Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik PSG di PES 2021

Formasi Terbaik PSG PES 2021

Halo para pembaca Blog BolaGawai.com, kali ini saya akan membahas artikel mengenai pengaturan formasi dari salah satu klub raksasa Ligue 1 Prancis yaitu Paris Saint Germain.

Tim ini cukup digemari oleh para player PES 2021 karena komposisi skuad yang dimiliki rata-rata merupakan pemain berlabel bintang. Contohnya adalah Neymar, Mbappe, Di Maria, Veratti, Marquinhos, dan pemain bintang lainnya.

Dengan salah satu alasan inilah para player PES sering menggunakan PSG ketika bertanding baik itu melawan teman sesama player maupun komputer sekalipun.

Bermain PES 2021 akan terasa kurang jika kita tidak mengatur formasi dan taktik ketika ingin bermain, maka dari itu perlu adanya pengaturan yang baik dan benar sehingga ketika tim sedang menyerang maupun bertahan, taktik akan berjalan dengan efektif dan peluang untuk memenangkan pertandingan akan lebih besar nantinya.

Lalu bagaimana cara kita mengatur formasi dan taktik PSG di PES 2021 ini?

Mudah saja, kalian hanya tinggal perlu membaca artikel ini karena disini akan ada penjelasan mengenai instruksi-instruksi dalam mengatur formasi terbaik untuk PSG di PES 2021.

Langsung saja, berikut pembahasannya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi PSG di PES 2021

Dalam mengatur sebuah pola formasi, kita perlu melihat terlebih dahulu komposisi kekuatan apa yang dimiliki oleh sebuah tim. Apakah penyerangnya bagus, gelandangnya bagus, atau beknya yang bagus?

Karena dengan kita melihat kekuatan tim yang dimiliki, maka kita bisa membuat pola formasi yang efektif dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dari tim tersebut.

PSG bisa kita lihat mereka memiliki sejumlah pemain penyerang yang berkualitas dan inilah yang harus kita manfaatkan. Pola formasi dengan taktik menyeranglah yang akan kita terapkan pada Paris Saint Germain di PES 2021 kali ini.

Nah, sekarang apa pola formasi yang cocok untuk PSG di PES 2021?

Pola formasi yang cocok untuk digunakan adalah pola formasi 4-2-1-3.

Kalian bisa melihat gambaran pola formasinya terlebih dahulu dibawah ini.

Pola Formasi 4-2-1-3 PSG PES 2021

Kalian hanya perlu mengatur polanya seperti gambar diatas untuk PSG di PES 2021 yang kalian mainkan.

Penjelasan Pola Formasi 4-2-1-3 PSG PES 2021

Pola formasi 4-2-1-3 yang kita atur di PSG ini lebih condong terhadap taktik menyerang. 

Kita bisa melihatnya di lini depan yang dimana kita menempatkan 3 penyerang sekaligus dengan tambahan satu AMF sebagai support untuk ketiga penyerang tadi dalam membantu serangan nantinya. 

Untuk lini tengah, kita menaruh dua orang gelandang yakni 1 CMF dan 1 DMF. Tugas mereka ini sebagai pengatur aliran bola dari lini tengah ke lini depan, hal ini dilakukan ketika tim sedang dalam fase menyerang.

Lain halnya jika tim sedang dalam fase bertahan. Maka kedua gelandang ini akan membantu pertahanan di lini belakang yang dijaga oleh 4 bek tengah sekaligus.

Dengan menempatkan 4 bek tengah, pertahanan akan lebih rapat dan solid, sehingga ketika nanti kita mengincar Counter Attack, serangan yang dibangun akan lebih cepat dan efektif.

Susunan Starting Line-up PSG PES 2021

Setelah mengatur pola formasinya, maka kita perlu menempatkan pemain-pemain PSG ini dalam pola formasi yang sudah kita atur sebelumnya yakni 4-2-1-3.

Langsung saja, berikut susunan pemainnya dibawah ini.
  • K. Navas (GK)
  • A. Diallo (CB)
  • P. Kimpembe (CB)
  • T. Kehrer (CB)
  • Marquinhos (CB)
  • L. Paredes (DMF)
  • M. Veratti (CMF)
  • A. Di Maria (AMF)
  • Neymar (CF)
  • M. Icardi (CF)
  • K. Mbappe (CF)
Berikut susunan Starting Line-upnya, kalian tinggal perlu mengatur susunan pemainnya seperti yang sudah saya berikan daftar susunannya diatas kedalam tim PSG yang kalian mainkan di PES 2021.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi 4-2-1-3 PSG PES 2021

Selesai mengatur pola formasi beserta susunan pemainnya, maka kita perlu mengatur taktiknya. Taktik pertama yang harus kita atur adalah instruksi taktik menyerang atau Attacking Instructions.

