Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi (4-3-3) Terbaik Juventus di PES 2021

Formasi Menyerang Terbaik Juventus PES 2021

Di pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatur formasi dan taktik Juventus di E-Football PES 2021 Season Update. Artikel ini merupakan artikel pertama yang saya tulis lagi selepas tahun baru 2021.

Baiklah, disini saya akan membahas penjelasan dari pengaturan formasi dan taktik Juventus di PES 2021 dengan lengkap sehingga kalian perlu memahaminya dengan sebaik mungkin.

Langsung saja berikut pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Juventus di PES 2021

Pertama-tama, yang harus kita lakukan dalam membuat formasi adalah mengatur sebuah pola formasinya terlebih dahulu.

Kita bisa melihat terlebih dahulu dari komposisi pemain yang dimiliki oleh Juventus. Di Juventus ini kita memiliki sejumlah pemain yang sangat kuat dalam menyerang serta bagus ketika menguasai bola di lini tengah.

Hal inilah yang perlu kita manfaatkan dalam membuat sebuah pola formasi untuk Juventus di PES 2021.

Jadi apa pola formasi yang perlu kita gunakan?

Jawabannya adalah pola formasi 4-3-3.

Untuk lebih jelasnya, saya sudah berikan gambaran polanya yang bisa kalian lihat dibawah ini.

Pola Formasi 4-3-3 Juventus PES 2021

Kalian tinggal perlu mengatur pola formasinya seperti gambar yang sudah saya berikan diatas.

Penjelasan Pola Formasi 4-3-3 Juventus PES 2021

Bisa kita lihat pada gambaran pola 4-3-3, disini kita menggunakan pola 3 penyerang yang akan kita tempatkan pada lini depan atau lini serang. Dengan 2 pemain yang berposisikan sebagai CF, mereka akan menjadi Target Man dari serangan yang akan kita bangun ke area pertahanan musuh.

Bola akan dialirkan sebisa mungkin dari tengah dan diselesaikan oleh 2 pemain tersebut. Lalu, satu pemain yang berposisi sebagai SS akan membantu kedua penyerang tersebut dalam melakukan serangan.

Pada lini tengah, disini kita akan menempatkan tiga orang gelandang dengan rincian 1 DMF, dan 2 CMF. Ketiga gelandang ini kita posisikan sejajar lurus ditengah. 

Dengan melihat pola seperti ini, bisa dipastikan nantinya serangan yang akan kita lancarkan berpusat pada posisi lapangan tengah.

Untuk pertahanan, kita menggunakan pola 4 bek. Pola yang memang sudah familiar digunakan oleh klub-klub eropa di era sepakbola modern saat ini.


Selesai sudah pembahasan dalam mengatur pola formasi Juventus di PES 2021. Kalian tinggal perlu mengatur polanya seperti gambar yang sudah saya berikan diatas tadi.

Setelah mengatur pola formasinya, maka kita perlu mengatur Starting Line-up Juventus pada pola formasi 4-3-3 yang sudah kita atur sebelumnya. Simak penjelasannya dibawah ini.

Susunan Starting Line-up Juventus PES 2021

Langsung saja, berikut susunan Starting Line-up yang bisa kalian lihat dibawah ini.
  • W. Szczesny (GK)
  • Alex Sandro (LB)
  • L. Bonucci (CB)
  • M. De Ligt (CB)
  • G. Chiellini (CB)
  • A. Rabiot (DMF)
  • B. Matuidi (CMF)
  • A. Ramsey (CMF)
  • F. Bernardeschi (SS)
  • P. Dybala (CF)
  • C. Ronaldo (CF)
Susunan diatas ini bisa juga kalian ubah sesuai dengan keinginan kalian. Jadi dengan tidak mengikuti susunan diatas tidak menjadi masalah, namun dengan syarat bahwa pemain yang kalian tempatkan, posisinya sesuai dengan pola formasi 4-3-3 yang sudah diatur sebelumnya

Selesai sudah semua pembahasan mengenai pengaturan pola formasi beserta susunan Starting Line-up untuk Juventus di PES 2021. 

Maka selanjutnya yang perlu kita atur adalah taktik untuk formasi 4-3-3 yang sudah kita atur.

