Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi dan Taktik Terbaik Chelsea di PES 2021

Formasi Terbaik Chelsea di PES 2021

Halo para pembaca BolaGawai.com, kali ini saya akan membahas mengenai pengaturan formasi Chelsea pada PES 2021. Disini saya akan membahas mulai dari pola formasi, susunan pemain, serta instruksi taktik sehingga kalian perlu membaca artikel ini dengan cermat dan baik agar tidak ada pengaturan yang terlewatkan nantinya.

Chelsea di PES 2021 memiliki beberapa pemain yang mempunyai teknik yang baik dan bagus, sehingga para gamer sering juga menggunakan klub asal London yang bermain di Liga Primer Inggris ini. Lalu, bagaimana cara kita mengatur formasi untuk Chelsea di PES 2021 ini?

Langsung saja, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Chelsea di PES 2021

Hal pertama kali yang harus kita atur dalam mengatur sebuah formasi adalah membentuk pola formasinya terlebih dahulu. Chelsea memiliki beberapa pemain gelandang yang mempunyai kemampuan teknik dan fisik yang bisa dikatakan bagus untuk saat ini, serta beberapa pemain depan yang memiliki kemampuan finishing dan kecepatan yang baik. 

Kelebihan seperti inilah yang harus kita manfaatkan ketika ingin membentuk serta mengatur sebuah pola formasi. Jadi, apa pola formasi yang cocok untuk digunakan Chelsea?

Jawabannya adalah pola formasi 4-3-1-2.

Kalian bisa melihat gambaran pola formasinya dibawah ini.

Pola Formasi 4-3-1-2 Chelsea PES 2021

Penjelasan Pola Formasi 4-3-1-2 Chelsea PES 2021

Dengan menggunakan pola 4-3-1-2 ini terlihat bahwa lini tengah akan menjadi pusat dalam membangun serangan karena disana terdapat 4 gelandang yaitu 1 DMF, 2 CMF, dan 1 AMF.

Untuk lini depan kita menggunakan 2 penyerang yakni 1 CF dan 1 SS. Namun, ketika kita sedang dalam fase menyerang, pemain AMF akan turut membantu dua penyerang dalam membangun serangan nantinya.

Di lini belakang, pola 4 bek akan kita gunakan disini. Ketika kita sedang dalam fase bertahan, maka 3 gelandang tengah dan bertahan akan turun ke lini pertahanan untuk membantu bek di belakang. Sehingga, dengan pola ini lini pertahanan akan terbentuk dengan cukup solid agar terhindar dari serangan lawan.

Susunan Starting Line-up Formasi 4-3-1-2 Chelsea PES 2021

Setelah kita sudah mengatur pola formasinya, maka selanjutnya adalah mengatur susunan pemain yang akan kita tempatkan pada pola formasi 4-3-1-2 ini.

Berikut susunan Starting Line-upnya dibawah ini.
  • E. Mendy (GK)
  • B. Chilwell (LB)
  • A. Rudiger (CB)
  • Thiago Silva (CB)
  • Azpilicueta (RB)
  • Jorginho (DMF)
  • N. Kante (CMF)
  • M. Kovacic (CMF)
  • K. Havertz (AMF)
  • T. Werner (SS)
  • O. Giroud (CF)
Perlu diperhatikan oleh kalian bahwa susunan ini bisa saja berubah jika terdapat pemain yang mentalnya menurun, kelelahan, atau cidera. Maka, kalian bisa merubah susunan tersebut dengan mengganti pemain yang sesuai dengan posisi dalam pola formasi 4-3-1-2 ini.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Chelsea PES 2021

Setelah kita mengatur pola formasi beserta susunan pemainnya, maka yang harus kita atur selanjutnya adalah instruksi taktiknya.

Hal paling pertama dalam mengatur taktik adalah kita perlu membuat taktik serangan yang baik dan efektif tentunya agar tim kita bisa mencetak gol sebanyak-banyaknya dan memenangkan pertandingan nantinya.

Maka dari itu, kita perlu mengatur yang namanya Attacking Instructions. Bagaimana caranya?

