Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Tips Mengatur Formasi Terbaik AC Milan di PES 2021

Formasi Terbaik AC Milan di PES 2021

Halo para pembaca dari blog Blog BolaGawai.com. Kali ini saya akan membahas pengaturan formasi dan taktik untuk AC Milan di PES 2021. 

Sebelumnya saya sudah sempat membahas pengaturan formasi dari klub tetangga yakni Inter Milan dan kalian juga bisa membaca artikelnya di blog ini.

Karena Inter Milan sudah saya bahas, maka saat ini saya akan berkesempatan dalam membuat artikel yang membahas mengenai formasi dan taktik terbaik untuk AC Milan.

AC Milan di PES 2021 saat ini memang bukanlah klub yang memiliki pemain-pemain bintang didalamnya, maka tidak heran jarang ada yang memakai klub ini ketika bertanding bermain PES dalam menghadapi teman bermain maupun computer sekalipun. 

Namun, lain hal lagi jika kalian penggemar sejati dari klub ini maka kalian pasti akan terus menggunakan AC Milan di PES 2021.

Maka pertanyaannya adalah apakah dengan memakai AC Milan kita bisa meraih kemenangan ketika bermain PES 2021?

Jawabannya tentu saja bisa karena peluang untuk meraih kemenangan di game PES 2021 dengan AC Milan cukup besar jika kalian menerapkan formasi dan taktik yang efektif dan terbaik untuk AC Milan tentunya.

Bagaimana cara kita mengatur formasi dan taktik terbaik untuk AC Milan di PES 2021?

Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi AC Milan di PES 2021

Hal paling pertama dalam membuat sebuah formasi adalah menentukan dan mengatur sebuah polanya terlebih dahulu.

Dalam mengatur sebuah pola formasi, kita perlu melihat seperti apa komposisi pemain yang dimiliki oleh suatu klub. 

Di PES 2021, AC Milan memiliki sejumlah gelandang tengah yang cukup bagus serta lini serang yang walaupun bukan berisikan pemain bintang namun mereka mempunyai teknik dan finishing yang cukup baik.

Hal-hal seperti inilah yang harus kita manfaatkan dalam membuat sebuah pola formasi nantinya. 

Jadi apa pola formasi yang bisa kita terapkan untuk AC Milan di PES 2021 kali ini?

Jawabannya adalah pola formasi 4-2-1-3.

Kalian bisa melihat gambaran pola formasinya terlebih dahulu dibawah ini.

Formasi 4-2-1-3 AC Milan di PES 2021

Penjelasan Pola Formasi 4-2-1-3 AC Milan PES 2021

Kita bisa melihat pada gambaran pola formasi diatas bahwa kita akan menempatkan 4 pemain di lini depan. Pemain ini terdiri dari CF, RWF, LWF, dan AMF.

Center Forward akan bertugas sebagai penahan bola atau bisa dibilang sebagai Target Man didepan. 

Dengan adanya Target Man maka kedua pemain sayap yakni LWF dan RWF akan lebih mendapatkan ruang terbuka karena bek lawan akan lebih fokus terhadap pergerakan dari si pemain CF tadi.

Serangan akan difokuskan pada sisi sayap lapangan. Kedua pemain sayap ini tentunya akan dibantu oleh pemain AMF yang bertugas sebagai Support untuk lini depan dalam hal membangun serangan. 

Pemain AMF juga bisa berperan dalam menyelesaikan peluang untuk dijadikan gol dari Second Line.

Dalam hal lini tengah, ketika tim kita sedang dalam fase bertahan maka kedua gelandang yakni DMF dan CMF akan berperan sebagai pengatur lini tengah, terutama hal dalam transisi dari menyerang ke bertahan.

Ketika tim kehilangan bola, lini tengah akan lebih solid dalam bertahan karena pemain DMF akan tetap pada posisinya yakni ditengah lapangan dalam membantu pertahanan, serta pemain CMF akan membantu pemain DMF ketika sedang dalam fase bertahan.

