Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik Manchester United di PES 2021

Formasi Terbaik Manchester United PES 2021

Artikel yang saya buat kali ini akan membahas tentang pengaturan Formasi dan Taktik Terbaik Manchester United di PES 2021.
 
Nah, kalian yang disini pasti sedang mencari-cari formasi seperti apa yang cocok untuk digunakan Manchester United di game E-Football PES 2021 bukan?
  
Kalau iya, berarti kalian sudah sangat tepat sekali berada di blog ini dan sedang membaca artikel mengenai formasi Manchester United di PES 2021 ini.
 
Mengapa?
 
Karena saya tidak hanya membahas formasinya saja, melainkan penjelasan lengkap mengenai instruksi-instruksi taktiknya.
 
Jadi, kalian perlu membaca artikel ini secara penuh dan lengkap serta jangan sampai ada kata-kata penjelasan yang terlewatkan, agar formasi yang akan kalian atur nanti bisa berjalan dengan efektif dan ampuh tentunya.
 
Langsung saja untuk selengkapnya kalian bisa mengikuti pembahasannya dibawah ini.
 

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Manchester United di PES 2021

Sebelum kita membahas taktik dan lainnya, hal paling pertama yang harus dilakukan dalam membuat formasi yang baik dan benar adalah dengan mengatur pola formasinya terlebih dahulu.
 
Pola formasi yang ingin kita atur perlu dilihat dari segi komposisi pemain dalam tim terlebih dahulu.
 
Manchester United di PES 2021 ini memiliki sejumlah pemain gelandang yang mempunyai overall cukup baik dalam mengalirkan bola di lini tengah, serta mempunyai beberapa pemain sayap yang memiliki skill dan kecepatan yang sangat bagus.
 
Hal-hal inilah yang perlu kita manfaatkan dalam membuat pola formasi untuk Manchester United di PES 2021.
 
Jika kita bisa memanfaatkan pemain tersebut ke pola formasi yang akan kita buat, maka formasi bisa berjalan efektif dalam pertandingan nantinya.
 
Jadi, pola formasi apa harus kita gunakan?
 
Kita akan menggunakan pola formasi 4-2-1-3.
 
Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat gambaran polanya dibawah ini.

Pola Formasi 4-2-1-3 Manchester United PES 2021

Kalian tinggal mengatur pola formasinya seperti gambar diatas.
 

Penjelasan Pola Formasi 4-2-1-3 Manchester United PES 2021

Formasi ini mengandalkan 1 pemain CF sebagai ujung tombak didepan dengan dibantu oleh pemain LWF dan RWF. Ketiga pemain ini bertugas untuk menyelesaikan peluang agar bisa dijadikan sebagai sebuah gol.
 
Lini serang di depan tadi tentu akan dibantu oleh 1 AMF. Pemain ini bertugas sebagai pengalir bola dari lini tengah ke lini serang.
 
Untuk menetralisir serangan musuh, maka lini tengah kita akan diperkuat oleh 2 pemain gelandang yakni CMF dan DMF. Mereka akan menjaga sirkulasi bola di lini tengah, baik ketika sedang bertahan maupun menyerang.
 
Lini pertahanan akan dijaga oleh 4 bek yang tentunya bertugas untuk menjaga lini belakang dari serangan-serangan musuh.
 

Susunan Starting Line-up

Setelah kita mengatur pola formasinya, maka hal selanjutnya yang kita atur adalah menyusun Starting Line-up dari pola formasi 4-2-1-3 yang sudah kita atur sebelumnya.
 
Langsung saja, berikut susunan Starting Line-up untuk formasi 4-2-1-3 Manchester United dibawah ini.
  • David De Gea (GK)
  • Alex Telles (LB)
  • H. Maguire (CB)
  • V. Lindelof (CB)
  • A. Wan Bissaka (RB)
  • N. Matic (DMF)
  • P. Pogba (CMF)
  • B. Fernandes (AMF)
  • M. Rashford (LWF)
  • M. Greenwood (RWF)
  • A. Martial (CF)
Selesai sudah dari pembahasan mengenai pengaturan pola formasi untuk Manchester United di PES 2021.

 
Hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengatur taktiknya.
 
Taktik di PES 2021 ini terdapat tiga bagian instruksi taktik yaitu Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions.
 
Bagaimana cara mengatur ketiga instruksi taktik tersebut?
 
Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.
 