Berikut pengaturannya yang bisa kalian lihat dibawah ini.
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short Pass
  • Attacking Zone : Center
  • Positioning : Maintain Formation 
  • Support Range : 5 bar Focus Point

Penjelasan Attacking Instructions

Bisa kita lihat dalam pengaturan diatas bahwa formasi Chelsea disini akan menerapkan gaya menyerang dengan mengandalkan penguasaan bola serta area serangan akan terfokuskan di tengah lapangan. 

Hal ini kita lakukan karena formasi yang kita atur disini yaitu 4-3-1-2 menerapkan pola 4 gelandang pada lini tengah lapangan. Sehingga lini tengah perlu kita manfaatkan ketika kita sedang membangun serangan, dan untuk itulah kita menerapkan gaya permainan dengan penguasaan bola.

Serangan yang dibangun nantinya akan menggunakan cara umpan-umpan pendek. Posisi dari tiap pemain ketika sedang menyerang ke dalam area pertahanan lawan akan menerapkan pola Maintain Formation, sehingga hal ini akan membuat para pemain tetap dalam posisi dan areanya masing-masing.

Support Range yang diatur sebanyak 5 bar akan membuat jarak passing antarlini pemain menjadi seimbang, tidak terlalu jauh maupun dekat.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Chelsea PES 2021

Setelah instruksi menyerang yang diatur maka selanjutnya kita juga perlu mengatur instruksi bertahannya. Disini kita menyebutnya dengan Defensive Instructions.

Langsung saja, berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Center
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 7 bar Focus Point
  • Compactness : 6 bar Focus Point

Penjelasan Defensive Instructions

Dengan melihat pengaturan diatas, kita bisa melihat bahwa cara bertahan yang kita terapkan adalah seluruh pemain akan langsung kebelakang untuk membentuk posisi bertahan, atau istilahnya langsung bertahan total.

Posisi bertahan yang dibentuk akan difokuskan dalam area tengah lapangan dengan Pressure Aggressive. Sehingga hal ini akan membuat pemain lawan kesulitan dalam membangun serangan ke daerah pertahanan kita.

Garis pertahanan yang diatur sebanyak 7 bar akan membuat pemain membuat pola garis pertahanan yang cukup tinggi, dan Compactness atau kerapatan antarlini pemain didaerah pertahanan yang diatur sebanyak 6 bar akan membuat antarlini menjadi agak sedikit rapat.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi Chelsea PES 2021

Taktik selanjutnya yang akan kita atur adalah Advanced Instructions. Taktik ini merupakan sebuah instruksi tambahan agar taktik menyerang dan bertahan yang kita menjadi lebih kuat dan solid.

Langsung saja, berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Offense 1 : Defensive (terapkan pada posisi pemain DMF dalam hal ini adalah Jorginho)
  • Offense 2 : False Fullbacks
  • Defense 1 : Counter Target (terapkan pada posisi pemain AMF dalam hal ini adalah K. Havertz)
  • Defense 2 : -
Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa saja arti-arti yang ada pada Advanced Instructions, langsung saja bisa membaca artinya dalam link artikel yang saya berikan dibawah ini.


Selesai sudah kita mengatur formasi untuk Chelsea di PES 2021 kali ini. Maka dari itu, kalian bisa langsung menerapkan pengaturan formasi ini didalam gameplay PES 2021 yang kalian mainkan ketika sedang memakai tim Chelsea.

Perlu diingatkan bahwa formasi memang tidak menjamin kalian untuk terus meraih kemenangan ketika bermain game Pro Evolution Soccer, karena skill gameplay yang kalian miliki tentu juga berpengaruh terhadap permainan. 

Tetapi formasi juga penting agar ketika sedang bermain pola serangan dan bertahan yang kita terapkan menjadi lebih jelas dan terukur nantinya sehingga peluang untuk meraih kemenangan akan menjadi lebih besar.

Kalian tidak perlu kecewa ketika mengalami kekalahan, namun kalian tetap harus latihan lebih sering lagi dalam bermain game E-Football PES 2021 ini, dan tentunya jangan sampai lupa waktu ketika bermain game yang satu ini.

Kalian juga bisa menceritakan pengalaman kalian ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini. Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga bermanfaat



Terakhir Diperbarui : 09 Juni 2021

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi dan Taktik Terbaik Chelsea di PES 2021"