Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi Terbaik Bayern Munchen PES 2021 (Fluid Formation)

Formasi Taktik Terbaik Bayern Munchen PES 2021

Setelah PES 2021 dirilis beberapa bulan yang lalu, akhirnya saya bisa kesampaian juga untuk membuat artikel pertama mengenai pengaturan formasi dan taktik terbaik di PES 2021 Season Update.

Jadi, apa yang akan kita bahas kali ini?

Jika kalian sudah membaca judul sudah pasti akan tahu apa yang akan saya bahas. Benar sekali, kali ini saya akan membahas mengenai pengaturan formasi dan taktik terbaik untuk Bayern Munchen di PES 2021.

Tertarik untuk mencoba formasi yang satu ini?

Jika tertarik, silahkan untuk membaca artikel yang saya buat ini sampai habis.

Pertama, saya ingin bertanya dulu kepada kalian.

Sebelum kita mengatur formasi dan taktik, apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu?

Ada yang tahu jawabannya?

Yap, benar sekali bagi kalian yang menjawabnya dengan jawaban mengatur pola formasinya terlebih dahulu.

Sebelum mengatur ke hal-hal yang berkaitan dengan instruksi taktik, hal paling pertama yang harus kita atur adalah pola formasi.

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Bayern Munchen di PES 2021

Dalam mengatur formasi Bayern Munchen di PES 2021 kali ini, kita akan menggunakan yang namanya Fluid Formation.

Dalam Fluid Formation akan terbagi menjadi tiga pola formasi yang harus kita atur, yakni At Kick-off, When in Possession, dan When out Possession.

Ketiga pola formasi ini akan kita atur berbeda-beda. Jadi akan saya bahas secara terpisah dibawah ini.

Mengatur Pola Formasi At Kick-off Bayern Munchen PES 2021

Formasi At Kick-off sebenarnya tidak terlalu berpengaruh ketika pertandingan sedang berlangsung, karena pola hanya sekadar formasi diatas kertas saja bukan sistem formasi yang berjalan dalam pertandingan.

Namun, kalian tentu bisa menggunakan formasi ini untuk mengecoh lawan dari kalian yang tidak sadar bahwa kalian menggunakan Fluid Formation.

Langsung saja, kalian bisa melihat pengaturan formasinya pada gambar dibawah ini.

Formasi Bayern Munchen PES 2021 (At Kick-off)

Penjelasan Pola Formasi (At Kick-off)

Terlihat pada gambar pola diatas, formasi untuk At Kick-off ini menggunakan pola 5-2-3. Karena hanya pola formasi diatas kertas yang hanya digunakan ketika ingin Kick-off saja, maka kita tidak perlu membahasnya terlalu panjang mengenai pola ini. 

Kalian cukup mengatur pola formasinya untuk Bayern Munchen di PES 2021 ini sesuai dengan gambar yang sudah saya berikan diatas tadi.

Susunan Starting Line-up (At Kick-off)

Setelah menentukan pola formasi, maka hal selanjutnya adalah menempatkan pemain-pemain pada pola formasi 5-3-2 untuk At Kick-off.

Langsung saja, kalian bisa mengatur Line-up sesuai dengan pengaturan pemain dan posisinya dibawah ini.
  • M. Neuer (GK)
  • A. Davies (LB)
  • D. Alaba (CB)
  • N. Sule (CB)
  • L. Hernandez (CB)
  • J. Kimmich (RB)
  • L. Goretzka (DMF)
  • K. Coman (CMF)
  • S. Gnabry (SS)
  • T. Muller (SS)
  • R. Lewandowski (CF)

Setelah pengaturan untuk formasi At Kick-off, maka selanjutya kita akan membahas pengaturan formasi When in Possession.

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Mengatur Pola Formasi When in Possession Bayern Munchen PES 2021

Formasi When in Possession ini adalah bagian kedua dari Fluid Formation yang harus kita atur untuk formasi Bayern Munchen di PES 2021 ini.

Formasi ini sangat penting karena mempengaruhi jalannya pertandingan.

Mengapa?

Karena formasi ini sistemnya akan berjalan ketika tim kita sedang menguasai bola atau istilahnya ketika tim sedang menyerang. Jadi, formasi When in Possession ini harus diatur dengan sebaik mungkin agar tim kita bisa menyerang efektif ke area tim lawan yang akan dihadapi.

Lalu, bagaimana cara mengaturnya?

Langsung saja, kalian bisa melihat gambaran pola untuk formasi When in Possessionnya dibawah ini.

Formasi Bayern Munchen PES 2021 (When in Possession)

Penjelasan Pola Formasi (When in Possession)

Formasi ini menggunakan pola 3-2-2-3. Kita bisa melihatnya bahwa dengan menggunakan pola ini, serangan kita lebih difokuskan pada area sayap karena disana terdapat pemain yang berposisi sebagai RMF dan LMF.

Kedua pemain ini akan sangat vital dalam melakukan serangan karena tugasnya akan membantu ketiga penyerang didepan yang akan menyelesaikannya menjadi sebuah gol.

