Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi Taktik Terbaik PSG di PES 2020

Formasi Terbaik PSG PES 2020

Paris Saint Germain atau orang-orang biasanya menyebut klub ini dengan nama singkat PSG merupakan salah satu klub raksasa yang ada di Ligue 1 Perancis.

Dengan adanya kekuatan finansial yang kuat membuat klub ini memiliki segudang pemain berlabel bintang, misalnya Neymar, Kylian Mbappe, dan pemain bintang lainnya.

Di PES 2020, klub ini cukup sering juga dipakai oleh gamer Pro Evolution Soccer. Dengan memiliki rating klub yang tinggi serta beberapa pemain yang juga memiliki atribut yang bisa dikatakan diatas rata-rata, maka tidak heran klub ini cukup populer dikalangan gamer PES.

Banyak sekali dari kalian yang tidak mengetahui jika bermain PES 2020 menggunakan klub-klub besar seperti PSG ini tidak cukup untuk memenangkan suatu pertandingan dalam permainan PES 2020 ketika menghadapi teman kalian maupun komputer.

Perlu adanya pengaturan formasi dan taktik yang cocok untuk diterapkan oleh kita ketika menggunakan PSG di PES 2020 ini.

Jadi, bagaimana cara mengatur formasi terbaik untuk PSG di PES 2020?

Mudah sekali, karena saya akan menjelaskan pertanyaan tersebut dalam artikel ini. Simak pembahasan lengkapnya tanpa ada bacaan yang terlewat sekalipun dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Terbaik PSG di PES 2020

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengatur pola formasi.

Kita perlu mengatur pola formasi terbaik dan cocok untuk digunakan oleh PSG dalam PES 2020 ini.

Saya sudah melihat seluruh komposisi pemain yang dimiliki oleh PSG dalam PES 2020 ini. PSG mempunyai pemain-pemain dengan atribut tinggi yang posisinya kebanyakan ada di gelandang dan penyerang.

Jadi, kita perlu memanfaatkan hal tersebut dalam pola formasi yang akan kita buat. Sehingga dapat saya katakan bahwa pola formasi 4-3-1-2 adalah pola formasi terbaik yang dapat kita terapkan di PSG ini.

Kalian dapat melihat pola formasinya pada gambar dibawah ini.

Formasi 4-1-3-2 PSG PES 2020

Kita dapat mengatur dua penyerang yang berada di lini depan. Kalian dapat menempatkan satu Center Forward dan satu Second Striker.

Di lini tengah kita bisa mengandalkan dua gelandang tengah serta masing-masing satu gelandang serang dan gelandang bertahan. Hal tersebut akan membuat lini tengah kita menjadi lebih kuat dengan memanfaatkan keempat gelandang tersebut.

Untuk pola pertahanan, kita bisa mengandalkan pola formasi 4 bek dibelakang.

Pembahasan Mengatur Susunan Pemain PSG dalam Formasi (4-3-1-2) di PES 2020

PSG memiliki cukup banyak pemain yang mempunyai rating besar dan tinggi. Sehingga kita cukup sulit untuk menentukan siapa pemain yang cocok untuk disusun dalam formasi 4-3-1-2 ini.

Namun, saya sudah menemukan siapa saja susunan pemain terbaik PSG yang bisa kita atur pada pola formasi 4-3-1-2 ini.

Berikut daftar susunan pemain PSG dalam formasi 4-3-1-2 dibawah ini.

  • K. Navas (GK)
  • L. Kurzawa (LB)
  • Thiago Silva (CB)
  • Marquinhos (CB)
  • T. Meunier (RB)
  • L. Paredes (DMF)
  • M. Veratti (CMF)
  • I. Gueye (CMF)
  • A. Di Maria (AMF)
  • Neymar (SS)
  • K. Mbappe (CF)

Susunan pemain diatas merupakan susunan paling utama yang dapat kita atur dalam pola formasi 4-3-1-2 ini.

Namun, susunan pemain diatas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi yang ada. Contohnya ada pemain yang cidera, pemain kelelahan, atau form pemain menurun.