Taktik yang kita atur ini berupa 3 instruksi taktik. Yakni Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions.

Bagaimana cara mengaturnya?

Berikut pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Juventus PES 2021 

Instruksi pertama yang harus kita atur adalah instruksi taktik dalam melakukan serangan. Taktik ini perlu diatur dengan melihat pola formasi yang kita gunakan. 

Di sini kita menggunakan pola 4-3-3 dengan area serangan terfokus pada lini tengah. Maka kita perlu mengatur taktiknya dengan memanfaatkan hal tersebut agar taktik serangan bisa berjalan dengan efektif.

Langsung saja, berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Long-pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 3 bar Focus Point
Jika kalian ingin mengetahui penjelasan mengenai bagian-bagian Attacking Instructions di PES, kalian bisa membaca penjelasan lengkapnya dalam link artikel dibawah ini.


Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Juventus PES 2021

Selanjutnya, kita harus mengatur instruksi taktik dalam bertahan atau Defensive Instructions

Pertahanan yang kuat akan membuat tim lawan kesulitan mencetak gol ke gawang tim kita.  Maka dari itulah kita perlu membuat taktik bertahan yang bagus dan efektif dengan mencocokkan taktik bertahan ini dengan pola formasi 4-3-3.

Langsung saja, berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Center 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 5 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point
Untuk penjelasan lengkapnya mengenai bagian-bagian Defensive Instructions, kalian bisa membacanya pada link artikel dibawah ini.


Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi Juventus PES 2021

Setelah selesai kita mengatur Attacking dan Defensive Instructions, maka hal terakhir yang perlu kita atur adalah Advanced Instructions.

Berikut pengaturannya dibawah ini.

Offense 1 : Defensive (DMF)
Offense 2 : Defensive (LB)
Defense 1 : Counter Target (CF)
Defense 2 : Counter Target (CF)

Untuk penjelasan mengenai Advanced Instructions, kalian bisa membaca penjelasan lengkapnya pada link artikel dibawah ini.


Selesai sudah pembahasan dalam mengatur Formasi Juventus di PES 2021 yang sudah saya bahas kali ini. Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah pengaturannya seperti di artikel yang kalian baca kali ini. Jangan sampai ada pengaturan yang kalian lewatkan.

Kalian juga bisa berkomentar mengenai bagaimana pengalaman kalian setelah memakai formasi Juventus ini dengan memberikan komentarnya di kolom komentar yang sudah disediakan dalam artikel di blog ini.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Sekian dari saya dan terima kasih telah membaca artikel yang telah saya buat ini.

Semoga Bermanfaat

6 comments for "Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi (4-3-3) Terbaik Juventus di PES 2021"

  1. Replies
    1. Formasi tidak menjamin agan bisa 100% meraih kemenangan terus-menerus. Mungkin agan bisa mengevaluasi kembali dimana letak-letak kelemahan yang agan miliki. Dan jangan lupa, jika sudah mengetahui dan menguasai pengaturan dari sebuah formasi, maka hal selanjutnya yang harus diasah adalah Skill Gameplay agan dalam bermain PES.

      Oleh karena itu, dibutuhkan yang namanya latihan,latihan, dan latihan. Dengan demikian permainan akan semakin terbiasa dan kemenangan pun akan datang dengan sendirinya nanti. Usaha tidak akan mengkhianati hasil kok.

      Tetap semangat dan terus berjuang gan dalam bermain PESnya hehehe

      Delete
    2. Situ aja kali mas yang cupu... Kalo make ronaldonya bisa mah ya menang... Apalagi lawan MU, akuin aja lu cupu jangan bilang formasinya sesat gblok

      Delete
  2. Iya gan, memang ga semuanya pengaturan formasi itu bisa membuat tim kita menang 100%, tergantung kecocokan gameplay juga dari si pengguna formasi.

    ReplyDelete
  3. Mantap formasi nya gw menang terus good

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren gan, berarti artikel yang ane buat ini bisa berguna bagi player pes yang menggunakan pola formasi ini. Mantap nih.

      Thanks atas feedback dari komentarnya

      Delete