Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik AS Roma di PES 2021

Formasi Terbaik AS Roma di PES 2021

Halo para pembaca Blog BolaGawai.com, kali ini saya akan membahas mengenai pengaturan formasi dan taktik untuk AS Roma di PES 2021.

Kebetulan, jika Anda penggemar AS Roma atau sering menggunakan AS Roma pada game PES 2021, maka artikel ini akan sangat cocok bagi Anda yang menginginkan pengaturan formasi dan taktik terbaik untuk AS Roma ini.

Lantas, bagaimana cara mengatur formasi dan taktiknya?

Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi AS Roma di PES 2021

Dalam mengatur sebuah formasi dan taktik, maka hal pertama yang harus diatur terlebih dahulu adalah pola formasinya.

Jadi, apa pola formasi yang akan diterapkan untuk AS Roma di PES 2021 ini?

Nah, jawabannya adalah kita akan menggunakan pola formasi 3-2-4-1.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat terlebih dahulu gambaran dari pola formasinya di bawah ini.

Formasi Terbaik AS Roma di PES 2021 (Pola Formasi 3-2-4-1)

Penjelasan Pola Formasi

Dalam pola formasi 3-2-4-1 ini, kita akan menggunakan pola 3 bek di lini belakang. Hal ini bertujuan untuk membuat pertahanan menjadi lebih sulit ditembus oleh pemain lawan.

Lalu, untuk lini tengah, kita akan menempatkan satu DMF serta satu CMF. Tugas dari pemain DMF ini nantinya akan bertahan untuk menjaga lini tengah dan lini belakang. Sedangkan tugas dari pemain CMF akan lebih sebagai pengatur aliran bola dari lini tengah ke lini depan dalam membantu serangan nantinya. Namun, terkadang pemain CMF ini juga akan membantu lini belakang ketika tim sedang bertahan.

Kemudian, untuk lini depan, kita akan menempatkan satu penyerang tengah sebagai seorang Target Man. Penyerang tengah atau CF ini nantinya akan di-support oleh 4 pemain di tengah yakni LMF, RMF, dan 2 AMF. Dua pemain AMF akan lebih didorong dalam bermain ke depan untuk membantu CF. Sedangkan pemain LMF dan RMF akan memberikan support serangan kepada CF dari sisi sayap atau Flank.

Susunan Starting Line-up Pola Formasi 3-2-4-1 AS Roma PES 2021

Setelah mengatur pola formasinya, maka kita juga perlu mengatur susunan pemain yang akan ditempatkan pada pola formasi 3-2-4-1 ini.

Berikut di bawah ini susunan pemainnya.
  • A. Mirante (GK)
  • G. Mancini (CB)
  • F. Fazio (CB)
  • C. Smalling (CB)
  • A. Diawara (DMF)
  • L. Pellegrini (CMF)
  • L. Spinazzola (LMF)
  • H. Mkhirtryan (AMF)
  • N. Zaniolo (AMF)
  • R. Karsdorp (RMF)
  • E. Dzeko (CF)
Susunan Starting Line-up di atas sebenarnya tidak perlu dijadikan sebagai susunan utama, karena Anda tentunya bisa menempatkan pemain-pemain mana saja yang menurut Anda bagus terhadap penempatan pola formasi 3-2-4-1 ini.

Tentunya susunan ini juga bisa berubah dengan melihat kondisi dari pemain-pemain yang ada. Jadi, Anda tentunya bisa merubah susunan pemain yang sudah saya bagikan di atas sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai seorang Player PES.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi AS Roma PES 2021

Setelah mengatur formasi beserta susunan pemainnya, maka hal selanjutnya yang perlu Anda atur adalah instruksi taktiknya.

Instruksi taktik pertama yang harus diatur ini adalah Attacking Instructions (Instruksi Menyerang). Instruksi taktik ini akan diterapkan oleh pemain ketika tim sedang menyerang. Maka dari itu, instruksi ini perlu diatur dengan sebaik mungkin agar serangan-serangan yang akan dilancarkan ke tim lawan menjadi lebih baik dan efektif.

Berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Flexible 
  • Support Range : 5 bar Focus Point

Penjelasan Attacking Instructions

Gaya bermain yang akan diterapkan adalah Counter Attack. Dengan ini, maka serangan-serangan yang dilancarkan akan lebih berfokus pada serangan balik cepat dengan mengandalkan kecepatan pada sisi sayap/flank. Serangan-serangan yang akan dilancarkan ini nantinya akan menggunakan Build up dengan metode umpan-umpan pendek.

