Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi (4-1-3-2) Terbaik Bayern Munchen di PES 2020


Edisi PES 2020 nampaknya akan menjadi edisi terbaik bagi penggemar Bayern Munchen yang sering bermain game Pro Evolution Soccer. 

Mengapa?

Konami resmi memiliki lisensi penuh atas klub ibukota jerman tersebut di game PES 2020 milik mereka. Dari segi real faces hingga stadion sudah dimiliki oleh Konami.

Nampaknya gamer PES 2020 akan lebih sering menggunakan Bayern Munich ketika bertanding saat melawan teman sepermainan maupun komputer. 

Karena, Bayern Munich memiliki sejumlah pemain-pemain bintang sehingga menjadikan klub ini mempunyai rating yang tinggi di PES 2020.

Namun, kebanyakan gamer PES melupakan hal yang namanya Formasi dan Taktik ketika ingin menjalani suatu pertandingan.

Hal ini sebenarnya cukup riskan dari segi permainan. Oleh karena itu, diperlukan juga pengetahuan mengenai formasi dan taktik yang cocok dan tepat untuk digunakan Bayern Munich di game PES 2020.

Bagaimana caranya?

Mudah sekali, karena di artikel ini saya akan membahas mengenai Formasi dan Taktik Terbaik apa yang cocok untuk digunakan Bayern Munich ketika kalian sedang bermain PES 2020. 

Kalian dapat melihat pengaturan formasi dan taktiknya dengan lengkap pada artikel ini, karena saya akan membahasnya mulai dari pola formasi, susunan pemain, Attacking Instructions, Defensive Instructions, hingga Advanced Instructions

Ikuti pembahasan selengkapnya dengan melanjutkan serta menyimak bacaan pada artikel ini. Dan jangan sampai ada poin pembahasan yang terlewat ketika kalian sedang membacanya.


Pembahasan Mengatur Pola Formasi Bayern Munich di PES 2020 


Berdasarkan dari pengamatan yang sudah saya lihat, Bayern Munich di PES 2020 mempunyai komposisi skuad yang kualitasnya ratingnya bisa dikatakan di atas rata-rata. Terutama pada bagian lini tengah dan lini depan. 

Untuk memaksimalkan hal tersebut, kita perlu memanfaatkan lini tengah serta lini depan yang dimiliki oleh Bayern Munich.

Lalu, apa pola formasi terbaik yang cocok untuk Bayern Munich di PES 2020? 

Jawabannya adalah pola formasi 4-1-3-2.

Kalian dapat melihat polanya pada gambar dibawah ini.


Untuk lini depan, kita dapat memanfaat dua striker yang akan melakukan serangan ke daerah pertahanan lawan. Kalian dapat mengaturnya seperti pada gambar yang saya berikan diatas, yakni menempatkan satu Second Striker dan satu Center Forward.

Pada lini tengah kita dapat menempatkan 3 gelandang yang tugas utamanya sebagai Support untuk lini depan. Satu gelandang kanan, satu gelandang kiri, serta satu gelandang serang sudah cukup untuk membantu lini depan ketika kita sedang menyerang.

Tetapi, kita perlu juga untuk menambah keseimbangan pada lini tengah. Maka dari itu, ditempatkanlah satu gelandang tengah, namun gelandang tengah ini diposisikan agak kebelakang. Posisinnya dapat kalian lihat pada gambar yang tadi saya berikan diatas.

Untuk pertahanan pola 4 bek sudah cocok dengan formasi 4-1-3-2 yang kita terapkan pada Bayern Munich di PES 2020 ini.

Pembahasan Mengatur Susunan Pemain pada Formasi (4-1-3-2) Bayern Munchen PES 2020


Setelah mengatur pola formasi, kita juga perlu menempatkan nama-nama pemain pada pola formasi tersebut.

Siapa saja susunan pemainnya?

Berikut dibawah ini daftar susunan pemain Bayern Munich yang sudah saya amati skill serta kemampuannya untuk ditempatkan pada formasi 4-1-3-2 ini.
  • M. Neuer (GK)
  • D. Alaba (LB)
  • L. Hernandez (CB)
  • B. Pavard (CB)
  • J. Kimmich (RB)
  • Thiago Alcantara (CMF)
  • Ivan Perisic (LMF)
  • K. Coman (RMF)
  • P. Coutinho (AMF)
  • T. Muller (SS)
  • R. Lewandowski (CF)
Susunan pemain diatas merupakan susunan paling utama yang dapat kalian susun pada pola formasi 4-1-3-2

Namun, susunan tersebut bisa berubah tergantung kondisi permainan yang kalian jalani. Contoh seperti cidera, form tidak maksimal, atau stamina pemain kurang.

