Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Variasi Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Bertahan Terbaik di PES 2021

Variasi Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Bertahan Terbaik di PES 2021

Halo para pembaca blog BolaGawai.com. Pada pembahasan artikel kali ini, saya akan membahas pengaturan formasi bertahan terbaik di PES 2021

Nah, jika kalian yang sampai saat ini sedang kesulitan dalam mencari-cari pola formasi serta taktik bertahan apa yang bagus untuk diterapkan ke dalam gameplay PES 2021 milik kalian maka artikel ini mungkin bisa menjadi solusi bagi kalian karena pembahasannya akan mengarah kepada topik tersebut yakni formasi bertahan terbaik di PES 2021.

Pembahasan artikel ini tentunya akan dibagi menjadi 4 poin pembahasan yakni :
  1. Pengaturan Pola Formasi
  2. Pengaturan Attacking Instructions
  3. Pengaturan Defensive Instructions
  4. Pengaturan Advanced Instructions
Keempat poin di atas merupakan hal yang perlu diatur dengan sebaik mungkin agar nantinya formasi dan taktik yang diterapkan ini bisa berjalan efektif di dalam pertandingan nantinya.

Langsung saja berikut pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengaturan Pola Formasi Bertahan Terbaik di PES 2021

Hal pertama yang harus kita lakukan dalam mengatur sebuah formasi adalah mengatur pola formasinya terlebih dahulu.

Dalam mengatur pola formasi tentunya kita perlu menyesuaikannya dengan taktik permainan, apakah itu taktik bertahan atau taktik menyerang. 

Karena topik pembahasan artikel ini adalah pengaturan formasi bertahan terbaik di PES 2021 maka otomatis taktik yang kita terapkan adalah taktik bertahan.

Dengan menyesuaikan pola formasi dan taktik bermain maka keseimbangan pola permainan yang dibangun akan lebih berjalan dengan sinkron dan efektif.

Lalu pola formasi apa yang akan kita gunakan?

Pola formasi yang akan digunakan pada formasi bertahan terbaik di PES 2021 ini adalah pola formasi 5-2-2-1.

Kalian bisa melihat gambaran pola formasinya di bawah ini.

Variasi Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Bertahan Terbaik di PES 2021 (Pola Formasi 5-2-2-1)

Penjelasan Pola Formasi

Dalam mengatur sebuah formasi bertahan yang baik tentunya kita perlu menempatkan banyak pemain di lini pertahanan supaya tim lawan sulit dalam melakukan serangan ke area pertahanan dari tim kita.

Kalian bisa melihat bahwa dengan menggunakan pola formasi 5-2-2-1 ini jelas sekali di lini belakang akan menempatkan pola 5 bek dengan 2 Midfielder di depannya.

Ketika tim kita tidak sedang dalam menguasai bola atau bertahan maka ketujuh pemain ini akan langsung turun ke bawah untuk mencegah progresi yang dilakukan oleh tim lawan terhadap pertahanan tim kita. 

Dan pertahanan tim akan menjadi lebih sulit untuk ditembus tentunya karena adanya penempatan pemain yang banyak di lini pertahanan.

Jika pertahanannya sudah kuat maka serangannya juga harus lebih kuat. Untuk itulah kita menempatkan tiga pemain yang tipikalnya menyerang di depan.

Ketika tim kita sudah bisa menguasai bola maka serangan akan berfokus pada pemain-pemain yang berada di area sayap. Pemain RMF, LMF, dan CF inilah yang akan melakukan penetrasi-penetrasi ke area pertahanan dari tim lawan ketika kita sudah menguasai bola nantinya.

Melihat fokus serangan yang bertumpu pada area sayap, maka pemain Full Back (baik kanan atau kiri) yang tadinya bertahan akan langsung ikut membantu serangan. 

Tentu tugas utama dari kedua Full Back ini adalah mensupport pemain LMF dan RMF yang sedang melakukan penetrasi tadi.

Dengan adanya pemain Full Back yang maju baik itu LB dan RB, bisa dipastikan area yang ditinggalkan oleh kedua pemain ini akan terjadi kekosongan posisi. 

Namun kita tidak perlu terlalu khawatir karena sebelumnya kita sudah menempatkan 3 bek di belakang dan pemain yang berposisi sebagai DMF ini nantinya akan selalu tetap Maintain di belakang untuk membantu dan menjaga area pertahanan. 

Sehingga area pertahanan dari tim kita akan tetap terjaga keseimbangannya dalam melakukan Defence.

Pengaturan Attacking Instructions Formasi Bertahan Terbaik di PES 2021

Setelah kita selesai mengatur pola formasinya maka hal selanjutnya yang harus kita atur adalah instruksi taktiknya.

