Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik Real Madrid di PES 2021

Formasi Taktik Terbaik Real Madrid PES 2021

Halo para pembaca blog BolaGawai.com. Kali ini saya ingin membahas pengaturan formasi dan taktik terhadap salah satu Klub Besar yang berasal dari ibukota negara Spanyol yakni Real Madrid. 

Dengan beberapa pemain bintang yang ada di dalam klub tersebut, para gamer PES 2021 tentunya tidak segan-segan untuk terus memakai klub yang satu ini.

Namun dengan banyaknya pemain bintang di Real Madrid tentu harus diimbangi dengan permainan yang bagus dan efektif. 

Bagaimana caranya? 

Tentu kita perlu mengatur yang namanya formasi dan taktik. Karena tanpa kedua hal ini permainan sepakbola tidak akan berjalan dengan baik, begitu pun pada saat kalian bermain PES 2021.

Lantas bagaimana caranya mengatur formasi dan taktik terbaik untuk Real Madrid di PES 2021?

Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Real Madrid di PES 2021

Hal yang pertama kali kita buat dalam mengatur sebuah formasi dan taktik di PES 2021 adalah membuat pola formasinya terlebih dahulu.

Pola formasi tentunya juga harus dilihat dari keberadaan komposisi skuad, apakah suatu tim itu mempunyai kekuatan pada sektor bek, gelandang, sayap, atau bahkan Strikernya sekalipun. 

Karena dengan menyesuaikan komposisi skuad dengan pola formasi maka permainan yang akan diterapkan akan lebih jauh efektif nantinya, baik itu ketika sedang menyerang maupun bertahan.

Jadi apa pola formasi yang bagus untuk Real Madrid di PES 2021?

Jawabannya adalah pola formasi 4-3-3.

Dengan mengaturnya ke pola formasi 4-3-3 ini, kita akan mengandalkan kekompakan dari lini tengah karena nantinya arah serangan akan berfokus pada area tengah lapangan. 

Mengapa harus dari lini tengah? 

Tentu hal ini merujuk pada 3 gelandang yang memperkuat Real Madrid di PES 2021 yakni Modric, Kroos, dan Casemiro. Ketiga gelandang ini tentunya sangat kuat dalam mengatur lini tengah, baik ketika tim sedang menyerang maupun bertahan. 

Maka dari itu kita harus memanfaatkan komposisi skuad yang dimiliki oleh Real Madrid ini dalam mengatur sebuah pola formasi.


Untuk selengkapnya kalian bisa melihat gambaran pola formasi 4-3-3 Real Madrid di bawah ini yang nantinya akan kalian atur di PES 2021.

Pola Formasi 4-3-3 Real Madrid PES 2021

Penjelasan Pola Formasi 4-3-3 Real Madrid PES 2021

Di lini depan, kita akan memasang 3 penyerang yang terdiri dari 2 CF dan 1 SS. Dengan adanya dua penyerang tengah di depan, serangan akan jauh lebih efisien karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, fokus serangan dengan pola 4-3-3 akan lebih ke area tengah lapangan. 

Tentu kedua CF ini akan dibantu oleh pergerakan pengacau terhadap lini pertahanan musuh nanti yakni 1 SS. Mereka bertigalah yang akan mengobrak-abrik lini pertahanan tim lawan.

Kemudian untuk lini tengah, kita akan memasang gelandang yakni 2 CMF dan 1 DMF

Dua pemain CMF ini akan bertugas sebagai pengalir bola dari lini tengah ke lini depan ketika tim melakukan serangan. Dan ketika tim sedang dalam fase bertahan tentu mereka akan turun ke belakang untuk membantu lini pertahanan. 

Dengan memasang 1 DMF, lini tengah akan lebih terjaga dari serangan-serangan musuh karena tugasnya gelandang bertahan adalah menjaga lini tengah ketika tim sedang fase menyerang maupun bertahan.

Lalu untuk lini belakang, kita akan menerapkan pola 4 bek yakni 2 CB serta 2 Full Back kanan dan kiri

Susunan Starting Line-up Pola Formasi 4-3-3 Real Madrid PES 2021

Setelah kita mengatur pola formasinya maka hal yang perlu kita atur selanjutnya adalah memasang susunan pemain ke pola formasi yang sudah kita atur. Langsung saja, berikut susunan pemainnya di bawah ini.
  • T. Courtouis (GK)
  • F. Mendy (LB)
  • R. Varane (CB)
  • Sergio Ramos (CB)
  • D. Carvajal (RB)
  • Casemiro (DMF)
  • T. Kroos (CMF)
  • L. Modric (CMF)
  • Isco (SS)
  • E. Hazard (CF)
  • K. Benzema (CF)
Tentu susunan pemain ini bisa berubah sewaktu-waktu ketika ada pemain yang cidera, kelelahan, atau sedang under perform. Maka dari itu kalian bisa merubah atau merotasi posisi dari setiap dengan menyesuaikannya ke pola formasi 4-3-3 yang sudah kita atur sebelumnya.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Real Madrid PES 2021

Selesai sudah kita mengatur pola formasi beserta susunan pemainnya, maka selanjutnya adalah kita harus mengatur yang namanya sebuah instruksi taktik.

