Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi Terbaik Inter Milan di PES 2021

Formasi Terbaik Inter Milan PES 2021

Halo para pembaca dari blog BolaGawai.com, kali ini saya akan membahas pengaturan formasi dari salah satu klub besar di liga Serie A Italia yakni Inter Milan. Formasi dan taktik yang diatur tentu untuk Inter Milan di PES 2021.

Kita bisa tahu bahwa kultur sepakbola italia ini adalah catenaccio yang dimana tim menerapkan pola bertahan yang sangat kuat ketika bertanding. 

Pada formasi Inter Milan di PES 2021 yang akan saya bahas kali ini, kita bisa menerapkan permainan tersebut.

Bagaimana caranya?

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Inter Milan di PES 2021

Hal pertama yang perlu kita atur adalah menerapkan dan mengatur pola formasinya terlebih dahulu. Inter Milan ini memiliki sejumlah gelandang dan bek yang ratingnya cukup bagus sehingga kita perlu memanfaatkan hal ini.

Pola formasi juga harus memperhatikan dari suatu komposisi pemain yang ada dalam tim agar formasi dan taktik yang dijalankan bisa berjalan efektif, baik itu bertahan maupun menyerang.

Lalu, apa pola formasi yang cocok untuk Inter Milan di PES 2021?

Jawabannya adalah pola formasi 3-3-2-2.

Kalian bisa melihat gambaran pola formasinya terlebih dahulu dibawah ini.

Pola Formasi 3-3-2-2 Inter Milan PES 2021

Penjelasan Pola Formasi 3-3-2-2 Inter Milan PES 2021

Bisa kalian lihat pada gambar sebelumnya, disini kita menggunakan pola 3 bek dalam bertahan. 

Apakah akan cukup riskan tanpa menggunakan Full Back? Jawabannya tidak terlalu, mengapa? Karena pemain RMF dan LMF nantinya akan segera turun membantu sisi pertahanan ketika tim kita sedang tidak dalam penguasaan bola.

Untuk pemain di lini tengah nantinya juga akan turun dalam membantu pertahanan dan hal ini akan sangat efektif karena kita menempatkan tiga pemain CMF ditengah sehingga nantinya lini tengah akan tetap dalam penguasaan milik kita.

Untuk masalah serangan, kita akan mengandalkan dua orang striker yang bertugas untuk menyelesaikan sebuah peluang agar bisa dijadikan gol nantinya. Kedua pemain tersebut nantinya akan dibantu oleh dua pemain CMF yang akan maju kedepan serta pemain LMF dan RMF nantinya juga turut membantu serangan.

Maka nantinya dengan pola 3-3-2-2 yang akan kita terapkan pada Inter Milan di PES 2021 ini akan sangat berjalan dengan baik dan efektif tentunya, baik ketika kita sedang bertahan maupun menyerang. 

Ada catatan kecil yang saya bisa katakan bahwa pola formasi ini akan sangat berguna ketika tim yang dilawan menggunakan Narrow Formation atau formasi yang rapat antar jarak lini pemainnya.

Susunan Starting Line-up Formasi 3-3-2-2 Inter Milan PES 2021

Setelah mengatur pola formasinya, maka kita perlu menyusun Starting Line-upnya. Starting Line-up harus diperhatikan juga mengenai pemilihan dari setiap posisi pemain.

Langsung saja berikut susunan pemainnya dibawah ini.
  • S. Handanovic (GK)
  • A. Bastoni (CB)
  • S. De Vrij (CB)
  • M. Skriniar (CB)
  • M. Brozovic  (CMF)
  • C. Eriksen (CMF)
  • N. Barella (CMF)
  • I. Perisic (LMF)
  • A. Hakimi (RMF)
  • R. Lukaku (CF)
  • L. Martinez (SS)

Selesai mengatur formasinya, maka kita perlu mengatur taktiknya. Taktik ini terdiri dari 3 instruksi yakni Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions

