Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik Borussia Dortmund di PES 2021

Formasi Taktik Terbaik Borussia Dortmund PES 2021

Halo para pembaca blog BolaGawai.com, kali ini saya akan membahas artikel mengenai pengaturan formasi dan taktik terbaik untuk Borussia Dortmund di PES 2021.

Sayang sekali karena Dortmund tidak memiliki lisensi resmi di PES 2021, sehingga kalian perlu menggunakan option file atau patch tambahan agar tim ini bisa dimainkan di PES 2021 milik Anda.

Nah, jika Anda sudah mempunyai Borussia Dortmund di PES 2021 maka alangkah baiknya Anda juga perlu mengetahui seperti apa pengaturan formasi dan taktik yang bagus untuk tim ini. Tentunya dengan adanya formasi dan taktik maka peluang Anda untuk memenangkan pertandingan ketika menggunakan Dortmund di PES 2021 bisa menjadi lebih besar.

Lantas bagaimana cara mengatur formasi dan taktiknya?

Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Borussia Dortmund di PES 2021

Dalam mengatur sebuah formasi dan taktik di PES 2021, hal pertama yang harus Anda atur adalah sebuah pola formasi.

Untuk itu, pola formasi yang akan digunakan pada Borussia Dortmund di PES 2021 ini adalah pola formasi 4-1-2-3. Mengenai gambaran pola formasinya, bisa Anda lihat di bawah.

Pola Formasi 4-1-2-3 Borussia Dortmund PES 2021

Penjelasan Pola Formasi

Dengan menggunakan pola formasi 4-1-2-3 ini, maka lini depan tentunya akan ditempati oleh 3 pemain yang bertipikal menyerang yakni RWF, LWF, dan CF. Bisa dikatakan bahwa pola formasi ini nantinya akan mengandalkan serangan-serangan dari pemain sayap serta mengandalkan seorang CF yang mempunyai peran sebagai Finisher di depan.

Untuk lini tengah ini akan ditempati oleh tiga pemain gelandang yakni AMF, CMF, dan DMF. Ketiga Midfielder ini tentunya mempunyai perannya masing-masing.

Pemain AMF akan bertugas sebagai Support serangan di lini depan sehingga 3 pemain depan akan mendapatkan tenaga tambahan dalam melakukan serangan ke area pertahanan tim lawan. Kemudian, pemain CMF akan bertugas sebagai distributor bola dari lini belakang ke lini depan. Dan untuk pemain DMF, ia akan memiliki peran vital terhadap keberlangsungan dalam lini pertahanan tim karena pemain ini mempunyai tugas sebagai perebut bola di lini tengah.

Kemudian untuk lini belakang, pola 4 bek akan diterapkan seperti biasanya dengan menempatkan 2 Full Back dan 2 Center Back.

Susunan Starting Line-up Pola Formasi 4-1-2-3 Borussia Dortmund PES 2021

Setelah Anda mengatur pola formasinya maka Anda perlu menempatkan siapa saja pemain-pemain yang akan mengisi setiap posisi dalam pola tersebut.

Berikut susunan pemainnya di bawah ini.
  • M. Hitz (GK)
  • R. Guerreiro (LB)
  • M. Akanji (CB)
  • M. Hummels (CB)
  • T. Meunier (RB)
  • A. Witsel (DMF)
  • J. Brandt (CMF)
  • T. Hazard (AMF)
  • J. Sancho (RWF)
  • M. Reus (LWF)
  • E. Haaland (CF)
Susunan pemain tentunya bisa Anda ubah jika dirasa tidak sesuai dengan kebutuhan tim. Misalnya seperti adanya panah moral pemain yang kurang bagus, pemain yang cidera, akumulasi kartu, serta Anda sudah mempunyai Patch terbaru sehingga transfer pemain juga sudah mengikuti musim yang baru. Semua keputusan tergantung dari Anda sendiri sebagai gamer PES.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Borussia Dortmund PES 2021

Setelah mengatur pola formasi beserta susunan pemainnya, maka selanjutnya adalah Anda perlu mengatur instruksi taktiknya. Instruksi taktik pertama yang akan diatur adalah Attacking Instructions

Attacking Instructions tentunya akan diterapkan oleh para pemain ketika mereka sedang menguasai bola. Instruksi ini harus bisa diatur sebaik mungkin agar pola serangan yang akan dibangun oleh tim bisa berjalan dengan efektif.

