Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi Terbaik Tottenham Hotspur di PES 2021

Formasi Taktik Terbaik Tottenham Hotspur PES 2021

Selamat datang bagi para pembaca yang mengunjungi blog BolaGawai.com

Kali ini saya akan membahas mengenai pengaturan formasi serta taktik dari salah satu klub di Liga Primer Inggris untuk game PES 2021 Season Update.

Siapa nama klub tersebut?

Tentu kalian sudah tahu namanya karena sebelum mengunjungi artikel ini, sudah pasti kalian akan membaca judul dari artikel ini terlebih dahulu bukan? 

Ya, siapa lagi kalau bukan Tottenham Hotspur.

Jadi, kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatur formasi menyerang terbaik untuk Tottenham Hotspur di PES 2021, tentu dengan penjelasan dari taktiknya juga nanti.

Langsung saja tanpa perlu lama-lama lagi, silahkan untuk menyimak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Tottenham Hotspur di PES 2021

Perlu diketahui untuk kalian semua yang ingin mengatur sebuah formasi dari suatu klub di PES 2021, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengatur sebuah pola formasinya terlebih dahulu.

Mengapa?

Karena jika kita sudah membuat dan mengetahui pola formasi yang ingin kita pakai, maka kita bisa mengetahui seperti apa taktik yang ingin kita terapkan nantinya.

Sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa kita akan mengatur formasi menyerang terbaik untuk Tottenham Hotspur di PES 2021. Jadi, disini kita akan menerapkan taktik menyerang.

Lantas, apa pola formasi yang cocok untuk kita gunakan?

Jawabannya adalah pola formasi 4-1-3-2.

Kalian bisa melihat gambaran pola formasinya terlebih dahulu dibawah ini.

Pola Formasi 4-1-3-2 Tottenham Hotspur PES 2021

Atur pola formasi Tottenham kalian seperti gambar diatas.

Penjelasan Pola Formasi 4-1-3-2 Tottenham Hotspur PES 2021

Kita bisa melihat pada gambaran pola sebelumnya yang sudah saya berikan, disini kita akan menggunakan pola formasi 4-1-3-2.

Pola formasi ini menempatkan 2 Forward didepan. Maksudnya kita menempatkan 2 pemain penyerang didepan dengan pembagian posisi pemainnya adalah 1 CF dan 1 RWF.

Dua penyerang inilah yang akan bertugas mengobrak-abrik pertahanan dari tim lawan dan akan menyelesaikan peluang yang didapat untuk dijadikan sebuah gol.

Tentu dua pemain depan tersebut akan dibantu oleh 3 gelandang dalam melakukan serangan nantinya. Tiga pemain gelandang ini terdiri dari 2 AMF dan 1 LMF. Mereka semua akan membantu mengalirkan bola dari lini tengah ke lini depan untuk membangun serangan nantinya.

Jika lini depan diisi banyak sekali gelandang, maka kita perlu menempatkan 1 CMF untuk menjaga kestabilan permainan di lini tengah. Pemain ini (CMF) juga bertugas untuk membantu lini pertahanan ketika tim kita sedang diserang oleh tim lawan.

Untuk lini pertahanan, kita menggunakan pola yang biasa dipakai dalam era sepakbola modern saat ini yakni pola 4 bek. Mereka semua ini akan menjaga lini pertahanan dengan sebaik mungkin jika tim kita sedang bertahan.

Susunan Starting Line-up

Jika kita sudah selesai membuat pola formasinya, maka selanjutnya kita perlu menempatkan Starting Line-up kepada pola formasi tersebut.

Tottenham Hotspur memiliki beberapa pemain yang cocok untuk dimasukkan kedalam pola formasi 4-1-3-2 yang sudah kita buat sebelumnya. Karena Tottenham ini memiliki pemain sangat bagus dalam tipe menyerang.

Nah, lalu bagaimana cara kita mengatur Starting Line-up pada pola formasi 4-1-3-2 untuk Tottenham Hotspur di PES 2021 ini?

Langsung saja, berikut Starting Line-up pemainnya dibawah ini.
  • H. Lloris (GK)
  • S. Reguilon (LB)
  • D. Sanchez (CB)
  • T. Alderweireld (CB)
  • M. Doherty (RB)
  • T. Ndombele (CMF)
  • Son Heung-Min (LMF)
  • Lucas Moura (AMF)
  • S. Bergwijn (AMF)
  • G. Bale (RWF)
  • H. Kane (CF)
Kalian hanya perlu menyesuaikan Starting Line-up dengan mengikuti daftar susunan yang sudah saya berikan diatas.