Jika dalam fase menyerang, maka si CMF ini akan membantu lini depan dalam membangun serangan. Sehingga teknik dan stamina yang bagus harus dimiliki oleh si pemain CMF ini.

Untuk lini pertahanan dibelakang, kita akan menerapkan pola empat bek.

Kalian tinggal perlu mengatur polanya seperti gambar diatas pada gameplay PES 2021 kalian ketika menggunakan AC Milan nanti.

Pola formasi ini bisa dikatakan cukup kuat dalam membangun serangan karena terdapat satu Playmaker didepan yang tugasnya sebagai Support untuk lini serang sehingga serangan akan lebih mempunyai daya dobrak yang lebih baik dan bagus.

Kelemahan yang terdapat pada pola ini adalah ketika kalian menghadapi tim yang menggunakan 2 penyerang didepan maka bisa dipastikan akan cukup kesulitan dalam bertahan.

Karena ketika tim kita diserang oleh musuh karena pemain CMF akan sedikit terlambat kebelakang dalam membantu lini pertahanan.  

Susunan Starting Line-up Formasi 4-2-1-3 AC Milan PES 2021

Setelah mengatur pola formasinya, maka kita bisa menempatkan susunan pemainnya kedalam pola formasi yang sudah kita atur.

Susunan pemain ini sudah disesuaikan dengan komposisi terbaik pemain yang dimiliki oleh AC Milan di PES 2021. 

Jadi kalian hanya perlu mengaturnya saja seperti susunan pemain yang akan saya berikan dibawah nantinya.

Jika memang kalian merasa susunan pemain ini kurang cocok dengan gaya permainan kalian atau ada hal lain seperti kondisi panah pemain menurun maupun terdapat pemain yang cidera, maka kalian tinggal menyesuaikan saja pergantian posisi pemain dengan pola 4-2-1-3 yang sudah kita atur sebelumnya dengan cara mengganti pemain tersebut.

Langsung saja, berikut dibawah ini susunan Starting Line-up untuk pola formasi 4-2-1-3 AC Milan PES 2021.
  • G. Donnarumma (GK)
  • T. Hernandez (LB)
  • A. Romagnoli (CB)
  • S. Kjaer (CB)
  • D. Calabria (RB)
  • S. Tonali (DMF)
  • F. Kessie (CMF)
  • H. Calhanoglu (AMF)
  • A. Saelemekers (RWF)
  • A. Rebic (LWF)
  • Z. Ibrahimovich (CF)
Selesai sudah kita dalam mengatur pola formasi serta susunan Starting Line-up untuk formasi AC Milan di PES 2021. Maka selanjutnya adalah kita perlu mengatur yang namanya taktik.

Taktik yang akan kita atur ini terdiri dari 3 instruksi taktik, yaitu Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions.

Untuk pembahasan selengkapnya, simak dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi AC Milan PES 2021

Hal pertama yang akan kita atur adalah Attacking Instructions atau bisa disebut sebagai instruksi taktik menyerang.

Di sini kita perlu mengatur taktik menyerang dengan sebaik mungkin agar serangan-serangan yang akan kita lancarkan ke daerah pertahanan musuh berjalan dengan efektif.

Langsung saja berikut pengaturan Attacking Instructions Formasi AC Milan di PES 2021
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Long Pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Flexible
  • Support Range : 2 bar Focus Point

Penjelasan Attacking Instructions

Instruksi taktik menyerang yang akan kita terapkan disini adalah mengandalkan gaya menyerang dengan penguasaan bola. Karena kita memiliki 2 gelandang tengah yakni AMF dan CMF.

Calhanoglu dan Kessie mempunyai teknik kreatifitas serta fisik yang bagus. Jadi lini tengah sangat bisa diandalkan ketika kita bermain dengan  penguasaan bola.

Serangan yang dibangun akan menerapkan umpan-umpan panjang dengan area serangan yang berfokus pada sisi sayap lapangan.

