Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021: Cara Mengatur Formasi Terbaik Arsenal di PES 2021

Formasi Terbaik Arsenal di PES 2021

Halo para pembaca blog dari BolaGawai.com, kali ini saya akan membahas pengaturan formasi dan taktik di PES 2021 untuk salah satu klub di Liga Primer Inggris yakni Arsenal FC.

Arsenal ini merupakan salah satu dari dua tim yang berlisensi di E-Football PES 2021 Season Update selain dari Manchester United tentunya. 

Maka dari itu, tim ini sering digunakan oleh gamer PES manapun ketika bertanding melawan teman sepermainannya atau komputer sekalipun.

Nah, mungkin disini ada beberapa gamer yang tidak mengetahui seperti apa pengaturan formasi dan taktik untuk Arsenal di PES 2021. Karena sayang sekali jika kita sering menggunakan tim Arsenal namun tidak mengetahui pengaturan formasinya.

Perlu diketahui untuk kalian bahwa selain dari skill gameplay yang kalian punya dalam bermain PES, maka pengaturan formasi dan taktik merupakan poin penting kedua di game Pro Evolution Soccer. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk kita dalam mengetahui seperti apa pengaturan formasi dan taktik yang ampuh serta efektif untuk diterapkan kepada Arsenal di PES 2021 ini.

Lantas, bagaimana cara kita mengatur formasi dan taktiknya?

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Arsenal di PES 2021

Hal paling pertama yang harus kita lakukan dalam membuat formasi adalah menentukan sebuah pola formasinya terlebih dahulu.

Sebuah pola formasi yang ingin dibuat juga perlu melihat keadaan dari komposisi sebuah timnya. 

Arsenal di PES 2021 sekarang ini bisa dikatakan tidak seperti Arsenal di musim-musim sebelumnya. 

Karena para pemain yang dimiliki tidak sehebat dahulu yang banyak dihuni oleh pemain bintang seperti van Persie, Ozil, Nasri, dan pemain bintang lainnya.

Hal ini bisa kita lihat pada sektor pemain sayap dan beknya yang banyak dihuni oleh pemain muda. 

Namun untuk sektor gelandang dan penyerang, saya rasa mereka masih memiliki pemain-pemain yang cukup berkualitas, misalnya Aubameyang dan Thomas Partey.

Hal-hal inilah perlu kita fungsikan sebaik mungkin dalam membuat pola formasi nantinya.

Lalu seperti apa pola formasi yang cocok untuk Arsenal di PES 2021?

Jawabannya adalah dengan menggunakan pola formasi 4-2-3-1.

Langsung saja, kalian bisa melihat pola formasinya pada gambar dibawah ini.

Pola Formasi 4-2-3-1 Arsenal di PES 2021

Kalian tinggal perlu mengatur pola formasinya seperti gambar diatas.

Penjelasan Pola Formasi 4-2-3-1 Arsenal PES 2021

Bisa kalian lihat bahwa pola formasi ini umumnya seperti pola formasi yang biasanya dipakai pada era sepakbola modern sekarang ini.

Formasi ini mengandalkan 1 CF pada lini depan sebagai penyerang utama. Penyerang ini nantinya akan dibantu oleh 3 pemain gelandang yakni AMF, LMF, dan RMF

Dengan Arsenal yang memiliki penyerang yang kuat dan cepat seperti Aubameyang dan Lacazette, maka tugas dari ketiga gelandang ini akan menjadi jauh lebih mudah nantinya.

Daerah tengah lapangan akan dijaga oleh 2 pemain DMF. Mereka ini akan bertugas sebagai penjaga aliran bola dari lini belakang ke lini depan. 

Dengan dua pemain DMF yang memiliki teknik dan fisik yang bagus, maka lini tengah akan lebih terjaga dari serangan-serangan lawan.

Untuk pola bek seperti biasa yakni menggunakan pola 4 bek, sehingga lini pertahanan akan lebih stabil dan solid ketika tim kita sedang diserang oleh tim lawan.

Susunan Starting Line-up Arsenal PES 2021

Setelah mengatur pola formasinya, maka hal selanjutnya adalah menempatkan pemain-pemain dalam pola formasi yang sudah kita buat.

Langsung saja, berikut susunan Starting Line-up untuk Arsenal dibawah ini.
  • B. Leno (GK)
  • K. Tierney (LB)
  • Gabriel Magalhaes (CB)
  • David Luiz (CB)
  • Hector Bellerin (RB)
  • G. Xhaka (DMF)
  • T. Partey (DMF)
  • Willian (LMF)
  • M. Odegaard (AMF)
  • N. Pepe (RMF)
  • P. Aubameyang (CF)
Kalian hanya tinggal perlu mengatur susunannya seperti yang sudah saya berikan diatas.

