Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Taktik Terbaik Manchester City di PES 2021

Formasi Taktik Terbaik Manchester City PES 2021

Kali ini saya akan membahas mengenai pengaturan formasi untuk Manchester City di E-Football PES 2021 Season Update

Di PES 2021, tim ini memang tidak mempunyai lisensi dan untuk sekadar informasi jika kalian tidak menggunakan Patch, nama timnya adalah Manchester B. Namun lain cerita jika kalian menggunakan Patch

Walaupun bukan tim yang berlisensi, Manchester City ini cukup sering digunakan oleh Player PES ketika sedang melawan COM maupun teman sepermainannya di konsol maupun PC. 

Karena tim ini memang memiliki komposisi pemain yang rata kemampuannya disetiap masing-masing posisi.

Nah, sekarang dengan adanya tim yang rating pemainnya tinggi maka permainan harus juga berkualitas tinggi. 

Maka dari itulah pengaturan formasi dan taktik sangat penting atas keberlangsungan permainan kalian di PES 2021 dengan menggunakan Manchester City.

Lantas, bagaimana caranya kita mengatur formasi dan taktik terbaik untuk Manchester City di PES 2021?

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Manchester City di PES 2021

Hal paling utama dalam mengatur sebuah formasi dan taktik ialah mengatur pola formasinya terlebih dahulu.

Pola formasi yang ingin kita terapkan akan sangat penting dalam keberlangsungan pertandingan nantinya selain daripada taktik.

Tentu dalam membuat sebuah pola formasi kita juga perlu memerhatikan terlebih dahulu yang namanya komposisi dari tim yang kita mainkan.

Di PES 2021, Manchester City bisa dikatakan memiliki komposisi pemain gelandang yang mempunyai skill dan visi yang bagus. Sehingga rata-rata Rating pemain Manchester City cukup tinggi di PES 2021 ini.

Hal inilah yang perlu kita manfaatkan dalam menerapkan pola formasi nantinya.

Jadi, apa pola formasi yang cocok untuk Manchester City di PES 2021?

Jawabannya adalah pola formasi 3-3-3-1.

Langsung saja, kalian bisa melihat gambaran pola formasinya dibawah ini.

Pola Formasi 3-3-3-1 Manchester City PES 2021

Kalian atur saja pola formasinya seperti gambar yang sudah saya berikan diatas.

Penjelasan Pola Formasi 3-3-3-1 Manchester City PES 2021

Kita bisa melihat pada pola formasi ini bahwa lini tengah akan mempunyai peran yang sangat vital nantinya ketika kita sedang dalam fase menyerang.

Pola Diamond yang terbentuk ditengah bisa kita lihat disana. 

Hal ini nantinya akan memungkinkan para pemain kita memiliki ruang Passing yang cukup rapat sehingga Passing antar pemain nantinya akan menjadi lebih leluasa atau mudah dilakukan.

Dan jangan lupa bahwa dengan adanya 6 gelandang yang kita tempati dalam lini tengah akan membuat ruang ditengah lapangan menjadi hak milik kita sepenuhnya, karena jumlah pemain yang berada ditengah menjadi lebih banyak. 

Sehingga akan tercipta sebuah situasi yang dimana kita memenangi jumlah pemain di lini tengah terhadap jumlah pemain lawan nantinya. 

Hal ini akan menjadi kombinasi yang bagus, karena Manchester City ini gaya bermainnya adalah Possession Game yang dimana perlu adanya penguasaan wilayah di tengah lapangan.

Dalam hal bertahan, pola 3 bek akan kita terapkan pada formasi 3-3-3-1 ini. 

Walaupun hanya dengan 3 bek, pertahanan akan menjadi lebih kuat dikarenakan adanya 3 gelandang ditengah yang akan membantu pertahanan di lini belakang.

Tiga gelandang ini terdiri dari 1 DMF dan 2 CMF

Bisa dikatakan posisi mereka akan otomatis mundur sejajar kebelakang ketika tim kita sedang dalam fase bertahan atau sedang tidak menguasai bola di lapangan.

Ketiga gelandang ini akan mempunyai peran cukup vital ketika tim lawan memainkan umpan-umpan panjang atau Long Ball

Mereka akan membuat ruang dilini belakang menjadi rapat dan sempit sehingga penyerang lawan akan kesulitan dalam mencari ruang. 

Dengan 2 pemain CMF yang mempunyai kecepatan mumpuni untuk mengimbangi kecepatan dari penyerang tim lawan serta 1 pemain DMF yang akan membantu pertahanan, maka Long Ball Passing akan lebih mudah teratasi. 

Tentu kita mendasari taktik ini dikarenakan Manchester City di PES 2021 memiliki sejumlah gelandang berskill individu yang bagus serta mempunyai kecepatan yang baik. 

Susunan Starting Line-up Manchester City PES 2021

Setelah mengatur pola formasinya, maka kita perlu menempatkan pemain Manchester City pada pola formasi 3-3-3-1 yang sudah kita atur sebelumnya.

Siapa saja pemain-pemain yang akan kita masukan dalam Starting Eleven?

