Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Football Manager Mobile 2022 Tactic : Pengaturan Formasi Taktik Terbaik Manchester United

FMM22 Tactic : Best Formation Tactic of Manchester United

Halo para pembaca blog dari BolaGawai.com. Untuk penulisan artikel kali ini, saya akan membahas mengenai pengaturan formasi dan taktik terbaik untuk Manchester United di Football Manager Mobile 2022.

Sangat penting bagi kita untuk mengatur yang namanya sebuah formasi dan taktik di dalam permainan Football Manager Mobile 2022. Karena, tanpa adanya sebuah taktik dan formasi yang baik, maka tim yang akan kita tangani di FMM22 akan sangat kesulitan dalam meraih kemenangan di pertandingan.

Maka dari itu, mengatur sebuah formasi dan taktik yang baik serta efektif dalam suatu tim merupakan kewajiban yang perlu dilakukan dalam bermain FMM22.

Sesuai dengan judul artikel ini, maka saya akan membahas mengenai pengaturan formasi dan taktik untuk salah satu klub Inggris yang cukup populer di dunia sepakbola yakni Manchester United.

Jika dari kalian yang sering memakai Manchester United di Football Manager Mobile 2022 dan kalian merasa kesulitan dalam mengatur formasi taktik yang bagus serta efektif untuk tim yang satu ini, maka artikel yang saya tulis ini bisa kalian jadikan solusi untuk permasalahan yang kalian hadapi tersebut.

Mengapa?

Karena kita akan membahas dengan lengkap cara mengatur formasi dan taktik terbaik untuk Manchester United di FMM22 pada artikel ini.

Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

FMM22 Tactic : Pengaturan Pola Formasi dan Role Pemain

Hal pertama kali yang perlu kita atur dalam mengatur sebuah taktik di Football Manager Mobile 2022 adalah mengatur pola formasi dan role pemainnya.

Untuk pengaturan pola formasi yang kita terapkan untuk Manchester United di FMM22 ini, kita akan menggunakan pola formasi 4-2-3-1 dengan role pemainnya yang bisa kalian lihat pada pengaturan di bawah berikut.
  • Sweeper Keeper (SK)
  • Wing Back (WB)
  • Ball Playing Defender (BPD)
  • Central Defender (CD)
  • Wing Back (WB)
  • Central Midfielder (CM)
  • Box to Box Midfielder (BBM)
  • Attacking Midfielder (AM)
  • Inside Forward (IF)
  • Inverted Winger (IW)
  • Target Forward (TF)
Adapun gambaran polanya bisa kalian lihat di bawah ini.

FMM22 Tactic : Pola Formasi dan Role Pemain

FMM22 Tactic : Pengaturan Pola Permainan Tim (Shape)

Setelah kita mengatur pola formasi serta role pemainnya, maka selanjutnya kita perlu mengatur bentuk pola permainan dalam tim atau Shape. Berikut pengaturannya di bawah ini.

FMM22 Tactic : Shape
  • Team Mentality : Control
  • Width : Narrow
  • Tempo : Fast
  • Creative Freedom : Expressive
Dengan pengaturan di atas, maka pola permainan yang dibentuk akan lebih mengedepankan pada mentalitas menyerang. 

Serangan-serangan yang dijalankan akan menerapkan tempo cepat dan jarak antarlini pemain ketika melakukan serangan akan membentuk kompaksi yang rapat dengan pengaturan yang ekspresif terhadap kebebasan dalam berkreatifitas.

FMM22 Tactic : Pengaturan Pola Pertahanan (Defence)

Taktik kedua yang perlu kita atur adalah pengaturan pola pertahanan. Pengaturan pola Defence sangat penting untuk kita atur agar bentuk pertahanan tim menjadi lebih solid dalam menghadapi upaya-upaya serangan yang dilancarkan oleh tim lawan ke daerah pertahanan tim kita.

Berikut pengaturannya di bawah ini.

FMM22 Tactic : Defence
  • Defensive Line : High
  • Closing Down : All Over
  • Tackling : Normal
  • Offside Trap : Yes
  • Time Wasting : No
Dengan pengaturan di atas, maka pola pertahanan akan dibentuk dengan menerapkan garis pertahanan yang tinggi. Hal ini untuk menyesuaikan mentalitas bermain yang kita terapkan pada taktik Shape sebelumnya yakni Control/Menyerang.

Lalu pengaturan Closing Down (Menekan/Pressing) dengan penerapan All Over serta pengaturan Tackling yang normal akan membuat para pemain langsung bergerak cepat dalam menutup pergerakan dari pemain lawan yang sedang memegang bola tanpa melakukan tackle yang agresif.

FMM22 Tactic : Pengaturan Pola Penyerangan (Attack)

Setelah bentuk pola permainan dan pola bertahan selesai diatur, maka taktik terakhir yang harus kita atur adalah pola penyerangan (Attack).