Selesai sudah pembahasan kita dalam mengatur pola formasi beserta Starting Line-up, maka selanjutnya adalah kita perlu mengatur yang namanya instruksi taktik.

Bagaimana caranya?

Langsung saja, ikuti pembahasan lengkapnya dibawah ini.


Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Arsenal PES 2021

Instruksi taktik yang harus kita atur pertama kali adalah instruksi menyerang atau Attacking Instructions.

Taktik menyerang perlu diatur dengan sebaik mungkin agar serangan yang dilancarkan ke tim lawan nantinya berjalan dengan efektif. Taktik menyerang yang diatur juga perlu melihat dari komposisi kekuatan dari sebuah tim. 

Arsenal memiliki sejumlah gelandang yang mempunyai teknik dan kecepatan yang bagus, kita perlu memanfaatkan hal-hal seperti ini.

Langsung saja, berikut pengaturan Attacking Instructionsnya dibawah ini.
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Flexible
  • Support Range : 3 bar Focus Point


Penjelasan Attacking Instructions

Gaya serangan yang akan kita terapkan disini adalah gaya menyerang dengan mengandalkan penguasaan bola. 

Dengan mengandalkan pemain gelandang yang memiliki teknik dan skill mumpuni seperti Partey, Xhaka, dan Odegaard, maka penguasaan bola akan jauh lebih efektif dalam membangun sebuah serangan nantinya.

Serangan yang dibangun ini nantinya akan menggunakan cara Short Passing atau umpan-umpan pendek, sehingga serangan yang dilakukan bisa dibangun dengan rapih.

Fokus serangan akan dilakukan pada area tengah, serta posisi dari masing-masing pemain nantinya akan bersifat fleksibel ketika mereka sedang menyerang ke daerah pertahanan lawan. 

Support Range yang diatur sebanyak 3 bar Focus Point akan membuat jarak antar passing pemain menjadi lebih dekat. Hal ini akan membuat pemain ketika melakukan Possession Game mempunyai opsi ruang passing yang banyak.


Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Arsenal PES 2021

Instruksi taktik yang kedua adalah Defensive Instructions atau taktik dalam bertahan. 

Pertahanan yang baik akan membuat tim menjadi lebih disulit dibobol dan peluang untuk meraih kemenangan jauh lebih besar nantinya.

Maka dari itu, kita perlu mengatur taktik bertahan yang baik dan solid.

Langsung saja, berikut instruksi taktik bertahannya dibawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Wide 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 8 bar Focus Point
  • Compactness : 5 bar Focus Point

Penjelasan Defensive Instructions

Gaya bertahan yang akan kita terapkan pada Arsenal disini adalah gaya bertahan dengan cara menutup serta menekan pergerakan dari tim lawan ketika mereka sedang menyerang ke daerah pertahanan tim kita.

Pertahanan akan berfokus pada sisi lebar lapangan nantinya. Pressure yang dilakukan oleh pemain kita terhadap lawan akan dilakukan secara agresif sehingga mereka akan kesulitan dalam membangun serangan.

Garis pertahanan yang diterapkan sebanyak 8 bar akan membuat pemain membentuk garis pertahanan yang agak tinggi namun tidak terlalu rendah. Dan kerapatan jarak antar pemain ketika bertahan dilakukan dengan jarak tidak terlalu dekat juga tidak terlalu lebar.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi Arsenal PES 2021

Advanced Instructions ini merupakan taktik terakhir yang akan kita atur. 

Instruksi ini bisa dikatakan sebagai taktik pelengkap agar pemain lebih efektif dalam menjalankan instruksi taktik, baik itu menyerang maupun bertahan.

Sehingga pengaturan Advanced Instructions perlu memerhatikan dari instruksi menyerang dan bertahan yang sudah diatur sebelumnya.

Langsung saja, berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Offense 1 : Attacking Full Backs
  • Offense 2 : Tiki-taka
  • Defense 1 : -
  • Defense 2 : -

Selesai sudah pembahasan kita kali ini mengenai pengaturan formasi dan taktik Arsenal di E-Football PES 2021 Season Update

Kalian hanya perlu mengikuti instruksi-instruksi yang sudah saya berikan diatas, jangan sampai ada pengaturan yang terlewatkan.

Kalian juga bisa menceritakan bagaimana pengalaman kalian ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Jangan lupa untuk selalu berlatih dalam bermain PES karena pengaturan formasi juga tidak menentukan kalian dalam meraih kemenangan, sehingga kalian juga perlu melatih skill gameplay dalam bermain game Pro Evolution Soccer.

Dan yang paling penting jangan sampai lupa waktu dalam bermain PES. Sekian dan terima kasih.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021: Cara Mengatur Formasi Terbaik Arsenal di PES 2021"