Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi Terbaik untuk Atalanta di PES 2021

Formasi Terbaik Atalanta PES 2021

Halo para pembaca Blog BolaGawai.com. Pada pembahasan artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengatur sebuah formasi dan taktik yang bagus serta efektif untuk Atalanta di PES 2021.

Mengingat Atalanta tidak memiliki pemain-pemain bintang, maka wajar saja jika klub ini jarang digunakan oleh para gamer PES ketika bertanding. 

Namun, dengan adanya sebuah pengaturan formasi dan taktik yang optimal maka peluang untuk mendapatkan kemenangan ketika menggunakan Atalanta di PES 2021 menjadi jauh lebih besar.

Penasaran bagaimana cara mengatur formasi dan taktik untuk Atalanta di PES 2021 ini?

Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Atalanta di PES 2021

Dalam mengatur sebuah formasi dan taktik maka sudah menjadi kewajiban bahwa pola formasi merupakan pengaturan pertama yang harus diatur terlebih dahulu.

Jadi apa pola formasi yang akan digunakan untuk Atalanta ini?

Pola formasi yang akan digunakan adalah pola formasi 3-2-3-2.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambaran polanya di bawah ini.

Formasi Terbaik Atalanta PES 2021 (Pola Formasi 3-2-3-2)

Penjelasan Pola Formasi

Untuk daerah pertahanan, kita akan menggunakan pola 3 bek. Tujuannya adalah untuk merapatkan lini belakang agar pertahanan menjadi lebih sulit untuk ditembus oleh serangan tim lawan.

Dan untuk lini tengah, pola formasi 3-2-3-2 ini akan menempatkan 5 gelandang. Hal ini bertujuan untuk memadatkan area tengah lapangan agar tim lawan menjadi lebih sulit ketika melakukan progresi di area tengah lapangan.

Kemudian untuk lini depan, kita akan menempatkan 2 penyerang tengah yakni CF dan SS. Tugas dari pemain yang berposisi sebagai Second Striker ini adalah sebagai support untuk pemain Centre Forward di depan.

Dalam formasi 3 bek, tentunya kedua sisi yang biasanya ditempati oleh pemain LB dan RB akan menjadi kosong sehingga kedua sisi tersebut menjadi rentan untuk diserang oleh pemain lawan. Namun, hal ini bisa teratasi tentunya karena  pemain yang berposisi sebagai LMF dan RMF nantinya akan turun ke bawah untuk menempati kedua sisi tersebut ketika tim sedang bertahan.

Susunan Starting Line-up Pola Formasi 3-2-3-2 Atalanta PES 2021

Setelah mengatur pola formasinya, selanjutnya kita perlu juga untuk memasang pemain-pemain mana saja yang akan ditempatkan ke dalam pola formasi 3-2-3-2 yang sudah diatur sebelumnya.

Langsung saja berikut susunan pemainnya di bawah ini.
  • M. Sportiello (GK)
  • M. Caldara (CB)
  • Rafael Toloi (CB)
  • B. Djimsiti (CB)
  • M. De Roon (CMF)
  • R. Freuler (CMF)
  • R. Gosens (LMF)
  • H. Hateboer (RMF)
  • M. Pasalic (AMF)
  • J. Ilicic (SS)
  • D. Zapata (CF)
Karena susunan ini tidak bisa dijadikan sebagai sebuah ketetapan maka susunan pemain yang saya berikan ini tentunya bisa Anda ubah dan sesuaikan menurut pandangan Anda juga, mana yang baik dan bagus.  

Bisa saja ada hal-hal yang tidak terduga sehingga susunan pemain harus diubah. Misalnya ada pemain yang cidera, panah dari performa pemain menurun ke bawah, akumulasi kartu, dan lain-lain.

Jadi Anda tinggal menyesuaikan pola formasinya untuk Atalanta di PES 2021 ini dengan mengatur sesuai gambaran pola formasi beserta susunan pemainnya yang sudah saya berikan sebelumnya.

Setelah selesai mengatur sebuah pola formasi beserta susunan pemainnya maka selanjutnya kita perlu mengatur Instruksi Taktik. Instruksi taktik di PES 2021 ini terdiri dari 3 instruksi yakni Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Atalanta PES 2021

Pertama adalah kita akan mengatur yang namanya Attacking Instructions atau Instruksi Menyerang. Taktik ini akan diterapkan ketika tim sedang menguasai bola. 

Tentunya antara instruksi menyerang diterapkan dengan pola formasi yang digunakan harus saling menyesuaikan agar formasi dan taktik yang dijalankan dalam permainan nanti bisa berjalan dengan efektif.

Lantas bagaimana pengaturan Attacking Instructions untuk Atalanta di PES 2021? Berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Flexible 
  • Support Range : 3 bar Focus Point

Penjelasan Attacking Instructions

Dengan melihat pengaturan di atas, maka taktik ini akan menerapkan gaya permainan menyerang dengan mengandalkan serangan balik atau Counter Attack.