Para pemain akan menerapkan Positioning Flexible, yang hal ini akan membuat pemain ketika membangun serangan, mereka akan saling mengisi posisi yang kosong dalam mencari ruang tembak. 

Dengan sifat yang fleksibel ini, kita akan menjadi lebih banyak dalam hal membuat peluang gol. Apalagi dengan adanya 4 pemain yang berada dilini depan.

Support Range yang diatur sebanyak 2 bar akan membuat pemain membentuk jarak antarpassing menjadi lebih dekat. 

Karena dengan gaya Possession Game, jarak antarlini sangatlah berpengaruh terhadap ruang Passing antarpemain.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi AC Milan PES 2021

Setelah mengatur taktik menyerang, maka selanjutnya kita perlu mengatur instruksi taktik bertahan atau disebut juga dengan Defensive Instructions.

Instruksi haruslah diatur dengan baik agar tim lawan sulit untuk menembus lini pertahanan kita dan mencetak gol ke gawang tim kita.

Langsung saja, berikut pengaturan Defensive Instructions Formasi AC Milan di PES 2021
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Center
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 5 bar Focus Point
  • Compactness : 5 bar Focus Point  

Penjelasan Defensive Instructions

Gaya bertahan yang akan kita terapkan pada formasi AC Milan disini adalah All-out Defence

Yang berarti para pemain akan langsung membentuk pola bertahan total ketika tim kita sedang kehilangan penguasaan bola atau istilahnya adalah fase bertahan.

Area bertahan pemain akan berfokus pada area tengah. Hal ini akan efektif karena sebelumnya kita sudah memasang 2 gelandang tengah yakni DMF dan CMF.

Pressure atau tekanan para pemain kita akan menerapkan gaya penekanan agresif, hal ini akan membuat pergerakan para pemain lawan kesulitan dalam membuat peluang ke gawang tim kita.

Defensive Line yang diatur sebanyak 5 bar akan membuat pemain menerapkan garis pertahanan yang seimbang, tidak terlalu dalam juga tidak terlalu tinggi.

Compactness yang diatur sebanyak 5 bar akan membuat pemain membentuk kerapatan antarlini yang tidak terlalu jauh juga tidak terlalu dekat (Bersifat Balanced).

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi AC Milan PES 2021

Terakhir, kita bisa mengatur instruksi taktik tambahan atau bisa disebut dengan Advanced Instructions. Instruksi ini lebih ke tindakan individu pemain.

Langsung saja berikut dibawah ini pengaturan Advanced Instructions Formasi AC Milan di PES 2021.
  • Offense 1 : Defensive (DMF)
  • Offense 2 : -
  • Defense 1 : -
  • Defense 2 : -
Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penjelasan instruksi-instruksi taktik yang ada di Advanced Instructions, kalian bisa membacanya dalam link artikel yang saya berikan dibawah ini.

Selesai sudah pembahasan artikel mengenai Formasi AC Milan di PES 2021. 

Kalian bisa mengikuti langkah-langkah dari pengaturan yang sudah saya berikan dalam artikel ini kedalam gameplay PES 2021 kalian ketika menggunakan AC Milan.

Dan jangan lupa selalu melatih skill gameplay kalian dalam bermain game Pro Evolution Soccer karena menguasai formasi saja tidak cukup efektif ketika kalian bertanding baik itu melawan teman kalian maupun computer sekalipun.

Kalian tidak perlu kecewa ketika kalah bermain karena itu merupakan suatu proses dalam bermain game Pro Evolution Soccer untuk menjadi lebih baik lagi. 

Latihanlah lebih sering lagi dalam bermain game E-Football PES 2021 ini, dan tentunya jangan sampai lupa waktu ketika bermain game yang satu ini.

Kalian juga bisa menceritakan pengalaman kalian ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini. Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga bermanfaat
 
 

 Terakhir Diperbarui : 18 Agustus 2021

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Tips Mengatur Formasi Terbaik AC Milan di PES 2021"