Instruksi taktik pertama yang harus kita atur adalah Attacking Instructions

Attacking Instructions ini adalah sebuah instruksi taktik yang kita berikan terhadap pemain ketika sedang menyerang atau menguasai bola di lapangan.

Walau topik pembahasan artikel ini mengenai formasi bertahan terbaik namun taktik menyerang yang diatur haruslah sama baiknya. 

Jadi pola formasi bertahan dengan taktik menyerang tentu harus diatur dengan baik dan benar.

Langsung saja berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Maintain Formation 
  • Support Range : 10 bar Focus Point

Penjelasan Attacking Instructions

Bisa kita lihat pada pengaturan di atas bahwa pola serangan yang akan diterapkan adalah pola permainan menyerang dengan tipe penguasaan bola yang di Build Up menggunakan umpan-umpan pendek.

Serangan nantinya akan berfokus pada area tengah lapangan. Bentuk posisi dari setiap pemain ketika sedang melakukan serangan nantinya akan bersifat Maintain/Tetap

Jadi, pemain akan tetap pada posisinya masing-masing ketika tim sedang dalam fase menyerang/menguasai bola.

Support Range yang diatur sebanyak 10 bar akan menginstruksikan kepada pemain untuk membuat jarak antarlini pemain menjadi lebih lebar ketika sedang melakukan progresi serangan.

Pengaturan Defensive Instructions Formasi Bertahan Terbaik di PES 2021

Instruksi taktik selanjutnya yang perlu kita atur adalah Defensive Instructions. Pengaturan instruksi ini nantinya akan diterapkan oleh para pemain ketika mereka sedang tidak memegang bola (fase bertahan).

Karena topik utama kita adalah formasi bertahan terbaik maka instruksi taktik ini harus ditatur dengan baik dan benar.

Lalu bagaimana pengaturannya?

Kalian bisa melihat pengaturannya di bawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Wide
  • Pressure : Conservative
  • Defensive Line : 6 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point

Penjelasan Defensive Instructions

Pola bertahan yang akan kita terapkan di sini adalah All-out Defence

Artinya ketika tim kita sedang tidak menguasai bola/sedang bertahan maka para pemain akan langsung turun ke lini pertahanan dengan membentuk pola bertahan total.

Bentuk Pressing terhadap pemain lawan yang akan diterapkan bersifat Conservative yakni para pemain tidak akan terlalu menekan pemain lawan secara frontal sehingga bentuk pola pertahanan akan tetap terjaga.

Lalu, Containment Area yang diatur dengan pilihan Wide akan membuat para pemain kita untuk mendorong pemain lawan yang sedang memegang bola terpaksa bermain di lebar lapangan. 

Hal ini akan membuat lini tengah dari tim kita menjadi sulit ditembus.


Defensive Line yang diatur sebanyak 6 bar akan membuat bentuk garis pertahanan menjadi agak tinggi sedikit. 

Dan Compactness yang diatur sebanyak 8 bar akan membuat pemain membentuk kerapatan dari jarak antarlini pemain ketika bertahan menjadi lebih rapat. Hal ini akan membuat pertahanan akan semakin rapat dan tertutup sehingga lini belakang menjadi sulit ditembus oleh pemain lawan.

Pengaturan Advanced Instructions Formasi Bertahan Terbaik di PES 2021

Setelah kita mengatur instruksi menyerang dan instruksi bertahan, maka kita perlu mengatur yang namanya  Advanced Instructions

Langsung saja berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Offense 1 : Hug the Touchline
  • Offense 2 : Defensive (DMF)
  • Defense 1 : Deep Defensive Line
  • Defense 2 : -
Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa saja arti-arti yang ada pada Advanced Instructions, kalian bisa membaca artinya dalam link artikel yang saya berikan di bawah ini.


Selesai sudah pembahasan kita pada artikel yang saya buat ini. Pengaturan formasi dan taktik ini bisa kalian gunakan dan coba di Gameplay PES 2021 yang kalian mainkan. Bisa dipastikan formasi ini cukup kuat dalam bertahan serta lumayan bagus juga dalam hal menyerang.

Tentu kemenangan dalam bermain PES 2021 bukan hanya menguasai Formasi dan Taktiknya saja namun Skill Gameplay juga sangat berpengaruh. 

Maka dari itu, kalian juga perlu memperbanyak latihan gameplay serta mengatur formasi dan taktik yang bagus dan efektif. Dan jangan sampai lupa waktu ketika kalian bermain game yang satu ini.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Kalian juga dapat menceritakan pengalaman kalian ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini. Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Variasi Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Bertahan Terbaik di PES 2021"