Dalam hal penyerangan, tentunya fase-fase seperti Build Up, progresi, serta kreasi serangan harus bisa diatur dengan sebaik mungkin agar serangan yang dilancarkan terhadap tim lawan menjadi lebih baik dan efektif sehingga peluang untuk mendapatkan kemenangan akan menjadi jauh lebih besar tentunya.

Langsung saja, berikut pengaturannya di bawah ini.

FMM22 Tactic : Attack
  • Final Third : Early Crosses, Run at Defence
  • Passing Style : Short 
  • Passing Focus : Mixed
  • Goalkeeper Distribution : Mixed
Dengan pengaturan diatas, maka serangan di sepertiga lapangan akan lebih mengutamakan umpan-umpan Crossing serta lebih sering mendribbling bola ke jantung pertahanan tim lawan. 

Hal ini bertujuan untuk membuat progresi menyerang yang cepat tentunya. Sehingga peluang mencetak gol akan menjadi lebih besar.

Umpan-umpan yang diberikan tentunya adalah umpan-umpan pendek dan fokus dari umpan tersebut bisa dari sisi tengah lapangan maupun sisi sayap permainan.

Selesai sudah kita mengatur pola formasi dan taktik untuk Manchester United di Football Manager Mobile 2022.

Selanjutnya adalah kita perlu menguji taktik ini di game FMM22 tentunya dengan menggunakan Manchester United. Adapun pengujian taktik ini akan saya ambil hasilnya dari 10 laga pertandingan di kompetisi resmi yang akan saya coba di save data milik saya dalam game FMM22 dengan menggunakan Manchester United.

Berikut hasil pengujian taktiknya di bawah ini.

FMM22 Tactic : Hasil dari Pengujian Taktik

FMM22 Tactic : Hasil dari Pengujian Taktik

Bisa dilihat dari gambaran di atas bahwa dari 10 pertandingan di kompetisi resmi, taktik ini dapat dikatakan sangat produktif sekali dalam urusan mencetak gol.

Dari 7 match yang sudah dijalani pada pertandingan liga Inggris, Manchester United memasukkan 21 gol ke gawang lawan dan baru kemasukkan 6 gol. Dan untuk kompetisi Piala Liga Inggris dan UCL, Manchester United juga selalu bisa mencetak gol dan meraih kemenangan.

FMM22 Tactic : Hasil Statistik Pemain dari Pengujian Taktik

Dengan adanya hasil-hasil dari pertandingan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa formasi dan taktik ini memiliki beberapa hal positif dan negatif.

Hasil Positif

  • Dengan menggunakan taktik ini, maka lini depan akan menjadi jauh lebih cair dalam melakukan permainan kombinasi di Final Third. Sehingga, produktivitas gol di lini depan menjadi lebih produktif.
  • Semua gol yang dilesakkan rata-rata dari pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah, penyerang sayap, dan gelandang serang.
  • Dengan taktik ini, lini pertahanan akan lebih sulit ditembus karena taktik ini memanfaatkan kerapatan di setiap jarak antarlini pemain. 

Hasil Negatif

  • Lini tengah dan lini pertahanan akan lebih mudah diekspos jika tim lawan mempunyai Striker serta gelandang serang yang mempunyai teknik dan kecepatan yang bagus.  Dikarenakan taktik ini tidak menempatkan seorang pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan, lalu dua Wing Back yang maju biasanya agak telat untuk turun dalam membantu lini pertahanan. Counter Attack cepat dari tim lawan bisa dikatakan menjadi kelemahan dari taktik yang satu ini.
Berikut hasil positif dan hasil negatif jika menggunakan pengaturan formasi dan taktik ini untuk Manchester United di Football Manager Mobile 2022 dalam save data milik kalian.

Semua sudah saya uji di dalam save data milik saya dan tentunya hal tersebut tanpa memakai Save dan Load. Semua hasil yang didapatkan hanya dari satu kali bermain saja. 

Jika kalian ingin mencoba taktik ini di FMM22, kalian bisa mengujinya sendiri di savean kalian dengan mengikuti pengaturan-pengaturan yang sudah saya berikan di atas. 

Perlu diketahui bahwa mungkin hasil berbeda bisa saja kalian dapatkan karena semua tergantung dari hasil Match Engine di dalam game FMM22 tentunya.

Walaupun begitu, kalian bisa juga untuk mencoba taktik ini terlebih dahulu pada pertandingan Friendly atau pertandingan melawan tim-tim kecil.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Silahkan untuk mencoba taktik ini dan jangan lupa juga untuk memberikan pendapat mengenai pengaturan taktik ini dengan menulis komentar di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


Post a Comment for " Football Manager Mobile 2022 Tactic : Pengaturan Formasi Taktik Terbaik Manchester United"