Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FM23 Mobile A.D. Ceuta Story - Bagian 1: Persiapan Klub Untuk Awal Musim 2022/2023

FM23 Mobile A.D. Ceuta Story - Bagian 1

INTRO

Senang sekali rasanya setelah beberapa waktu yang lama, akhirnya saya bisa berkesempatan membuat konten seri cerita untuk FM23 Mobile di blog Bolagawai.com. 

Sebenarnya banyak hal yang saya pikirkan untuk membuat konten seri semacam ini namun masalah waktu menjadi sebuah alasan mengapa saya tidak kunjung untuk menulis konten FM23 Mobile berbentuk seri cerita pada blog ini.

Untuk itulah saya akan berusaha secara konsisten dalam memperbarui tulisan konten seri cerita FM23 Mobile ke depannya di blog ini. Dan saya juga berharap FM Lovers bisa menikmati isi bacaan pada konten artikel yang saya buat ini.

Nah, pertama kita mulai saja dari pemilihan klub terlebih dahulu dalam konten seri cerita FM23 Mobile kali ini. Di sini saya akan memilih untuk menukangi Agrupación Deportiva Ceuta Fútbol Club atau bisa disebut dengan A.D. Ceuta F.C. 

Alasan mengapa saya memilih klub ini karena ada satu hal menarik yang mungkin tidak dimiliki oleh semua tim sepakbola dunia. 

Saat ini A.D. Ceuta bermain di Primera Federacion atau kasta ketiga Liga Spanyol. Akan tetapi wilayah dari kota Ceuta ini berada di dataran benua Afrika, tepatnya di Afrika Utara. Sehingga bisa dikatakan markas dari tim ini secara geografis berada di tanah Afrika namun berkompetisi di negara Spanyol yang berada di tanah eropa.

Mungkin untuk kalian yang ingin tahu seluk beluk dari klub ini secara lengkap bisa membaca beberapa artikel yang saya berikan di bawah:

Link Artikel
Estadio Alfonso Murumbe
www.ceutaactualidad.com

Kebetulan A.D. Ceuta belum memenangkan kejuaraan eropa maupun kompetisi domestik manapun di Spanyol sehingga akan sangat menarik bagi saya untuk membawakan sebuah piala dari benua eropa untuk klub ini ke Estadio Alfonso Murube yang notabene berada di wilayah afrika.

Sebagai permulaan, saya akan mengatur settingan awal permainan dengan menggunakan database pemain terbaru (Februari 2023) serta mengaktifkan seluruh liga dari 5 negara yaitu Spanyol, Italia, Portugal, Inggris, dan Argentina. 

Lalu, saya juga akan menonaktifkan Budget in First Window agar klub tidak mempunyai dana transfer di bursa awal sehingga perihal jual beli pemain akan dilakukan pada bursa transfer selanjutnya.

PENGENALAN MANAJER DAN EKSPEKTASI KLUB

Dalam menukangi klub A.D. Ceuta ini, saya akan membuat karakter manajer dengan profil sebagai berikut:
  • Nama: Roberto Hilmaz
  • Kewarganegaraan: Spanyol
  • Spesialis: Motivational
  • Badge: Gold
FM23 Mobile A.D. Ceuta Story - Bagian 1: PENGENALAN MANAJER DAN EKSPEKTASI KLUB

Baiklah, perkenalan manajer dengan pihak klub sudah dilakukan, maka selanjutnya adalah kita akan bekerja di kantor manajer.

Di mulailah diskusi saya dengan pihak board mengenai ekspektasi klub untuk musim ini. Mereka memberitahu saya bahwa mereka ingin klub bisa bertarung secara kompetitif dari zona degradasi musim ini. 

Hal yang cukup menantang bagi saya di musim pertama melatih namun tidak mengapa karena ini akan menjadi hal yang bagus bagi pengalaman karir Roberto Hilmaz sebagai manajer debutan dalam seri ini.