Dalam melancarkan serangan, lini tengah menjadi salah satu faktor penting dalam mengalirkan bola terhadap lini depan. Maka dari itulah kita menempatkan 2 pemain yang berposisi sebagai CMF.

Untuk lini pertahanan, kita menggunakan pola 3 bek yang bertugas untuk menjaga lini pertahanan tim.

Susunan Starting Line-up (When in Possession)

Susunan Line-up untuk When in Possession tentu berbeda dengan Line-up sebelumnya. Karena fungsi dari setiap pola formasi di Fluid Formation itu berbeda-beda.

Langsung saja, berikut susunan Line-up untuk When in Possession pada formasi Bayern Munchen PES 2021 dibawah ini.
  • M. Neuer (GK)
  • D. Alaba (CB)
  • N. Sule (CB)
  • L. Hernandez (CB)
  • J. Kimmich (CMF)
  • L. Goretzka (CMF)
  • A. Davies (LMF)
  • K. Coman (RMF)
  • T. Muller (SS)
  • S. Gnabry (CF)
  • R. Lewandowski (CF)

Permasalahan yang Dihadapi ketika Mengatur Fluid Formation

Pernahkah kalian mengalami masalah atau kendala dalam mengatur Fluid Formation mengenai posisi pemain yang tiba-tiba berubah padahal sudah kita atur posisinya dengan benar sebelumnya?

Jika pernah, mungkin kalian memiliki sedikit kesalahan dalam mengatur posisi pemain tersebut.

Kenapa bisa seperti itu?

Baiklah untuk jawaban lebih jelasnya silahkan untuk menyimak pembahasannya dibawah ini.

Pertama, ketika kita ingin mengatur sebuah Fluid Formation ada 3 bagian yang harus kita atur yakni At Kick Off, When in Possession dan When out Possession.

Biasanya orang-orang bermasalah ketika mereka mengatur setiap posisi pemain di bagian When in Possession lalu mereka melanjutkan pengaturan posisi pemainnya dibagian When out Possession. Setelah itu, ketika mereka sudah merasa selesai dalam mengatur setiap posisi dari pemain, maka mereka mencoba melihat kembali ke bagian When in Possession dan tiba-tiba posisi pemainnya berubah.

Misalnya si Rashford yang kita pasang sebagai LWF di bagian When in Possession lalu kita atur lagi posisi Rashford ini di bagian When out Possession menjadi RWF.  Nah, ketika sudah merasa selesai mengatur posisi si Rashford ini, kita lihat kembali ke bagian When in Possession dan ternyata posisi Rashford yang kita tempatkan sebelumnya yakni diposisi LWF malah berubah ke posisi yang lain. Sedangkan ketika melihat bagian When Out Possession posisinya masih sama yakni RWF.

Melihat hal ini, kita akan menjadi pusing bukan karena posisi yang sudah diatur sedemikian rupa dan lama malah berubah menjadi tidak jelas.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Jadi begini ada suatu tindakan yang salah ketika kalian mengatur posisi pemain tersebut di Fluid Formation ini. Yakni perpindahan pemain.

Jadi kalian memindahkan pemain misalkan Rashford di bagian When in Possession kalian atur menjadi LWF, lalu kalian pindah slide ke bagian When out Possession dan mengubah Rashford menjadi RWF dengan cara memindahkan posisinya dari RWF ke LWF dengan cara langsung bukan di Hold atau menahannya.

Nah, jadi permasalahannya adalah dimana cara memindahkan pemain tersebut

Jadi kalian perlu memindahkan si Rashford yang posisi awalnya RWF di When in Possession menjadi LWF di When out Possession dengan cara menekan tombol X yang ditahan dan kalian bisa memindahkan si Rashford ini dari posisi RWF ke LWF dengan cara menahan tombol X

Ingat memindahkan posisi si pemain dengan menekan tombol X bukan secara langsung dipindahkannya.

Untuk lebih singkatnya, kalian bisa lihat ringkasan langkah-langkahnya dibawah ini.

Posisi awal si pemain A di When in Possession adalah RWF ---> Buka slide bagian When out Possession ---> Atur pemain A yang posisinya ini sebagai RWF untuk dipindahkan menjadi LWF dengan cara menekan tombol X, lalu atur posisinya menjadi LWF ---> Cek kembali bagian When in Possession, maka si pemain A posisinya tidak akan berubah dan tetap menjadi RWF

Berikut caranya yang sudah saya berikan diatas mengenai permasalahan perpindahan posisi pemain di Fluid Formation. Jadi kalian perlu membacanya dengan teliti untuk bisa dipahami dengan lebih baik.



Setelah mengatur formasi When in Possession pada Fluid Formation, maka hal terakhir yang harus kita atur adalah formasi When out Possession.

Simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Mengatur Pola Formasi When out Possession Bayern Munchen PES 2021

Formasi When out Possession ini merupakan formasi yang akan diterapkan oleh para pemain ketika tim sedang kehilangan penguasaan bola atau istilahnya ketika tim sedang bertahan.