Taktik pertama yang perlu kita atur ini adalah Attacking Instructions. Sebuah instruksi taktik yang akan diterapkan ketika tim dalam fase menyerang.

Langsung saja berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short Pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Flexible 
  • Support Range : 3 bar Focus Point

Penjelasan Attacking Instructions

Gaya serangan yang akan kita terapkan pada pola formasi 4-3-3 Real Madrid di PES 2021 ini adalah gaya menyerang dengan mengandalkan penguasaan bola. Build-up serangan akan menerapkan dengan cara umpan-umpan pendek.

Arah serangan nantinya akan berfokus pada area tengah. Karena kita mempunyai 3 gelandang dan 3 penyerang di tengah, maka hal tersebut akan menjadi kombinasi yang bagus dan efektif tentunya ketika tim sedang membangun serangan ke area pertahanan tim lawan.

Ketika tim dalam fase menyerang, posisi dari setiap pemain akan menerapkan Positioning fleksibel. 

Pemain akan saling mengisi dan mencari ruang-ruang kosong yang ada di lapangan. Hal ini bertujuan agar pemain bisa memanfaatkan peluang dari ruang-ruang kosong yang sudah diisi tersebut.

Support Range yang diatur sebanyak 3 bar akan membuat jarak antarlini pemain ketika membangun serangan menjadi lebih merapat atau lebih dekat. 

Karena kita membangun serangan dengan umpan-umpan pendek, maka jarak antarpemain itu harus berdekatan agar Passing bola yang dimainkan menjadi lebih akurat tentunya.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Real Madrid PES 2021

Setelah kita mengatur instruksi menyerang maka selanjutnya kita perlu mengatur juga yang namanya instruksi bertahan atau Defensive Instructions

Instruksi taktik dalam bertahan harus diatur dengan efektif agar serangan dari tim lawan bisa kita tahan dengan baik.

Langsung saja berikut pengaturan instruksinya di bawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Centre
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 3 bar Focus Point
  • Compactness : 6 bar Focus Point

Penjelasan Defensive Instructions

Gaya bertahan yang akan kita terapkan di sini adalah bertahan dengan cara menekan serta menutup pergerakan dari pemain lawan yang sedang membawa bola. 

Pola bertahan akan berfokus pada area tengah dengan penekanan terhadap lawan dilakukan secara agresif.


Garis pertahanan yang diatur sebanyak 3 bar akan membuat pemain dari tim kita menerapkan garis pertahanan yang cukup dalam dan Compatcness yang diatur sebanyak 6 bar akan membuat para pemain menerapkan pola bertahan dengan jarak antarlini pemain menjadi agak merapat.

Pembahasan Mengatur Advanced  Instructions Formasi Real Madrid PES 2021

Setelah kita mengatur kedua taktik menyerang dan bertahan, maka kita perlu mengatur sebuah instruksi tambahan agar taktik menyerang dan bertahan yang sudah diatur tadi menjadi lebih efektif dan kuat tentunya bagi pola formasi 4-3-3 Real Madrid di PES 2021 ini. 

Untuk itulah kita perlu mengatur yang namanya Advanced Instructions.

Langsung saja berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Offense 1 : Centring Target
  • Offense 2 : Wing Rotation
  • Defense 1 : Swarm the Box
  • Defense 2 : Counter Target (CF sebelah kiri)
Jika kalian ingin mengetahui mengenai penjelasan apa saja yang ada di Advanced Instructions pada PES 2021 ini, kalian bisa membaca penjelasan selengkapnya pada link artikel di bawah.


Selesai sudah pembahasan kita mengenai pengaturan formasi dan taktik untuk Real Madrid di PES 2021 kali ini. Kalian bisa langsung menerapkannya pada gameplay PES 2021 ketika kalian sedang menggunakan Real Madrid nanti.

Tentu sebuah formasi dan taktik yang bagus bukan jaminan untuk mendapatkan kemenangan langsung ketika kalian bermain PES 2021. 

Di perlukan juga yang namanya skill gameplay miliki kalian. Maka dari itu kombinasikanlah Skill dengan pengaturan formasi terbaik agar kalian mendapatkan kemenangan ketika kalian bermain Game Pro Evolution Soccer.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Kalian juga bisa menceritakan pengalaman kalian ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini. 

Perlu diperhatikan juga kepada kalian bahwa jangan sampai lupa waktu ketika bermain PES 2021 ini. Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik Real Madrid di PES 2021"