Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi Terbaik Manchester United di PES 2020

Formasi Taktik Terbaik Manchester United PES 2020

Kalian seringkali memakai klub Manchester United di PES 2020? 

Apa karena itu klub favorit atau ada hal yang lainnya?

Tidak menjadi masalah jika kalian tidak menjawab pertanyaan saya tersebut. Karena yang kalian inginkan di sini adalah mengetahui pengaturan formasi dan taktik seperti apa yang baik dan cocok untuk digunakan ketika bermain PES 2020, jika menggunakan klub Manchester United.

Manchester United bisa dikatakan bukan klub yang mempunyai komposisi pemain bintang yang mewah. Namun hanya segelintir nama saja yang bisa dikatakan berpredikat sebagai pemain bintang, misalnya David De Gea, Paul Pogba, serta Marcus Rashford.

De Gea kurang menunjukkan konsistensinya sebagai penjaga gawang terbaik di dunia, serta Paul Pogba yang sempat di kategorikan sebagai pemain termahal pada tahun 2017 bermain angin-anginan. Hanya Rashford yang bisa dikatakan masih konsisten untuk bisa mencetak gol di Manchester United.

Namun, saya bisa mengatakan ini dalam game Pro Evolution Soccer 2020 bukan di dunia nyata. Di PES 2020, kita dapat menggunakan Manchester United sebagai salah satu klub yang kuat dalam menyerang serta sulit untuk ditembus pertahanannya.

Perlu adanya sebuah formasi dan taktik jika kita ingin menjadikan Manchester United di PES 2020 seperti yang saya katakan tersebut. 

Sehingga, ketika kalian ingin melawan teman-teman kalian saat bermain PES 2020, kita sudah mempunyai rencana yakni berupa formasi dan taktik. Tentu ketika kita menggunakan Manchester United di PES 2020.

Mau tahu bagaimana cara kita menyusun rencana formasi dan taktik terbaik untuk Manchester United di PES 2020?

Saya akan membahasnya dengan lengkap disini mulai dari formasi serta instruksi-instruksi yang harus diterapkan saat kita menggunakan Manchester United di PES 2020.

Simak pembahasannya dibawah ini.

Pembahasan Mengatur Pola Formasi Manchester United di PES 2020


Sejak kehilangan Romelu Lukaku di awal musim panas 2019, praktis MU hanya memiliki Rashford dan Martial di depan. Posisi striker dapat dipastikan oleh kalian bahwa MU kurang stok di posisi ini.

Namun, kelebihan Manchester United ada pada sisi sayapnya yang mengandalkan skill dan kecepatan. Maka, formasi 4-2-2-2 merupakan formula yang bisa kita terapkan ketika menggunakan MU di PES 2020.

Seperti apa susunan posisi pemainnya di formasi 4-2-2-2 ini? 

Kalian melihatnya pada gambar dibawah ini.

Formasi 4-2-2-2 Manchester United PES 2020

Jadi, 2 pemain depan ini bukan dua-duanya sebagai striker. Namun, kita tempatkan satu orang striker dan satu pemain yang bisa dijadikan pemain di posisi sayap kanan. Dan untuk sisanya, kalian dapat lihat satu-persatu dari tiap masing-masing posisi pemain yang ada di gambar tadi.

Setelah posisi pemain, sekarang siapakah yang tepat untuk ditempatkan di masing-masing posisi yang sudah kita atur tadi seperti pada gambar di atas tersebut?

Untuk penempatan posisi pemain ini berdasarkan pendapat dari saya. Jika menurut kalian kurang cocok atau tidak pas. Silahkan saja untuk menggantinya.

Penempatan Starting Eleven Pemain pada Formasi 4-2-2-2 MU di PES 2020 :
  • David De Gea (GK)
  • Luke Shaw (LB)
  • Harry Maguire (CB
  • Victor Lindelof (CB
  • Aaron Wan-Bissaka (RB
  • Nemanja Matic (DMF
  • Paul Pogba (CMF
  • Jesse Lingard (AMF
  • Anthony Martial (LMF
  • Daniel James (RWF
  • Marcus Rashford (CF)

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi (4-2-2-2) Manchester United di PES 2020


Manchester United mempunyai pemain-pemain yang skill dan kecepatannya sangat bagus dan baik. Hal inilah yang harus kita manfaatkan ketika ingin melakukan serangan.

