Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021: Cara Mengatur Formasi dan Taktik Terbaik Liverpool di PES 2021

Cara Mengatur Formasi Liverpool PES 2021

Halo para pembaca blog BolaGawai.com. Di pembahasan artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana caranya mengatur formasi dan taktik terbaik untuk Liverpool di PES 2021.

Liverpool ini memang bukan tim yang berlisensi di PES 2021, namun tim ini cukup sering digunakan dalam pertandingan karena akan komposisi skuadnya yang sangat kuat, baik itu di lini depan, tengah, dan belakang.

Namun semua akan terasa sia-sia jika kita tidak bisa memanfaatkan komposisi skuad yang dimiliki oleh Liverpool di PES 2021 kalau kita tidak mengimbanginya dengan pengaturan formasi dan taktik yang bagus serta efektif tentunya.

Kalian yang sedang membaca artikel ini sudah sangat tepat berada disini, karena saya akan membahas artikel mengenai pengaturan formasi dan taktik untuk Liverpool di PES 2021 ini dengan penjelasan yang lengkap dan mudah dimengerti.

Nah, sekarang bagaimana cara kita mengatur formasinya?

Langsung saja, simak dan ikuti pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Liverpool di PES 2021

Hal paling pertama yang harus kita atur dalam membuat formasi dan taktik di PES 2021 adalah dengan mengatur pola formasinya terlebih dahulu.

Kita bisa memilih dan mengatur pola formasinya dengan melihat komposisi skuad dari Liverpool di PES 2021 terlebih dahulu.

Liverpool di PES 2021 ini memiliki sejumlah pemain depan yang sangat berkualitas dalam melakukan serangan ke tim lawan. Mereka mempunyai skill individu yang sangat bagus, baik dari segi Dribbling maupun Finishing.

Lini tengah Liverpool juga mempunyai sejumlah pemain yang cukup baik dalam mengalirkan bola serta menjaga aliran bola di lini tengah lapangan. Dan jangan lupa Liverpool juga memiliki salah satu bek yang bisa dikatakan bek terbaik di dunia saat ini.

Hal-hal inilah yang harus kita manfaatkan dalam penerapan pola formasi yang akan kita buat dan kita atur nantinya.

Lalu, apa pola formasi yang harus kita terapkan untuk Liverpool di PES 2021 ini?

Jawabannya adalah pola formasi 4-3-1-2.

Kalian bisa melihat terlebih dahulu gambaran pola formasinya dibawah ini.

Formasi 4-3-1-2 Liverpool FC PES 2021

Kalian tinggal mengatur saja pola formasinya seperti gambar diatas.

Penjelasan Pola Formasi 4-3-1-2 Liverpool PES 2021

Di pola formasi 4-3-1-2 ini, kita akan mengandalkan 3 penyerang yang terdiri dari satu AMF dan dua CF

Ketiga pemain ini akan menjadi daya dobrak serangan di lini depan. Dengan menempatkan satu pemain AMF dibelakang dua CF, maka serangan akan lebih terbantu karena fungsi dari pemain AMF ini bertugas sebagai pengatur aliran bola dari lini tengah ke lini depan atau bisa dikatakan sebagai Support di lini depan.

Untuk lini tengah, kita akan menerapkan pola 3 gelandang yang terdiri dari 1 DMF dan 2 CMF

Ketiga pemain ini memiliki peran vital dalam menjaga keseimbangan di tengah lapangan. Dengan menempatkan dua ididepan, lini tengah akan lebih terjaga keseimbangannya dalam mengalirkan bola di lini tengah. Dan satu pemain DMF ini akan berperan sebagai penjaga antar lini tengah dan lini belakang.

Untuk lini belakang, kita akan menerapkan pola 4 bek seperti pola pertahanan pada umumnya yang dipakai pada era sepakbola modern saat ini.

Susunan Starting Line-up Liverpool PES 2021 

Setelah mengatur pola formasinya, maka kita harus menentukan susunan Line-up pada pola formasi yang sudah kita buat tadi. 

Susunan Starting Line-up tentunya harus mengikuti pola formasi. Kita perlu menempatkan pemain-pemain yang cocok untuk ditempatkan pada pola formasi 4-3-1-2 yang sudah kita atur sebelumnya.

Langsung saja berikut susunan Line-up untuk formasi 4-3-1-2 Liverpool PES 2021.
  • Alisson (GK)
  • A. Robertson (LB)
  • Joe Gomez (CB)
  • Virgil van Dijk (CB)
  • T. Alexander-Arnold (RB)
  • Fabinho (DMF)
  • Thiago (CMF)
  • Jordan Henderson (CMF)
  • Mohamed Salah (AMF)
  • Sadio Mane (CF)
  • Roberto Firmino (CF)
Susunan pemain diatas merupakan Starting Line-up terbaik yang dimiliki oleh Liverpool di PES 2021 ini. Jadi kalian tinggal perlu mengaturnya sesuai dengan susunan pemain diatas.