Selesai sudah membahas pola formasi untuk Tottenham Hotspur di PES 2021 ini.

Maka hal selanjutnya yang akan kita bahas adalah mengatur taktiknya. Taktik yang akan kita atur ini terdiri dari Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions.

Bagaimana caranya, langsung saja ikuti pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Tottenham Hotspur PES 2021

Hal pertama yang harus kita lakukan dalam mengatur taktik adalah mengatur instruksi taktik menyerangnya terlebih dahulu. Taktik menyerang yang kita atur harus sesuai dengan pola formasi yang sudah kita terapkan yakni 4-1-3-2. Agar gaya menyerang yang akan diterapkan bisa efektif terhadap tim lawan.

Langsung saja berikut pengaturan Attacking Instructionsnya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Long-pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 5 bar Focus Point

Penjelasan Pengaturan Attacking Instructions

Gaya menyerang yang akan kita terapkan adalah Counter Attack. Lini depan Tottenham  memiliki pemain yang mempunyai kecepatan dan skill yang bagus sehingga hal ini akan cocok jika kita menerapkan gaya serangan balik ini.

Serangan akan dibangun dengan cara menggunakan umpan-umpan panjang. Tujuan serangan balik ini akan berfokus pada pemain yang menjadi ujung tombak yakni Harry Kane. Harry Kane ini mempunyai tugas sebagai pemain yang akan menyelesaikan peluang untuk dijadikan sebuah gol.


Fokus serangan akan diarahkan ke area tengah, karena disini kita memiliki banyak gelandang yang akan mengalirkan bola ke lini depan. Positioning pemain yang kita atur dengan Maintain Formation akan membuat seluruh pemain tetap diposisinya masing-masing ketika sedang menguasai bola atau dalam fase menyerang.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Tottenham Hotspur PES 2021

Taktik kedua yang harus kita atur adalah Defensive Instructions atau instruksi taktik dalam bertahan. Pertahanan perlu kita atur sebaik mungkin agar sebuah tim yang kita mainkan sulit untuk dicetak oleh lawan.

Langsung saja berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Wide 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 6 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point

Penjelasan Pengaturan Defensive Instructions

Gaya bertahan yang kita atur dengan memilih Frontline Pressure akan memungkinkan pemain bertahan dengan cara memotong jalur umpan dari tim lawan. Pertahanan akan difokuskan dengan cara melebar pada sisi lapangan.


Pressure atau tekanan terhadap lawan akan dilakukan oleh pemain dengan cara agresif, hal ini berguna untuk menyulitkan lawan ketika sedang menyerang ke daerah pertahanan tim kita.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Tottenham Hotspur PES 2021

Hal terakhir yang harus kita atur dalam bagian taktik adalah mengatur Advanced Instructions.

Langsung saja berikut pengaturan Advanced Instructionsnya dibawah ini.
  • Offense 1 : Attacking Full Backs
  • Offense 2 : Wing Rotation
  • Defense 1 : -
  • Defense 2 : -
Untuk penjelasan mengenai Advanced Instructions, kalian bisa membaca penjelasan lengkapnya pada link artikel dibawah ini.


Selesai sudah pembahasan mengenai pengaturan formasi dan taktik untuk Tottenham Hotspur di PES 2021. Kalian hanya perlu mengikuti pengaturannya seperti penjelasan yang sudah saya bahas dalam artikel ini. Jangan sampai ada pengaturan yang terlewatkan.

Kalian juga bisa menceritakan bagaimana pengalaman kalian menggunakan pengaturan formasi dalam artikel ini dengan cara memberikan komentar di kolom komentar. yang sudah disediakan.  

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Kalau begitu sekian dan terima kasih dari saya,

Semoga Bermanfaat 

2 comments for "Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi Terbaik Tottenham Hotspur di PES 2021"

  1. Mantap bangett. Cocok sama permainan tottenham min. Pertahanan kuat, penyerangan kuat. Makasih min infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan sama-sama, semoga isi artikel ini bisa membantu gameplay permainan PES 2021 agan ketika memakai Tottenham Hotspur. Sebelumnya, terima kasih sudah memberikan komentarnya

      Delete