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Manchester United PES 2021

Hal pertama yang harus kita lakukan dibagian taktik adalah mengatur taktik Attacking Instructionsnya. Taktik ini akan berjalan ketika tim kita sedang menguasai bola atau ketika tim dalam fase menyerang.
 
Untuk mendapatkan serangan yang efektif ke daerah musuh, kita perlu mengaturnya dengan baik dan benar.
 
Berikut dibawah ini pengaturannya.
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 8 bar Focus Point

Penjelasan Pengaturan Attacking Instructions

Gaya menyerang yang akan kita terapkan disini adalah gaya menyerang dengan mengandalkan penguasaan bola.
 
Serangan akan dibangun dengan cara menerapkan umpan-umpan pendek, karena Manchester United memiliki beberapa pemain yang mempunyai kecepatan dan skill yang sangat baik, sehingga umpan pendek akan cocok untuk diterapkan.
 
Serangan akan yang dibangun akan berfokus pada sisi sayap, sehingga ketika tim kita sedang menyerang, pemain-pemain akan bergerak melebar dengan Positioning Mantain Formation atau pergerakan pemain akan tetap diposisinya masing-masing, tidak bergantian posisi terhadap pemain lainnya.
 

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Manchester United PES 2021

Setelah kita mengatur Attacking Instructions, maka hal selanjutnya adalah mengatur Defensive Instructions atau instruksi taktik bertahan.
 
Pertahanan yang kuat sangat diperlukan untuk menghentikan serangan-serangan terhadap tim lawan. Karena itu, kita perlu membuat taktik bertahan yang sangat efektif untuk diterapkan oleh Manchester United pada formasi 4-2-1-3 yang sudah kita atur sebelumnya.
 
Berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure       
  • Containment Area : Wide
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 8 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point
 

Penjelasan Pengaturan Defensive Instructions

Gaya bertahan yang akan kita terapkan adalah Frontline Pressure. Hal ini akan membuat pemain ketika sedang dalam fase bertahan, mereka akan menerapkan gaya bertahannya dengan cara menekan lawan yang sedang menguasai bola sambil memotong ruang passing dari pemain lawan yang sedang menguasai bola tersebut.
 
Pertahanan akan difokuskan pada sisi yang melebar, dengan gaya penekanan yang agresif.

 
Defensive Line yang diatur sebanyak 8 bar akan membuat pemain membuat garis pertahanan yang cukup tinggi, memang berisiko namun kita memiliki dua pemain gelandang di tengah yang tugasnya meng-cover lini belakang dari serangan musuh.
 
Compactness atau kerapatan jarak antarlini pemain ketika sedang bertahan diatur sebanyak 8 bar. Hal ini akan membuat pemain kita merapatkan jarak antar satu sama lain sehingga lini pertahanan akan lebih kuat dan lebih sulit ditembus oleh tim lawan yang sedang menyerang ke daerah pertahanan kita.
 

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Manchester United PES 2021

Setelah kita mengatur Defensive Instructions, maka ada hal yang masih harus kita atur lagi. Yakni Advanced Instructions.
 
Langsung saja, kalian bisa melihat pengaturannya dibawah ini.
  • Offense 1 : Hug the Touchline
  • Offense 2 : Tiki-taka
  • Defense 1 : -
  • Defense 2 : -
Kalian bisa langsung mengikuti pengaturan Advanced Instructionsnya seperti pengaturan diatas yang sudah saya berikan.
 
Jika kalian kurang paham mengenai apa itu Advanced Instructions, kalian bisa membaca penjelasan dengan mengunjungi artikel yang sudah saya sediakan linknya dibawah ini.
 
 
Selesai sudah pembahasan kita kali ini mengenai bagaimana cara mengatur formasi dan taktik yang baik, efektif, serta ampuh untuk digunakan Manchester United di PES 2021 Season Update kali ini.
 
Kalian tinggal mengikuti langkah-langkah pengaturan yang sudah saya berikan dalam artikel ini. Jangan sampai ada kata-kata pengaturan yang terlewatkan dari kalian untuk dibaca.
 
Jika berkenan, kalian bisa menceritakan pengalaman kalian ketika memakai formasi Manchester United PES 2021 yang sudah saya bahas dalam artikel ini. 

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Kalian bisa menceritakannya dengan memberikan komentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Sekian dari saya, dan selamat mencoba.
 
Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik Manchester United di PES 2021"