Maka di bagian Attacking Style kita terapkan gaya bermain Counter Attack dengan dipadukan permainan menggunakan umpan-umpan panjang dalam membangun serangan. Oleh karena itu, kita atur Build Up dengan menggunakan Long-pass.

Untuk bagian Attacking Area, kita dapat mengaturnya dengan menggunakan Wide. Karena dengan formasi 4-2-2-2 yang digunakan Manchester United di PES 2020 sangat mengandalkan kecepatan dan skill yang dimiliki para pemain sayapnya.

Posisi dari tiap pemain harus tetap pada posnya masing-masing. Maka pada bagian Positioning kita dapat mengaturnya dengan memilih Maintain Formation. Sehingga seluruh pemain tetap fokus di posisinya masing-masing hingga ada kesempatan untuk menyerang.

Untuk bagian Support Range, kita dapat mengaturnya sebanyak 5 bar Focus Point.

Sederhananya, kalian bisa melihat pengaturannya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Long-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 5 bar Focus Point

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi (4-2-2-2) Manchester United di PES 2020


Dengan stok bek yang tidak terlalu di bilang mewah namun juga bukan di bilang buruk, pertahanan Manchester United di PES 2020 dapat kita atur semaksimal mungkin agar tidak kebobolan terlalu sering.

Di bagian Defensive Style, kita dapat mengaturnya dengan memilih All-out Defence. Sehingga, ketika musuh sedang mencoba menyerang ke daerah pertahanan kita, seluruh pemain akan fokus untuk bertahan total.

Pemain akan memfokuskan pertahanannya di daerah tengah. Maka, pada bagian Containment Area, kita dapat memilih Middle. Tentu dengan intensitas penekanan terhadap musuh harus cukup agresif. Sehingga pada bagian Pressuring, kita dapat memilih Aggressive.

Untuk pengaturan garis pertahanan serta kerapatan antarlini pemain harus diatur dengan jarak seimbang. Sehingga untuk bagian Defensive Line dan Compactness, kita atur sebanyak 5 bar Focus Point.

Lebih sederhananya, kalian bisa melihat pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 5 bar Focus Point
  • Compactness : 5 bar Focus Point

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi (4-2-2-2) Manchester United di PES 2020


Untuk bagian Attack 1 dan Attack 2, kita atur dengan memilih Defensive. Kalian dapat memilih pemain yang berposisi sebagai Full-back kanan dan kiri. Agar kedua pemain tersebut tidak perlu ikut membantu menyerang ke daerah pertahanan lawan.

Untuk bagian Defence 1, kita atur dengan memilih Counter Target kepada pemain yang berposisi sebagai ujung tombak di depan yakni penyerang depan (CF). Lalu, untuk bagian Defence 2, kita dapat mengaturnya dengan memilih Deep Defensive Line. Sehingga garis pertahanan kita agak mendalam untuk bertahan dari serangan musuh.


Berikut pengaturan yang sudah saya bahas untuk Formasi Terbaik Manchester United di PES 2020. Kalian tidak perlu susah payah untuk mencari pengaturan formasi dan taktiknya, karena saya sudah bahas di atas. Kalian dapat mencobanya di game eFootball PES 2020 ketika sedang menghadapi teman-teman kalian di rental, di rumah, atau di sekolah sekalipun. Sekian dan Terima Kasih.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat
Terakhir Diperbarui : 15 Agustus 2020

4 comments for "Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi Terbaik Manchester United di PES 2020"

  1. Ane gak pernah menang main PES sama anak.. Ngak bakat kali ya? Makaaih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Formasi dan tips mainin real madrid dong min, btw makasi dah share ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan. Untuk requestnya akan segera diusahakan.

      Delete

Post a Comment

Silahkan untuk menulis komentar Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan. Berkomentarlah dengan kata dan bahasa yang baik, sopan, dan relevan.

Jangan menghabiskan waktu berharga milik Anda hanya dengan memberikan komentar SPAM disini.