Kalian bisa mengganti susunan pemain tersebut tetapi dengan catatan bahwa pemain yang menggantikannya dapat bermain diposisi tersebut.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi (4-3-1-2) PSG di PES 2020 

Attacking Instructions atau Instruksi Menyerang yang kita atur di PSG ini akan mengandalkan gaya menyerang dengan pola serangan balik yang fokus serangannya akan dibangun dari lini tengah.

Untuk selengkapnya kalian bisa melihat pengaturan Attacking Instructionsnya dibawah ini.

  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up: Short-Pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 10 bar Focus Point

Seperti yang sudah kita lihat diatas, gaya menyerang yang akan kita atur ini akan mengandalkan serangan balik. Serta serangan yang dibangun akan menggunakan cara dengan umpan-umpan pendek.

Serangan akan difokuskan ke arah tengah, serta posisi dari masing-masing pemain tetap dalam posisinya. 

Mengapa?

Supaya lini tengah kita tidak akan berubah kemana-mana, tetap diposisinya masing-masing saja.

Support Range yang kita atur sebanyak 10 bar akan membuat support antarlini pemain menjadi lebih renggang. Sehingga jarak pemain ketika sedang menyerang tidak terlalu dekat.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi (4-3-2-1) PSG di PES 2020

Kalian dapat melihat pengaturan Defensive Instructions untuk PSG dibawah ini.

  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 8 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point

Instruksi bertahan yang akan kita pakai disini adalah Frontline Pressure. Taktik akan membuat pemain kita menutup pergerakan ruang passing dari pemain musuh. Fokus pertahanan akan diarahkan ke area lini tengah kita.

Tekanan yang akan kita gunakan adalah gaya penekanan agresif. Sehingga pemain musuh akan kesulitan mengalirkan bola ke dalam daerah pertahanan kita.

Garis pertahanan yang kita atur sebanyak 8 bar akan membuat pemain menerapkan garis pertahanan yang cukup tinggi. Dengan kerapatan pemain yang cukup rapat akan membuat pertahanan tidak menjadi berisiko ketika kita diserang oleh musuh nantinya.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi (4-3-2-1) PSG di PES 2020

Kalian dapat mengatur Advanced Instructionsnya seperti pengaturan dibawah ini.

  • Attack 1 : Attacking Full Backs
  • Attack 2 : Tiki-Taka
  • Defense 1 : -
  • Defense 2 : -

Pada bagian Attack 1, kita dapat memilih Attacking Full Backs. Dengan pengaturan seperti ini akan membuat pemain Full-Back kanan dan kiri dapat membantu serangan ke daerah lawan. 

PSG memiliki beberapa pemain bek kanan dan kiri yang cukup mumpuni, sehingga akan cocok jika kita menerapkan taktik ini.

Dan di bagian Attack 2, kita dapat memilih Tiki-Taka. Karena permainan yang akan kita bangun ini akan mengandalkan gaya serangan balik dengan memakai umpan-umpan pendek. Hal ini sangat dengan gaya permainan Tiki-Taka yang akan kita terapkan.

Untuk bagian Defense 1 dan Defense 2 kita tidak perlu memakainya. Namun, jika kalian masih ingin memakainya, tidak masalah. Sesuaikan saja dengan selera kalian.

Jangan sampai taktik yang sudah diterapkan tidak padu dengan pola formasi yang sudah kita atur tadi.

Berikut penjelasan yang sudah saya berikan mengenai bagaimana cara mengatur formasi dan taktik terbaik untuk PSG di PES 2020.

Kalian dapat memakai pengaturan formasi ini ketika menghadapi lawan kalian, baik itu teman maupun komputer sekalipun.

Jangan sampai ada pengaturan yang terlewatkan karena akan mengakibatkan hal yang sangat fatal dalam permainan kita ketika menggunakan PSG di PES 2020. 

Maka dari itu, baca dari awal lagi jika ada tulisan yang terlewatkan.

Semoga dengan adanya pengaturan ini, kalian yang memakai PSG ketika bertanding di dalam PES 2020 tidak akan mengalami kekalahan dan kesulitan dalam bertanding.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat


Terakhir Diperbarui : 23 Agustus 2020

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi Taktik Terbaik PSG di PES 2020"