Dengan Counter Attack maka pemain akan melakukan progresi serangan secara cepat ketika bola sudah dikuasai. Pemain akan melakukan penetrasi-penetrasi melalui kedua sisi Flank

Nantinya gaya menyerang dengan Counter Attack ini akan dibangun dengan cara memainkan umpan-umpan pendek. Pemain akan membangun serangannya dengan perlahan dan bertahap.

Attacking Zone dengan pilihan Wide ini memungkinkan area serangan akan berfokus dari samping atau area lebar lapangan pada bagian sisi kanan dan kiri. Tentunya pemain seperti Hateboer serta Gosens akan cocok dengan instruksi ini karena kemampuan mereka dalam melakukan penetrasi di sisi sayap sangatlah baik.

Pemilihan Flexible pada bagian pengaturan Positioning akan membuat posisi dari tiap pemain berpindah dan bergerak secara dinamis. Sehingga pemain akan meninggalkan posisi yang seharusnya mereka tempati ketika tim sedang dalam fase menyerang.

Dengan Support Range yang diatur sebanyak 3 bar akan membuat jarak antarlini pemain ketika menyerang menjadi lebih rapat/Narrow.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Atalanta PES 2021

Kemudian hal kedua yang perlu kita atur adalah instruksi taktik bertahan atau Defensive Instructions. Pertahanan yang solid akan membuat tim lawan mengalami kesulitan ketika mereka melakukan progresi ke daerah pertahanan dari tim Anda.

Instruksi taktik bertahan perlu diatur sesuai dengan pola formasi yang sudah diatur sebelumnya agar taktik bertahan bisa diterapkan dengan efektif.

Lalu, apa pengaturan Defensive Instructions untuk Atalanta di PES 2021 ini?

Berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Centre
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 9 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point

Penjelasan Defensive Instructions

Dengan mengatur instruksi taktik bertahan ini maka gaya bertahan yang akan kita terapkan adalah gaya bertahan dengan cara melakukan High Pressure terhadap pemain lawan yang sedang menguasai bola sambil menutup pergerakan dari pemain lawan.

Bentuk pola pertahanan akan berfokus pada area tengah lapangan. Jadi pemain akan menutup seluruh area tengah lapangan yang di mana hal ini akan membuat pemain lawan akan kesulitan dalam mengalirkan bola di daerah pertahanan dari tim Anda.

Dengan Defensive Line yang diatur sebanyak 9 bar, maka garis pertahanan tinggi akan diterapkan oleh lini belakang. Dan untuk Compactness yang diatur sebanyak 8 bar, maka kerapatan serta jarak antar lini pemain ketika bertahan akan membentuk pola pertahanan yang sangat rapat.

Pembahasan Mengatur Advanced  Instructions Formasi Atalanta PES 2021

Di sini, kita tidak hanya mengatur taktik menyerang dan bertahan saja, namun kita perlu juga untuk menambahkan instruksi-instruksi taktik tambahan juga pada formasi 3-2-3-2 yang sudah kita atur.

Adapun instruksi taktik ini dinamakan Advanced Instructions. Dengan mengatur Advanced Instructions maka pola formasi, taktik menyerang , dan taktik bertahan yang sudah diatur sebelumnya akan semakin menjadi jauh lebih kuat.


Sehingga kita tentunya perlu mengatur Advanced Instructions ini dengan menyesuaikannya dari pengaturan pola formasi serta instruksi taktik menyerang dan bertahan yang sudah diatur sebelumnya.

Apa pengaturannya?

Silahkan untuk langsung melihat pengaturan Advanced Instructions di bawah ini.
  • Offense 1 : Hug the Sideline
  • Offense 2 : Wing Rotation
  • Defense 1 : Wing Back
  • Defense 2 : Counter Target (SS)
Jika Anda ingin mengetahui penjelasan apa saja yang ada di Advanced Instructions pada PES 2021 ini, maka Anda bisa membaca penjelasan selengkapnya pada link artikel di bawah.


Selesai sudah pembahasan artikel mengenai pengaturan formasi dan taktik untuk Atalanta di PES 2021 kali ini. Anda bisa langsung menerapkannya pada gameplay PES 2021 ketika Anda sedang menggunakan Atalanta nanti.

Formasi dan taktik memang bukan jaminan untuk mendapatkan kemenangan langsung ketika Anda bermain PES 2021. Diperlukan juga yang namanya skill gameplay dalam bermain PES 2021. 

Jadi, Anda perlu juga menyeimbangkan kedua faktor ini di dalam permainan nantinya. Sehingga kemenangan akan menjadi lebih besar untuk diraih ketika bermain game PES 2021.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Anda juga bisa menceritakan pengalaman Anda ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini. Perlu diperhatikan juga bahwa jangan sampai Anda lupa waktu ketika bermain PES 2021 ini. Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Cara Mengatur Formasi Terbaik untuk Atalanta di PES 2021"