Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi (4-2-1-3) Menyerang Manchester City di PES 2020

Formasi Taktik Manchester City di PES 2020

Di PES 2020 terdapat salah satu dari kedua klub yang bermarkas di kota Manchester. Klub ini di dominasi oleh ciri khas warna biru. Kalian yang sering menonton Liga Inggris pasti sudah tahu dengan klub yang satu ini. Yap betul sekali, namanya adalah Manchester City.

Salah satu klub terkaya di dunia maupun di Liga Inggris. Mempunyai pemain-pemain bintang seperti Sergio Aguero, Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, serta Ederson menjadikan klub rival dari Manchester United ini sangat disegani oleh lawan dari tim manapun. 

Walaupun, mereka belum pernah membawa trofi UCL ke Etihad Stadium sampai artikel ini dibuat, Manchester City tetaplah klub yang kuat di Liga Inggris maupun di PES 2020 sekalipun.

Bermain menggunakan Manchester City di PES 2020 adalah tindakan yang tepat ketika kalian sedang bermain menghadapi teman kalian maupun komputer sekalipun. 

Namun, perlu diperhatikan dalam segi taktik dan formasi ketika menggunakan tim yang satu ini.

Kalian tidak bisa sembarangan memakai formasi dan taktik yang asal-asalan karena akan menyebabkan seluruh pemain yang dimiliki oleh Manchester City di PES 2020 tidak akan mengeluarkan potensi yang maksimal. 

Hal ini akan menyebabkan kalian menjadi kesulitan untuk memenangkan pertandingan di PES 2020.

Jadi, bagaimana cara mengatur formasi dan taktik terbaik dan tepat untuk Manchester City di PES 2020?

Tenang saja, karena saya akan membahas pertanyaan tersebut dengan penjelasan berikut di bawah ini.


Pembahasan Mengatur Pola Formasi Manchester City di PES 2020


Apa pola formasi yang tepat untuk digunakan oleh Manchester City di PES 2020?

Dengan komposisi pemain yang di dominasi penyerang serta gelandang, pola formasi 4-2-1-3  merupakan pilihan terbaik untuk Manchester City ketika kalian bermain menggunakan klub ini di PES 2020.

Untuk selengkapnya, kalian dapat melihat pola formasinya pada gambar dibawah ini.

Formasi 4-2-1-3 Manchester City PES 2020

Dengan dua gelandang tengah yang bertugas untuk menjaga lini tengah serta menempatkan satu pemain gelandang serang akan membuat lini tengah menjadi seimbang dan tidak mudah di kuasai oleh lawan.

Dan 3 penyerang di depan merupakan kombinasi terbaik bagi Manchester City yang memiliki beberapa penyerang kelas dunia seperti Aguero, Gabriel Jesus, serta Raheem Sterling.

Lalu, siapa saja pemain yang harus kita tempatkan di dalam formasi 4-2-1-3 ini?

Dengan melihat materi pemain yang ada di Manchester City di PES 2020, di bawah ini merupakan susunan pemain yang menurut saya tepat untuk di tempatkan di Starting Eleven.

Siapa saja?

Berikut daftar susunan pemainnya dibawah ini.
  • Ederson (GK
  • Benjamin Mendy (LB
  • John Stones (CB
  • Aymeric Laporte (CB
  • Kyle Walker (RB
  • Fernandinho (DMF)
  • David Silva (CMF
  • Kevin De Bruyne (AMF
  • Raheem Sterling (SS
  • Gabriel Jesus (CF
  • Sergio Aguero (CF).
Pemain diatas dapat berubah susunannya tergantung kondisi yang ada seperti cedera atau panah dari form pemain menurun. Jadi, kalian juga bisa mengubahnya sesuai yang kalian inginkan sesuai dengan kondisi yang ada.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi (4-2-1-3) Manchester City di PES 2020


Gaya permainan yang dipakai adalah penguasaan bola. Kalian dapat mengatur Attacking Style dengan memilih Possession Game. Serta untuk bagian Build Up, kalian dapat mengaturnya dengan memilih Short-pass atau umpan-umpan pendek.

Di bagian Attacking Zone, kita dapat memilih Wide agar zona serangan difokuskan kepada sisi kanan dan kiri lapangan. Dan di bagian Positioning, kita dapat memilih Flexible serta Support Range di atur sebanyak 2 bar Focus Point.

Untuk lebih sederhananya, kalian bisa melihat pengaturan dibawah ini.
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Flexible
  • Support Range : 2 bar Focus Point


3.) Defensive Instructions Formasi Terbaik Manchester City di PES 2020


Pada bagian Defensive Style, kita dapat mengaturnya dengan memilih Frontline Pressure agar para pemain ketika sedang bertahan akan langsung menutup ruang pergerakan dari musuh ketika sedang mengalirkan bola ke wilayah kita.

Di bagian Containment Area,  kita dapat memilihnya dengan pilihan Middle. Sehingga pertahanan akan difokuskan ke area tengah. Dan bagian Pressure atau tekanan terhadap lawan dapat kita atur dengan memilih Aggressive.

Dan bagian Defensive Line dapat kita atur sebanyak 2 bar Focus Point agar garis pertahanan agak mendalam atau kebawah. Serta Compactness dapat kita atur sebanyak 8 bar Focus Point supaya kerapatan antarlini pertahanan di terlalu menjauh atau menyebar.

Untuk lebih sederhananya, kalian bisa melihat pengaturan dibawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 2 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point


4.) Advanced Instructions Formasi Terbaik Manchester City di PES 2020


Di Advanced Instructions terdapat Attack dan Defence.

Di Attack 1 dapat kita atur dengan memilih Tiki-Taka. Mengapa? Karena kualitas dari seluruh pemain di Manchester City di PES 2020 sangat cocok menggunakan gaya bermain Tiki-Taka.

Dan bagian Attack 2 kita dapat memilih Defensive dengan menempatkan pemain yang berposisi sebagai Full Back kanan atau kiri. Kalian dapat memilih pemainnya tergantung dengan stamina si pemain. Jika stamina salah satu pemain Full-back ada yang lemah, maka pilihlah pemain tersebut.

Pada bagian Defence 1 kita dapat mengaturnya dengan memilih Gegenpress agar seluruh pemain dapat menekan pergerakan lawan ketika mereka sedang menguasai bola.

Dan untuk bagian Defence 2 dapat kita pilih Counter Target kepada pemain yang berposisi sebagai penyerang atau Center Forward.


Berikut yang sudah saya bahas di atas mengenai formasi dan taktik terbaik untuk Manchester City di PES 2020. Kalian dapat menggunakan formasi dan taktik ini ketika sedang bermain PES 2020 dengan teman kalian maupun komputer sekalipun. 

Silahkan untuk langsung mencobanya di PES 2020 kalian. Perhatikan dengan pengaturan taktiknya agar tidak salah langkah.

Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba



Terakhir Diperbarui : 16 Agustus 2020

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi (4-2-1-3) Menyerang Manchester City di PES 2020 "