Jika memang harus diubah, silahkan saja. Tetapi, kalian perlu mengubahnya sesuai dengan pola formasi dengan posisi dari si pemain.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi (4-1-3-2) Bayern Munchen di PES 2020


Attacking Instructions untuk Bayern Munich dapat kalian atur seperti settingan yang saya berikan dibawah ini:
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up: Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 7 bar Focus Point
Gaya permainan menyerang yang akan kita terapkan disini akan mengutamakan serangan dengan gaya bermain penguasaan bola atau Possession Game. Lalu, kita juga akan membangun serangan ke daerah pertahanan lawan dengan cara umpan-umpan pendek.

Area serangan akan difokuskan ke sisi yang melebar yakni pada sisi kanan dan kiri. Posisi seluruh pemain yang kita atur ke Maintain Formation akan membuat pemain tetap dalam posisinya masing-masing ketika sedang menyerang.

Support Range yang kita atur sebanyak 7 bar tadi akan membuat jarak support antarlini agak melebar.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi (4-1-3-2) Bayern Munchen di PES 2020


Defensive Instructions atau instruksi bertahannya dapat kalian atur seperti pada settingan dibawah ini:
  • Defensive Style : Frontline Pressure       
  • Containment Area : Middle
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 9 bar Focus Point
  • Compactness : 4 bar Focus Point
Gaya bertahan yang kita terapkan disini akan memfokuskan gaya bertahan yang akan menutup atau memotong aliran bola pemain lawan ketika sedang ingin mengumpan bola ke arah teman lawan lainnya.

Fokus pertahanan akan tertuju pada daerah lini tengah kita, serta gaya penekanan terhadap pemain lawan yang kita atur akan bersifat agresif.

Garis pertahanan yang kita atur disini sebanyak 9 bar Focus Point. Dengan begitu, garis pertahanan yang akan diterapkan oleh pemain akan cukup tinggi. Serta kerapatan pada lini pertahanan yang tadi kita atur akan membuat jarak antarlini pemain ketika sedang bertahan menjadi lebih rapat.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi (4-1-3-2) Bayern Munchen di PES 2020


Untuk settingan Advanced Instructions Bayern Munich di PES 2020, kalian dapat mengikuti pengaturannya seperti settingan dibawah ini:
  • Attack 1 : Hug the Touchline
  • Attack 2 : False Full Backs
  • Defense 1 : Counter Target (AMF)
  • Defense 2 : -
Pada bagian Attack 1 yang kita atur dengan memilih Hug the Touchline akan membuat pemain kita menyerang dengan memfokuskan serangan ke daerah sisi kanan dan sisi kiri pada lini depan kita.

Lalu, pada bagian Attack 2 yang kita atur dengan False Full Backs akan membuat pemain bek sayap masuk ke lini tengah untuk membantu proses serangan yang sedang kita lakukan.

Untuk bagian Defence 1 yang kita atur tadi dengan memilih Counter Target kepada pemain yang berposisi AMF akan membuat pemain ini menjadi target ketika kita sedang melakukan serangan balik. Jadi, bisa dikatakan pemain ini akan tetap diam di lini depan ketika tim kita sedang melakukan pola bertahan. Untuk Defence 2 kita kosongkan saja.


Berikut penjelasan mengenai pengaturan formasi dan taktik terbaik untuk Bayern Munich di PES 2020 yang telah saya sampaikan pada artikel ini. Kalian dapat mengikuti pengaturannya dalam bermain game PES 2020 milik kalian ketika menggunakan Bayern Munich.

Ikuti semua langkah pengaturan yang sudah saya berikan diatas tadi tanpa ada yang terlewat sedikit pun. 

Semoga dengan adanya pengaturan formasi dan taktik akan membuat permainan kalian semakin lebih baik lagi ketika sedang bertanding melawan teman kalian maupun komputer sekalipun.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat



Terakhir Diperbarui : 23 Agustus 2020

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi (4-1-3-2) Terbaik Bayern Munchen di PES 2020"