MENGATUR STAF KEPELATIHAN

Setelah mengetahui ekspektasi dari pihak board, maka selanjutnya adalah saya akan mengatur staf kepelatihan terlebih dahulu sebelum mengatur hal yang lainnya dalam klub ini.

Staf kepelatihan saat ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari 2 coaches dan 1 scouts. Perita sebagai Assistant Manager dan Mane sebagai Fitness Coach. Kemudian, Victor González sebagai satu-satunya Scout di klub.

FM23 Mobile A.D. Ceuta Story - Bagian 1: MENGATUR STAF KEPELATIHAN

Saya tentunya melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap ketiga staf pelatih ini dan hasilnya saya memutuskan untuk tetap melanjutkan kerja sama terhadap ketiganya. Alasannya adalah karena pihak board tidak dapat memberikan anggaran yang cukup untuk mendatangkan staf kepelatihan yang baru sehingga saya harus bisa memanfaatkan staf kepelatihan yang ada saat ini.

Agak mengecewakan mendengar hal ini karena sebenarnya saya ingin menambah beberapa staf pelatih yang baru ke dalam tim. Namun saya mengerti akan keadaan finansial klub saat ini dan saya akan tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bekerja dengan staf kepelatihan yang ada. 

Berikut di bawah ini struktur kepelatihan A.D. Ceuta:

MANAGER
Roberto Hilmaz

COACHES
Perita (Assistant Manager)
Mane (Fitness Coach)

SCOUTS
Victor González (First Team Scout)

Jadi untuk awal musim 2022/2023 ini, saya hanya akan bekerja dengan 3 orang staf saja. 

MENINJAU LAPORAN TIM

Perita sebagai asisten manajer memberikan seluruh laporan tim kepada saya. Dalam laporan tersebut ada sejumlah catatan positif dan negatif serta bagian Dynamics.

Catatan Positif
  • Keadaan moral para pemain saat ini masih terlihat baik
  • Tim ini termasuk ke dalam salah satu tim termuda pada Primera Federacion (Divisi 3 Liga Spanyol)
  • Tim ini mempunyai beberapa kelompok pemain yang sangat enerjik
  • Kualitas pemain terutama pada lini tengah sangat bagus
Catatan Negatif
  • Kualitas dari kedalaman terhadap posisi penjaga gawang terlihat kurang baik
  • Dana finansial sangat terbatas
  • Kualitas staf kepelatihan kurang bagus
  • Fasilitas latihan klub yang dimiliki saat ini masih berkualitas di bawah standar
Dynamics

FM23 Mobile A.D. Ceuta Story - Bagian 1: MENINJAU LAPORAN TIM

Melihat catatan negatif serta nilai merah pada bagian Dynamics dalam laporan tim saat ini, tentunya saya akan mencoba berusaha ke depannya untuk memperbaiki beberapa masalah tersebut.

MENGATUR TAKTIK DAN SKUAD

Laporan tim pun sudah selesai saya baca, maka selanjutnya adalah mengatur skuad sekaligus penerapan formasi dan taktik.

Terkait penerapan formasi, di sini saya akan menggunakan pola formasi 4-3-3 dengan role seperti pada gambar yang bisa kalian lihat di bawah ini:

FM23 Mobile A.D. Ceuta Story - Bagian 1: MENGATUR TAKTIK DAN SKUAD

Dan untuk instruksi taktik yang saya terapkan pada pola formasi tersebut bisa kalian lihat juga settingannya di bawah ini:

Shape
  • Team Mentality: Balanced
  • Width: Wide
  • Tempo: Fast
  • Creative Freedom: Balanced
Melihat komposisi kekuatan dari skuad yang ada saat ini, saya memutuskan untuk mengadopsi permainan yang seimbang dari segi bertahan maupun menyerang. Hal ini untuk mengurangi resiko kebobolan gol yang banyak dari tim lawan karena bisa dikatakan komposisi dari skuad yang dimiliki dari A.D. Ceuta ini masih cukup lemah. 