Langsung saja, berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation 
  • Support Range : 1 bar Focus Point

Penjelasan Attacking Instructions

Gaya menyerang yang diterapkan akan mengacu pada gaya menyerang dengan basis Possession Game atau penguasaan bola. Dengan instruksi taktik ini, maka pemain akan membangun serangan dengan menggunakan umpan-umpan pendek.

Fokus serangan nantinya akan berpusat pada sisi lebar lapangan atau sisi Flank. Dengan adanya penempatan 2 pemain sayap yang memiliki teknik dan kecepatan yang baik, maka hal ini akan menjadi sebuah pola serangan yang sangat bagus tentunya. Terutama pada sisi permainan sayap.

Dengan pilihan Maintain Formation, maka para pemain tetap mempertahankan bentuk permainan dalam segi pola formasi yang sudah diterapkan.

Kemudian, dengan diaturnya Support Range sebesar 1 bar, maka jarak antarlini pemain akan menjadi lebih rapat (Narrow) dalam hal membangun serangan.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Borussia Dortmund PES 2021

Setelah mengatur Attacking Instructions, maka selanjutnya adalah Anda perlu mengatur Defensive Instructions atau Instruksi Taktik Bertahan.

Dengan mengatur pola bertahan yang kuat maka tim lawan tentunya akan sangat kesulitan dalam menembus pertahanan tim Anda.

Langsung saja, berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Centre
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 5 bar Focus Point
  • Compactness : 5 bar Focus Point

Penjelasan Defensive Instructions

Gaya bertahan dengan pilihan Frontline Pressure ini akan membuat pemain untuk berusaha menekan atau melakukan Pressure terhadap pemain lawan yang sedang menguasai bola dengan tinggi.

Kemudian, pemosisian pemain ketika bertahan akan mengarah ke tengah. Hal ini bertujuan agar pemain lawan yang sedang menguasai bola diarahkan untuk masuk ke area tengah agar bola mudah direbut oleh pemain kita karena sebelumnya kita sudah menempatkan 2 gelandang di area tengah yang sangat siap dalam merebut serta memenangkan bola tersebut.

Garis pertahanan dan kerapatan antarlini pemain ketika bertahan yang diatur masing-masing sebanyak 5 bar akan membuat kedua kategori instruksi tersebut bisa dikatakan seimbang.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi Borussia Dortmund PES 2021

Instruksi taktik terakhir yang akan diatur pada formasi Borussia Dortmund di PES 2021 adalah Advanced Instructions. Instruksi ini merupakan taktik tambahan yang akan diatur dalam sebuah formasi. 

Jadi, dengan Anda mengatur sebuah Advanced Instructions maka kedua taktik yang sudah diatur sebelumnya seperti Attacking dan Defensive Instructions akan menjadi jauh lebih optimal nantinya.
  • Offense 1 : Hug the Sideline
  • Offense 2 : -
  • Defense 1 : -
  • Defense 2 : -
Jika Anda ingin mengetahui penjelasan apa saja yang ada di Advanced Instructions pada PES 2021 ini, maka Anda bisa membaca penjelasan selengkapnya pada link artikel di bawah.


Nah, selesai sudah pembahasan artikel yang sudah saya bahas kali ini mengenai pengaturan formasi dan taktik Borussia Dortmund di PES 2021.

Anda tentunya bisa langsung mengikuti pengaturan-pengaturan yang sudah saya berikan dalam artikel ke dalam gameplay PES 2021 milik Anda ketika menggunakan Borussia Dortmund dalam bertanding melawan komputer ataupun teman sepermainan Anda.

Walau Anda sudah mengatur sebuah formasi dan taktik dengan sedemikian rupanya, tetap saja hasil dalam meraih kemenangan belum tentu didapatkan karena faktor skill gameplay juga sangat berpengaruh terhadap permainan. Untuk itu, Anda juga harus rajin melatih skill gameplay sembari mengatur formasi dan taktik dengan baik.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Anda juga bisa menceritakan pengalaman Anda ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini. Perlu diperhatikan juga bahwa jangan sampai Anda lupa waktu ketika bermain PES 2021 ini. Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik Borussia Dortmund di PES 2021"