur Scouting atau Advanced Search pada bagian Team Management.

Usahakan juga untuk bernegosiasi dengan klub dan si pemain dengan baik dan benar.

Kalian harus bisa menawarkan harga dan kontrak bagi klub serta pemain tersebut dengan tawaran yang menurut mereka bisa diterima. Komentar yang diberikan oleh Sport Director harus kalian perhatikan juga. Dengan begitu klub akan mau menjual pemain tersebut dan si pemain pun juga setuju untuk bergabung dengan klub kita.

8.) Mengatur Training Pemain Sesuai Dengan Posisinya


Ada 2 jenis Training disini yakni Training untuk Role Pemain dan Individual Training.

Untuk Role Training, kalian bisa mengaturnya dengan menyesuaikan posisi gaya bermain terhadap masing-masing pemain. 

Contohnya David De Gea mempunyai Playing Style sebagai Offensive Goalkeeper, maka aturlah training dipilihan Offensive Goalkeeper karena De Gea memiliki atribut pemain yang fokus mainnya sebagai Offensive Goalkeeper, sehingga rating dari atribut pemain tersebut bisa naik dengan konsisten.

Dan untuk Individual Training, kalian bisa memilih skill training yang disediakan dan perlu menunggu beberapa bulan untuk menyelesaikan dari skill training tersebut.

9.) Menggunakan Fitur Scouting Untuk Menemukan Pemain Yang Ingin Dipantau


Di Scouting Instructions List terdapat 3 slot yang bisa kita gunakan. Sesuaikan saja terhadap posisi seperti apa yang ingin dicari, wilayah regional yang mau dipantau, posisi spesifik dari pemain yang dipantau, serta sesuai dengan budget tim atau tidak.

Gunakan fitur Scouting ini dengan sebaik-baiknya agar kalian mendapatkan pemain berkualitas yang kalian butuhkan dalam tim.

10.) Mengatur Budget Keuangan Klub Dengan Baik dan Benar


Kalian bisa mengaturnya dibagian Budget Settings. Disitu kalian bisa mengatur pemasukan klub untuk diarahkan ke gaji atau transfer budget. Sesuaikan saja dengan keinginan kalian jika menurut kalian itu bisa berguna bagi keuangan klub.

Untuk Contract Options Payments, kalian bisa memilihnya dengan transfer budget atau salary budget. Sesuaikan saja dengan kondisi keuangan, jika menambahkan opsi pembayaran kontrak ketika bernegosiasi dengan pemain yang ingin dibeli.

Dan kalian bisa mengecek pemasukan klub pada bagian Club Account Balance di Manager Office.


Berikut dari hal yang saya sampaikan mengenai Master League di PES 2020. Dengan adanya poin-poin yang saya sampaikan diatas, kalian bisa bermain Master League dengan lebih baik lagi dalam hal segi manajemen tim. 

Tentu tidak lupa juga dengan skill dalam bermain game Pro Evolution Soccernya karena ini bukan game Football Manager yang hanya mengatur taktik dan manajemen klubnya saja. Karena jika tidak adanya skill bermain, bagaimana caranya untuk meraih kemenangan pada pertandingan? 

Sekian dan Terima Kasih dari saya.

Semoga Bermanfaat



Terakhir diperbarui : 27 Agustus 2020

Post a Comment for "Panduan Tips Mudah dan Lengkap Bermain Master League di PES 2020 (Pemula Wajib Baca)"