Namun, saya juga tidak ingin bermain terlalu bertahan sehingga bermain menyerang juga penting untuk bisa mencetak gol. Karena itulah saya memilih mental bermain yang seimbang dengan mengandalkan kelebaran lapangan serta tempo bermain yang cepat sebagai bentuk permainan di lapangan nantinya.

Defence
  • Defensive Line: Deep
  • Closing Down: All Over
  • Tackling: Normal
  • Offside Trap: No
  • Time Wasting: No
Dalam instruksi bertahan, saya akan membuat garis pertahanan yang cukup rendah agar tim lawan kesulitan dalam melancarkan serangan ke gawang nantinya. Terkait Pressing, saya akan menerapkan pressing yang ketat ketika tim lawan sudah masuk ke area pertahanan, tentu dengan penekanan Tackling secara normal agar terhindar dari banyaknya kartu yang akan keluar dari tangan wasit.

Attack
  • Final Third: Look For Overlap dan Work Into Box
  • Passing Style: Mixed
  • Passing Focus: Right
  • Goalkeeper Distribution: Short
Ketika melancarkan serangan ke area tim lawan, saya akan menerapkan permainan dengan mengandalkan serangan dari sisi sebelah kanan dengan seorang pemain Wing Back yang akan bergerak Overlap ke depan, namun juga tidak menutup kemungkinan pemain Full Back sebelah kiri juga ikut membantu dalam hal penyerangan. 

Dan ketika bola ingin memasuki sepertiga akhir, saya ingin tim ini terlebih dahulu bermain secara bertahap dalam membangun serangan mulai dari lini belakang hingga ke lini depan nantinya.

Bentuk permainan yang akan saya usung dalam taktik ini nantinya bersifat sementara sehingga instruksi-instruksi di atas nantinya tidak akan selalu dipakai selamanya dalam jalannya pertandingan. 

Saya akan tetap menyesuaikan instruksi taktik sesuai dengan kebutuhan serta situasi yang ada. Jadi, untuk awalan pertandingan nanti, instruksi taktik di ataslah yang akan saya gunakan terlebih dahulu.

Selanjutnya adalah menentukan skuad utama berupa 11 pemain yang akan mengisi pola formasi 4-3-3 tersebut. Dalam menentukan 11 pemain utama ini, saya tentunya perlu mengkaji siapa saja pemain yang tepat untuk bisa bermain di Starting Line-up dalam pola formasi tersebut.

Skuad A.D Ceuta ini berisikan 25 nama dalam tim utama. Tapi saya juga akan memasukkan nama dari sejumlah pemain yang ada di tim B, sehingga total ada 35 nama dalam skuad A.D Ceuta.

Rincian lengkapnya bisa kalian lihat di bawah ini:

Goalkeeper: Tomas Mejias, Jesus Romero, Lolo Cortes (Skuad B), Antonio Santos (Skuad B)

Defender: Fabrizio Danese, Juan Gutierrez (Loan), Robin Lafarge, Carlos Barreda, Capa, Alain Garcia, Nacho Holgado (Skuad B), Alex Macias (Skuad B)

Midfielder: Adri Cuevas, Ransford Selasi, Elias, Julio Iglesias, Samuel Casais, Jota, Adrian Moyano (Skuad B), Fransisco Segura (Skuad B), Polaco (Skuad B), Luismi, David Alfonso, Ismael, Nito, Alberto Reina, Aisar Ahmed, Tote (Skuad B), Ismael Maruja (Skuad B)

Forward: Rodri, Alberto Gil, Mohamed Mizzian, Pablo Garcia, Ivan Brene (Skuad B)

Di sini saya sudah melakukan beberapa pengamatan secara keseluruhan dalam tim dengan mempertimbangkan kemampuan mereka pada kecocokan formasi dan taktik yang akan saya terapkan. Dan hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah:

FM23 Mobile A.D. Ceuta Story - Bagian 1: MENGATUR TAKTIK DAN SKUAD

Saya memutuskan untuk memasukkan beberapa pemain dari skuad B untuk ditempatkan ke dalam skuad utama. 