Area serangan nantinya akan berfokus pada sisi lebar lapangan (Wide). Karena sebelumnya kita sudah menempatkan pemain di sisi sayap maka dengan instruksi ini, serangan akan menjadi jauh lebih efektif jika berfokus pada sisi lebar lapangan.

Dengan pemilihan Flexible pada bagian Positioning, maka para pemain akan membuat pergerakan secara dinamis ketika sedang membangun serangan.

Pilihan Support Range sebesar 5 bar akan membuat jarak support antarlini pemain menjadi tidak terlalu renggang maupun terlalu rapat.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi AS Roma PES 2021

Selanjutnya adalah mengatur instruksi taktik ketika bertahan atau disebut dengan Defensive Instructions.

Instruksi ini akan dijalankan oleh para pemain ketika tim sedang dalam fase bertahan.

Langsung saja, berikut pengaturannya di bawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Wide
  • Pressure : Conservative
  • Defensive Line : 5 bar Focus Point
  • Compactness : 5 bar Focus Point

Penjelasan Defensive Instructions

Defensive Style yang akan dipilih di sini adalah Frontline Pressure. Artinya para pemain akan berusaha untuk menekan atau melakukan Pressure terhadap pemain lawan yang sedang menguasai bola dengan tinggi.

Dengan pilihan Wide pada bagian Containment Area, maka para pemain akan berusaha untuk mengarahkan serangan tim lawan ke area lebar lapangan dengan memotong arah serangan tim lawan dari area tengah.

Pressure yang dipilih di sini adalah Conservative. Artinya gaya penekanan terhadap pemain lawan yang dilakukan oleh para pemain hanya sebatas menutupi pergerakan laju bola yang sedang mereka kuasai.

Defensive Line sebesar 5 bar akan membuat para pemain membentuk garis pertahanan yang tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu dalam.

Kemudian, dengan pengaturan Compactness sebesar 5 bar akan membuat para pemain tidak membentuk pola bertahan yang terlalu rapat juga tidak terlalu renggang

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi AS Roma PES 2021

Instruksi taktik terakhir yang akan kita atur pada formasi AS Roma di PES 2021 ini adalah Advanced Instructions

Instruksi ini merupakan taktik tambahan yang akan diatur dalam sebuah formasi. Jadi, dengan Anda mengatur sebuah Advanced Instructions maka kedua taktik yang sudah diatur sebelumnya seperti Attacking serta Defensive Instructions akan menjadi jauh lebih optimal nantinya.
  • Offense 1 : Hug the Sideline
  • Offense 2 : Centring Targets
  • Defense 1 : Counter Target (AMF 1)
  • Defense 2 : Counter Target (AMF 2)
Jika Anda ingin mengetahui penjelasan apa saja yang ada di Advanced Instructions pada PES 2021 ini, maka Anda bisa membaca penjelasan selengkapnya pada link artikel di bawah.


Nah, selesai sudah pembahasan kita kali ini. Selanjutnya, Anda tinggal perlu mengikuti pengaturan-pengaturan yang sudah saya tulis dalam artikel ini untuk diterapkan pada gameplay PES 2021 milik Anda ketika sedang menggunakan AS Roma.

Perlu saya ingatkan bahwa formasi dan taktik hanyalah sebagian kecil untuk membantu Anda dalam meraih kemenangan di PES 2021. Oleh karena itu, diperlukan juga sebuah skill gameplay dalam bermain PES 2021. Maka dari itu, Anda tetap perlu berlatih dengan lebih baik lagi ketika bermain PES 2021 ini.

Kami juga menyediakan Kumpulan Artikel Menarik yang bisa Anda baca di bawah ini :
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa selalu terhubung dengan BolaGawai.com dengan mengikuti FanPage Facebook BolaGawai.com , Official Account Twitter BolaGawai.com, dan Official Account Instagram BolaGawai.com untuk mendapatkan Update mengenai artikel terbaru.

Anda juga bisa menceritakan pengalaman Anda ketika menggunakan formasi ini dengan memberikan komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini. Perlu diperhatikan juga bahwa jangan sampai Anda lupa waktu ketika bermain PES 2021 ini. Sekian dari saya dan terima kasih.

Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2021 : Mengatur Formasi Terbaik AS Roma di PES 2021"