Tentu kondisi pemain tidak menentu, kadang baik dan kadang jelek. Jadi kalian juga bisa mengganti susunan diatas dengan susunan pemain sesuai keinginan kalian, namun dengan catatan bahwa pemain tersebut cocok untuk ditempatkan pada pola formasi 4-3-1-2 ini.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Liverpool PES 2021

Setelah selesai mengatur pola formasi beserta susunan Line-upnya, maka selanjutnya kita akan masuk kedalam pembahasan mengenai pengaturan taktik.

Hal pertama yang kita atur dalam pengaturan taktik formasi Liverpool di PES 2021 adalah mengatur Attacking Instructions. Attacking Instructions ini merupakan suatu instruksi taktik yang diatur ketika tim sedang dalam fase menguasai bola atau fase menyerang.

Langsung saja berikut pengaturan Attacking Instructionsnya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 3 bar Focus Point

Penjelasan Pengaturan Attacking Instructions

Gaya menyerang yang akan kita terapkan adalah gaya menyerang dengan mengandalkan gaya serangan balik atau Counter Attack. Tentu serangan balik yang diterapkan akan dibangun dengan cara bermain umpan-umpan pendek dengan menitik fokuskan serangan tersebut di area tengah lapangan.

Dengan formasi 4-3-1-2 yang bisa dikatakan formasi ini menempatkan total 4 gelandang ditengah yang menjadi pengatur aliran bola ketika tim sedang menguasai bola, maka 2 penyerang didepan akan semakin terbantu dengan adanya Support serangan dari lini tengah.


Posisi para pemain ketika sedang menyerang akan mempertahankan posisi disetiap individu masing-masing, jadi para pemain ini nantinya tidak akan bertukar atau berganti posisi ketika sedang menyerang nantinya. 

Serta jarak antarlini pemain akan selalu berdekatan agar Passing antarpemain dengan yang lainnya menjadi lebih mudah ketika sedang membangun serangan nantinya.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Liverpool PES 2021

Pengaturan taktik kedua yang harus kita atur adalah Defensive Instructions. Taktik ketika tim sedang tidak menguasai bola atau dalam fase bertahan juga tidak kalah penting dengan taktik ketika tim dalam fase menyerang.

Serangan yang bagus, ampuh, dan efektif akan terasa sia-sia jika tim kebobolan gol lebih banyak daripada mencetak gol. Maka dari itu, kita perlu mengatur instruksi taktik bertahan untuk formasi Liverpool di PES 2021 ini dengan sebaik mungkin.

Langsung saja berikut pengaturan Defensive Instructionsnya dibawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Center 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 8 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point

Penjelasan Pengaturan Defensive Instructions

Gaya bertahan yang akan kita terapkan pada formasi Liverpool disini adalah Frontline Pressure. Hal ini akan membuat para pemain ketika sedang dalam fase bertahan, mereka akan menekan lawan dengan cara menutup ruang passingnya.

Pertahanan akan terfokuskan pada sisi daerah tengah. Serta gaya penekanan terhadap tim lawan akan dilakukan secara agresif sehingga lawan akan kesulitan ketika mereka sedang menguasai bola dilapangan.

Garis pertahanan pada formasi ini akan kita terapkan sebanyak 8 bar Focus Point. Hal ini akan membuat para pemain menerapkan garis pertahanan tinggi. Karena formasi untuk Liverpool ini menerapkan gaya permainan menyerang, maka akan sangat cocok untuk dikombinasikan dengan garis pertahanan yang tinggi.


Kerapatan antarlini pemain ketika bertahan yang diatur sebanyak 8 bar Focus Point akan membuat seluruh pemain merapatkan ruang antarlini ketika tim kita sedang dalam fase bertahan.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi Liverpool PES 2021 

Advanced Instructions ini merupakan instruksi taktik terakhir yang perlu kita atur dalam pengaturan formasi 4-3-1-2 Liverpool di PES 2021.

Advanced Instructions ini merupakan instruksi tambahan yang bisa kita terapkan dalam formasi yang sudah kita atur.

Langsung saja berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Offense 1 : Defensive (DMF)
  • Offense 2 : -
  • Defense 1 : Counter Target (CF sebelah kanan)
  • Defense 2 : -
Jika kalian ingin mengetahui penjelasan lengkap mengenai Advanced Instructions di PES, kalian bisa membaca penjelasannya dalam link artikel dibawah ini.


Selesai sudah pembahasan kita disini mengenai pengaturan formasi terbaik untuk Liverpool di PES 2021. Kalian tinggal perlu mengikuti instruksi-instruksi dari setiap pengaturan yang sudah saya sampaikan dalam artikel ini. Sesuaikan pengaturan formasinya pada Gameplay kalian di Pro Evolution Soccer 2021 Season Update milik kalian.

Kalian juga bisa menceritakan pengalaman kalian ketika menggunakan Formasi Liverpool ini dengan menceritakannya di kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel. Selamat mencoba.

Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga Bermanfaat



Diperbarui 23 April 2021

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021: Cara Mengatur Formasi dan Taktik Terbaik Liverpool di PES 2021"