Hal ini bukan tanpa alasan karena saya melihat kedalaman skuad A.D Ceuta di beberapa posisi masih terdapat kekurangan sedangkan saya belum bisa memanfaatkan bursa transfer untuk menambal kekurangan pemain saat ini. 

Jadi, untuk menambal kedalaman skuad, saya memutuskan untuk memanggil beberapa pemain dari skuad B agar ditempatkan ke dalam skuad utama.

Saya pun juga membuat sistem ranking pada skuad utama A.D Ceuta berdasarkan role pemain dalam pola formasi 4-3-3 ini. Hal ini bertujuan untuk mengetahui mana pemain utama dan mana pemain cadangan. 

Adapun sistem rankingnya bisa kalian lihat di bawah ini:

GK (Sweeper Keeper)
1. Tomas Mejias / 33 tahun
2. Jesus Romero / 32 tahun
3. Antonio Santos (Skuad B) / 20 tahun

DC (Ball Playing Defender)
1. Juan Gutierrez / 22 tahun

DC (Central Defender)
1. Fabrizio Danese / 27 tahun
2. Robin Lafarge / 30 tahun

DR (Wing Back)
1. Carlos Barreda / 33 tahun
2. Capa / 23 tahun
3. Alain Garcia / 23 tahun

DL (Full Back)
1. Alex Macias (Skuad B) / 21 tahun

DMC (Defensive Midfielder)
1. Ransford Selasi / 25 tahun

DMC (Deep Lying Playmaker)
1. Adri Cuevas / 32 tahun
2. Jota / 19 tahun

MC (Box to Box Midfielder)
1. Elias / 31 tahun
2. Samuel Casais / 30 tahun
3. Julio Iglesias / 22 tahun

AMR (Inverted Winger)
1. Luismi / 24 tahun
2. Ismael / 27 tahun
3. Alberto Reina / 24 tahun

AML (Inside Forward)
1. David Alfonso / 22 tahun
2. Nito / 29 tahun
3. Alberto Gil / 25 tahun
4. Aisar Ahmed / 21 tahun

ST (Pressing Forward)
1. Rodri / 32 tahun
2. Mohamed Mizzian / 22 tahun
3. Pablo Garcia / 24 tahun

Pada skuad ini, Jota menjadi pemain termuda dengan usia 19 tahun, 274 hari. Lalu ada pemain tertua yang tersemat dalam diri Tomas Mejias dengan usia 33 tahun, 193 hari. Rerataan usia skuad A.D. Ceuta saat ini adalah 26,81 tahun.

Terlihat juga pada beberapa posisi seperti DL dan DMC masih ada kekurangan terkait kedalaman skuad, sehingga saya nantinya akan menyesuaikan saja terhadap pemain lain yang bisa bermain di posisi tersebut walau bukan posisi aslinya.

Dapat dipastikan untuk mengarungi putaran pertama liga nanti, saya akan mengandalkan 26 nama skuad ini terlebih dahulu. Sudah terbayang bagi saya ke depannya akan ada tantangan-tantangan sulit yang akan dihadapi oleh A.D. Ceuta ini. Namun, saya akan tetap optimis tentunya apapun hasil yang akan terjadi nanti.

Untuk bagian satu dalam konten FM23 Mobile A.D. Ceuta Story mungkin cukup sampai sini saja terlebih dahulu. Harapannya saya bisa terus untuk melanjutkan serta memperbarui konten seri cerita dari A.D. Ceuta ini hingga selesai nantinya di blog Bolagawai.com.

Nantikan kembali petualangan seru Roberto Hilmaz bersama A.D. Ceuta selanjutnya di bagian kedua. Terima Kasih.

Post a Comment for "FM23 Mobile A.D. Ceuta Story - Bagian 1: Persiapan Klub Untuk Awal Musim 2022/2023"