Langsung saja, berikut pengaturan Attacking Instructionsnya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Long-pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 5 bar Focus Point

Penjelasan Attacking Instructions

Bisa dilihat bahwa gaya serangan yang akan kita terapkan dalam formasi PSG di PES 2021 ini adalah gaya menyerang dengan serangan balik. 

Dengan adanya 3 penyerang di depan maka bola akan dialirkan dari lini tengah ke lini depan dengan umpan Long-pass sehingga hal ini akan menyebabkan serangan akan lebih cepat dibangun. 

Ketiga penyerang ini akan melakukan kombinasi-kombinasi serangan di depan dengan memfokuskan serangan tersebut pada area tengah.

Posisi dari setiap pemain akan menerapkan sistem Maintain Formation yang dimana seluruh pemain akan tetap pada posisinya masing-masing agar serangan balik yang dilakukan lebih dapat mudah dilakukan dan terukur tentunya.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi 4-2-1-3 PSG PES 2021

Taktik berikutnya yang akan kita atur adalah Defensive Instructions atau instruksi taktik dalam bertahan.

Langsung saja, berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Centre 
  • Pressure : Conservative
  • Defensive Line : 8 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point

Penjelasan Defensive Instructions

Gaya bertahan yang akan kita terapkan disini adalah All-out Defence. Yang dimana para pemain akan bertahan total ketika tim sedang diserang. 

Taktik ini akan sangat berguna karena sebelumnya kita sudah mengatur pola 4 bek dalam lini pertahanan, sehingga pola bertahan yang diterapkan akan lebih solid dan sulit ditembus.

Pertahanan akan difokuskan pada area tengah dan Pressure yang akan diberikan oleh pemain kita terhadap pemain lawan adalah dengan cara menerapkan taktik Conservative.

Jadi, pemain kita akan menekan pemain lawan yang sedang menguasai bola dengan cara menutup pergerakan serta ruang passing dari pemain lawan tersebut.

Garis pertahanan atau Defensive Line yang diatur sebanyak 8 bar Focus Point akan memungkinkan pemain kita menerapkan garis pertahanan yang cukup tinggi. 

Hal ini agar membuat pemain kita lebih bisa menekan pemain lawan dengan cepat dan peluang untuk menciptakan ruang dalam melakukan Counter Attack menjadi lebih besar.

Dengan Compactness yang diatur sebanyak 8 bar Focus Point, maka seluruh pemain kita ketika sedang dalam fase bertahan akan membuat jarak antarlini pemain menjadi lebih rapat sehingga pertahanan lebih sulit untuk dilewati oleh pemain lawan.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi 4-2-1-3 PSG PES 2021

Advanced Instructions ini merupakan taktik tambahan yang bisa kita atur dengan menyesuaikan dari taktik menyerang dan bertahan yang sebelumnya kita sudah terapkan pada formasi PSG ini.

Langsung saja, berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Offense 1 : -
  • Offense 2 : -
  • Defense 1 : Defensive (DMF)
  • Defense 2 : - 
Dengan memberikan instruksi Defensive kepada pemain DMF, maka pemain ini akan tetap di posisinya tersebut ketika tim sedang dalam fase menyerang, supaya area tengah lapangan di wilayah kita menjadi lebih aman ketika nantinya tim kita kehilangan bola.

Selesai sudah pembahasan mengenai pengaturan dari formasi Paris Saint Germain di PES 2021 yang sudah saya bahas kali ini.

Kalian bisa menerapkannya di dalam gameplay PES 2021 yang kalian mainkan masing-masing. Ikuti saja pengaturan yang sudah saya bahas dalam artikel ini.

Kalian juga bisa menceritakan pengalaman kalian ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Jangan lupa untuk selalu berlatih dalam bermain PES karena pengaturan formasi juga tidak menentukan kalian dalam meraih kemenangan, sehingga kalian juga perlu melatih skill gameplay dalam bermain game Pro Evolution Soccer.

Dan yang paling penting jangan sampai lupa waktu dalam bermain PES.

Sekian dari saya dan terima kasih sudah membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat

2 comments for "Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik PSG di PES 2021"

  1. Gak usah pake taktik taktikan tinggal trough pass ke mbappe aja pasti lolos dari back lawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, kadang-kadang cara bermain seperti ini memang seringkali efektif buat serangan malah kayaknya sangat efektif buat lawan kesel gara-gara bermainnya langsung umpan jauh kedepan.

      Delete