Berikut susunan Line-up dari Manchester City dibawah ini.
  • Ederson (GK)
  • J. Stones (CB)
  • Ruben Dias (CB)
  • A. Laporte (CB)
  • Rodri (DMF)
  • Bernardo Silva (CMF)
  • I. Gundogan (CMF)
  • R. Sterling (LMF)
  • R. Mahrez (RMF)
  • K. De Bruyne (AMF)
  • S. Aguero (CF)
Setelah mengatur pola formasi beserta Line-upnya, maka hal selanjutnya yang akan kita atur adalah instruksi taktiknya.

Bagaimana cara mengatur instruksi taktiknya?

Simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Manchester City PES 2021

Attacking Instructions atau instruksi taktik menyerang ini merupakan elemen penting ketika tim ingin menyerang nantinya. 

Sebuah taktik serangan yang ampuh dan efektif harus diatur dengan melihat pola formasi yang digunakan terlebih dahulu.

Pola formasi pada Manchester City yang kita atur sebelumnya lebih mengedepankan penguasaan bola ditengah karena disana kita menempatkan banyak pemain gelandang. 

Inilah yang harus dimanfaatkan agar sebuah taktik serangan yang nantinya kita terapkan akan berjalan dengan ampuh dan efektif.

Langsung saja berikut pengaturan instruksinya dibawah ini.
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 6 bar Focus Point
Penjelasan Pengaturan Attacking Instructions

Gaya serangan yang akan kita terapkan disini adalah Possession Game

Penguasaan bola akan menjadi hal utama ketika tim dalam fase menyerang nantinya. Serangan-serangan ini akan dibangun dengan menggunakan umpan-umpan pendek dan arah serangan ini akan difokuskan pada area tengah.

Dengan jumlah gelandang yang kita tempatkan ditengah sebanyak 6 orang akan membuat Passing antar pemain menjadi lebih mudah dilakukan.

Posisi dari tiap pemain ketika sedang membangun serangan nantinya tidak akan berubah-ubah, inilah fungsi mengapa kita menerapkan Maintain Formation.


Dengan Support Range yang kita atur sebanyak 6 bar Focus Point akan membuat jarak pemain akan sedikit melebar, namun tidak menjadi masalah karena sebelumnya kita sudah menempatkan 6 orang ditengah sehingga jarak Passing antar pemain menjadi lebih luas serta efektif dalam hal melakukan umpan-umpan pendek nantinya.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Manchester City PES 2021

Setelah mengatur instruksi menyerang maka hal selanjutnya yang harus kita atur adalah instruksi bertahan atau disebut juga dengan Defensive Instructions.

Langsung saja berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Center 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 10 bar Focus Point
  • Compactness : 1 bar Focus Point

Penjelasan Pengaturan Defensive Instructions

Defensive Style yang  diterapkan pada pola formasi 3-3-3-1 untuk Manchester City disini adalah Frontline Pressure

Hal ini akan membuat pemain ketika sedang dalam fase bertahan, mereka akan menekan lawan dengan cara menutup ruang passingnya.

Gaya bertahan disini akan menerapkan Pressure Aggressive sehingga tim lawan akan lebih sulit lagi dalam mengalirkan bola. 

Pertahanan akan difokuskan pada area tengah tentunya, karena seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya terdapat 6 orang gelandang di tengah.


Defensive Line yang diatur sebanyak 10 bar ini akan membuat garis pertahanan menjadi sangat tinggi, karena disini kita akan menerapkan gaya bermain menyerang yang dimana garis pertahanan tinggi akan menjadi kombinasi yang bagus.

Tentu dengan Compatcness atau kerapatan pemain ketika bertahan harus dibuat lebar agar ketika melakukan serangan balik menjadi lebih efektif nantinya. Maka dari itulah kita atur sebanyak 1 bar.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi Manchester City PES 2021 

Setelah selesai mengatur kedua taktik dalam hal menyerang dan bertahan maka kita juga perlu mengatur instruksi taktik tambahan dalam formasi Manchester City di PES 2021 ini.

Langsung saja berikut pengaturan Advanced Instructionsnya dibawah ini.
  • Offense 1 : Tiki-taka
  • Offense 2 : Wing Rotation
  • Defense 1 : -
  • Defense 2 : -
Untuk penjelasan mengenai Advanced Instructions, kalian bisa membaca selengkapnya dalam link artikel yang sudah saya berikan dibawah ini. Silahkan untuk dibaca-baca artikelnya.


Selesai sudah pembahasan mengenai pengaturan formasi dan taktik untuk Manchester City di PES 2021. Kalian tinggal perlu mengikuti instruksi-instruksi dari setiap pengaturan yang sudah saya berikan dalam artikel ini.

Kalian juga bisa memberikan pengalaman kalian ketika menggunakan pengaturan formasi dan taktik ini dengan berkomentar pada kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Jangan lupa, selain mengatur formasi yang baik dan benar, gamer PES juga perlu mengasah kemampuan Gameplay, perbanyaklah latihan untuk menambah jam terbang bermain kalian di game Pro Evolution Soccer. Sekian dan terima kasih.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Taktik Terbaik Manchester City di PES 2021"