Ketiga taktik tersebut perlu kita atur dengan sebaik mungkin agar formasi yang sudah diatur sebelumnya bisa berjalan dengan lancar.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Inter Milan PES 2021

Hal pertama dalam mengatur taktik adalah mengatur instruksi menyerang atau Attacking Instructions. Langsung saja berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Long Pass
  • Attacking Zone : Center
  • Positioning : Flexible 
  • Support Range : 7 bar Focus Point

Penjelasan Attacking Instructions

Gaya menyerang yang akan kita terapkan disini adalah gaya menyerang dengan mengandalkan serangan balik. Serangan nantinya akan dibangun dengan menerapkan umpan-umpan panjang. 

Serangan yang diterapkan juga akan mengarah dan berfokus pada area tengah lapangan karena di lini tengah kita mempunyai 5 pemain yang akan kita andalkan dalam membangun serangan nantinya.

Para pemain juga akan membentuk Positioning secara fleksibel agar ketika melakukan serangan balik setiap pemain akan bergerak dalam mencari ruang yang kosong sehingga tim kita akan memiliki lebih banyak opsi dalam melakukan serangan.

Dengan Support Range yang diatur sebanyak 7 bar, maka penerapan jarak antar passing pemain akan cukup menjauh nantinya. Karena disini menggunakan gaya Counter Attack dengan Build Up serangan menerapkan Long pass.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Inter Milan PES 2021

Selanjutnya adalah mengatur taktik bertahannya atau Defensive Instructions. Berikut pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Center
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 8 bar Focus Point
  • Compactness : 7 bar Focus Point

Penjelasan Defensive Instructions

Gaya bertahan yang diterapkan adalah Frontline Pressure. Jadi para pemain kita akan menekan pemain lawan yang memegang bola dengan menutup pergerakan dari ruang passing si pemain lawan. Pola bertahan akan berfokus pada area tengah lapangan dengan gaya penekanan yang agresif.

Garis pertahanan yang diatur sebanyak 8 bar akan membuat para pemain menerapkan garis pertahanan yang cukup tinggi. Dan Compactness yang diatur sebanyak 7 bar akan membuat para pemain kita membentuk jarak pertahanan antarlini menjadi agak rapat.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi Inter Milan PES 2021

Hal terakhir yang kita atur adalah Advanced Instructions. Taktik yang satu ini berupa instruksi tambahan yang bisa kita atur. Jadi langsung saja berikut pengaturan Advanced Instructionsnya dibawah ini.
  • Offense 1 : Hug the Sideline
  • Offense 2 : -
  • Defense 1 : Wing Back
  • Defense 2 : -
Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa saja arti-arti yang ada pada Advanced Instructions, langsung saja bisa membaca artinya dalam link artikel yang saya berikan dibawah ini.

Selesai sudah pembahasan kita kali ini mengenai pengaturan formasi dan taktik untuk Inter Milan di PES 2021. Kalian bisa mengikuti pengaturannya yang sudah saya bahas diatas dan jangan sampai ada pengaturan yang terlewatkan ketika kalian menggunakan Inter Milan di PES 2021 nanti.

Dan jangan lupa selalu melatih skill gameplay kalian dalam bermain game Pro Evolution Soccer karena menguasai formasi saja tidak cukup efektif ketika kalian bertanding baik itu melawan teman kalian maupun computer sekalipun.

Dan kalian tidak perlu kecewa ketika kalah pada bermain bermain karena itu merupakan suatu proses dalam bermain game Pro Evolution Soccer untuk menjadi lebih baik lagi. Latihanlah lebih sering lagi dalam bermain game E-Football PES 2021 ini, dan tentunya jangan sampai lupa waktu ketika bermain game yang satu ini.

Kalian juga bisa menceritakan pengalaman kalian ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini. Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga bermanfaat



Terakhir Diperbarui : 15 Juli 2021 

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi Terbaik Inter Milan di PES 2021"