Pada bagian Fluid Formation yang akan kita atur untuk formasi Bayern Munchen di PES 2021, formasi When out Possession ini adalah bagian terakhir dari tiga pola formasi yang akan kita atur.

Karena sistem formasi ini difungsikan ketika tim sedang bertahan, maka pola harus dibentuk dengan memaksimalkan lini pertahanan yang ada.

Langsung saja, kalian bisa melihat pengaturan pola formasinya pada gambar dibawah ini.

Formasi Bayern Munchen PES 2021 (When out Possession)

Penjelasan Pola Formasi (When out Possession)

Bisa kita lihat bahwa formasi ini membentuk pola 5-2-1-2. Ketika sedang tim sedang bertahan, maka lini pertahanan akan membentuk pola 5 bek, hal ini akan membuat pertahanan akan menjadi lebih kuat dan solid ketika kita sedang diserang oleh tim lawan.

Untuk lini tengah akan diisi oleh 2 pemain gelandang yakni CMF dan DMF. Pemain DMF ini akan membantu lini pertahanan sedangkan pemain CMF ini akan berfungsi sebagai pemain yang mengalirkan bola dilini tengah untuk diberikan kepada penyerang ketika tim kita berhasil melakukan serangan balik nantinya.

Di lini depan sebenarnya kita menggunakan 2 penyerang pada pola ini. Namun terdapat seorang pemain RMF sehingga pada formasi ini membentuk pola 1-2 di lini depan. 

Pemain RMF ini mempunyai fungsi sebagai penyerang bayangan karena ketika tim kita berhasil melakukan serangan balik, pemain RMF ini akan merubah posisinya sebagai SS.

Susunan Starting Line-up (When out Possession)

Langsung saja, saya berikan susunan Line-up untuk formasi When out Possession Bayern Munchen PES 2021 dibawah ini.
  • M. Neuer (GK)
  • A. Davies (LB)
  • D. Alaba (CB)
  • N. Sule (CB)
  • L. Hernandez (CB)
  • J. Kimmich (RB)
  • L. Goretzka (DMF)
  • K. Coman (CMF)
  • S. Gnabry (RMF)
  • T. Muller (SS)
  • R. Lewandowski (CF)
Selesai sudah kita mengatur semua pola formasinya dengan menggunakan Fluid Formation dalam pengaturan formasi terbaik Bayern Munchen di PES 2021 ini.

Selanjutnya adalah kita perlu mengatur taktiknya. Karena formasi tanpa taktik, permainan bola tidak akan berjalan efektif dalam pertandingan manapun.

Seperti biasa, taktik yang akan kita atur ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions.

Kita perlu mengatur ketiga bagian taktik ini sesuai dengan pola formasi yang sudah kita atur.
Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Bayern Munchen PES 2021

Taktik Attacking Instructions ini merupakan instruksi yang akan diberikan kepada pemain dalam melakukan serangan terhadap tim lawan. Tentu taktik menyerang ini perlu disesuaikan juga dengan pola formasi yang sudah kita buat sebelumnya.

Untuk pengaturannya, kalian bisa melihatnya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Flexible
  • Support Range : 4 bar Focus Point
Jika kalian kurang paham mengenai Attacking Instructions, kalian bisa membaca penjelasannya pada artikel dibawah ini.


Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Bayern Munchen PES 2021

Taktik Defensive Instructions merupakan taktik bertahan yang akan diterapkan oleh pemain kita ketika sedang kehilangan penguasaan bola. Maka dari itu, pengaturan instruksi bertahan sangat penting untuk kita terapkan dengan menyesuaikan pola formasi yang digunakan.

Lihat pengaturan selengkapnya dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Center 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 3 bar Focus Point
  • Compactness : 10 bar Focus Point
Jika kalian kurang paham mengenai Defensive Instructions, kalian bisa membaca penjelasannya pada artikel dibawah ini.


Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi Bayern Munchen PES 2021

Langsung saja, kalian bisa mengaturnya dengan melihat pengaturannya dibawah ini.
  • Offense 1 : Hug the Touchline
  • Offense 2 : Wing Rotation
  • Defense 1 : Counter Target (CF)
  • Defense 2 : Counter Target (SS)
Hug the Toucline yang kita pilih ini berfungsi agar serangan difokuskan pada sisi sayap dengan mengkombinasikannya dengan pilihan Wing Rotation. Pilihan Wing Rotation ini akan memungkinkan pemain sayap yang kita miliki ini akan saling bertukar posisi sayap antara kanan dan kiri.

Untuk pilihan Counter Target bagian CF kita pilih kepada Thomas Muller dan untuk bagian SS kita pilih kepada Robert Lewandowski.


Berikut pengaturan formasi terbaik untuk Bayern Munchen di PES 2021 yang sudah saya bahas kali ini. Kalian bisa mengikuti pengaturan pada game PES 2021 milik kalian sesuai dengan pengaturan yang sudah saya berikan diatas.

Kalian juga bisa memberikan pengalaman kalian ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar pada artikel ini.

Semoga Bermanfaat



Terakhir Diperbarui : 01 Februari 2021

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi Terbaik Bayern Munchen PES 2021 (Fluid Formation)"