Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi Tiki-Taka Barcelona di PES 2020 dengan Fluid Formation


Berbanggalah bagi kalian sebagai penggemar klub Barcelona FC. Karena, Konami menjadikan Barcelona ini sebagai partner ekslusif dalam game Pro Evolution Soccer.

Di PES 2020 kali ini, Barcelona mendapatkan lisensi penuh terhadap keseluruhan klub. Sehingga kalian yang bermain PES 2020 menjadikan Barcelona ini sebagai tim yang sering dipakai.

Barcelona memiliki banyak pemain bintang seperti Lionel Messi, Gerard Pique, Frenkie de Jong, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan memiliki rating yang tinggi, kalian akan mudah memenangkan pertandingan dengan menggunakan klub Barcelona di PES 2020.

Namun, perlu diingatkan bahwa klub yang memiliki rating besar tidak menjamin kalian untuk meraih kemenangan.

Mengapa?

Karena, selain rating klub serta skill kalian dalam bermain PES, kalian juga perlu membutuhkan yang namanya formasi dan taktik terbaik yang cocok untuk diterapkan dalam suatu pertandingan nantinya.

Lantas, apa formasi dan taktik terbaik yang cocok untuk Barcelona di PES 2020?

Saya akan membahasnya dengan lengkap pada artikel ini. Kalian dapat membacanya tanpa ada satu kata yang terlewat sekalipun. Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.


Pembahasan Mengatur Pola Formasi Terbaik Barcelona di PES 2020


Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengatur pola formasinya terlebih dahulu.

Di sini saya akan membaginya menjadi 3 bagian dalam membuat pola formasi untuk Barcelona di PES 2020. Yakni pola formasi ketika Kick Off pertandingan, saat tim menguasai bola, dan ketika tim tanpa penguasaan bola.

Disini kita bisa menggunakan Fluid Formation untuk membuat pola formasi Barcelona di PES 2020 ini.

Pengaturan Pola Formasi Barcelona PES 2020 (at Kick Off)


Pertama adalah pola formasi ketika kick off pertandingan dimulai. Setelah melihat beberapa komposisi dari pemain Barcelona, posisi pemain yang bisa kita manfaatkan adalah pemain gelandang dan penyerang.

Oleh karena itu, pola formasi 4-2-1-3 merupakan formasi terbaik dan cocok yang bisa kita terapkan pada Barcelona di PES 2020.

Kalian dapat melihat gambaran polanya dibawah ini.


Bisa kita lihat pada gambar diatas, lini serang kita akan mengandalkan 3 penyerang dengan 1 gelandang AMF yang akan membantu tiga penyerang kita di depan.

Untuk lini tengah, kita bisa menempatkan satu gelandang tengah dan bertahan. Dan pola pertahanan kita tetap menggunakan 4 formasi bek.

Pola ini bisa kalian atur pada bagian At Kick Off dengan catatan harus menggunakan Fluid Formation.

Pengaturan Pola Formasi Barcelona PES 2020 (When out Possession)


Pola formasi saat kita sedang tidak memegang bola atau When Out Possession sama dengan pola At Kick Off yang sudah kita atur diatas. Jadi, kalian bisa atur polanya seperti pada pola formasi At Kick Off.

Untuk penjelasannya sama dengan pola At Kick Off. Dan perlu saya ingatkan lagi jangan lupa kalau pola formasi yang kita atur ini menggunakan Fluid Formation.

Pengaturan Pola Formasi Terbaik Barcelona PES 2020 (When in Possession)


Pola formasi ketika tidak sedang menguasai bola dengan yang sedang menguasai bola tentu berbeda. 

Saat kita menguasai bola, kita harus memanfaatkan lini depan dan lini tengah yang dimiliki oleh Barcelona. Maka dari itu, pola formasi 2-2-3-3 merupakan formasi yang cocok ketika tim sedang melakukan serangan.

Kalian bisa melihat gambaran pola formasinya dibawah ini.


Berbeda dengan pola formasi ketika When in Possession, pola When out Possession ini menggunakan pola 2 bek tengah. Untuk lini tengah masih sama karena kita menggunakan 2 gelandang.

Namun, untuk lini depannya kita bisa lihat pada gambar diatas tadi. Disana 2 bek kanan dan kiri akan berubah posisinya menjadi gelandang kanan dan kiri. Perubahan ini berguna ketika kita sedang menyerang, mereka akan membantu pemain AMF serta 3 penyerang yang berada didepan agar lini depan semakin kuat.

Permasalahan 2 bek tengah yang kita pasang ini tidak menjadi masalah yang cukup signifikan jika kalian bertanya bagaimana caranya pertahanan akan solid jika hanya mengandalkan 2 bek tengah.

Tenang saja, jika kita kehilangan bola maka bek kanan dan kiri yang tadinya berubah posisi menjadi gelandang akan kembali ke posisi semula.

Itulah gunanya kita menggunakan Fluid Formation pada formasi Barcelona di PES 2020 kali ini.

Pembahasan Mengatur Susunan Pemain Barcelona pada Formasi Terbaik Barcelona PES 2020


Barcelona memiliki sejumlah pemain yang kualitasnya diatas rata-rata, terutama pada posisi gelandang di lini tengah mereka.

Kita harus memanfaatkan pemain terbaik pada posisi tersebut. 

Lantas siapa saja susunan pemain yang harus kita atur pada formasi 4-2-1-3 dan 2-2-3-3 kali ini?

Berikut susunan pemain yang bisa kalian lihat daftarnya dibawah ini.

  • Marc Ter Stegen (GK)
  • Jordi Alba (LB)
  • Gerard Pique (CB)
  • S. Umtiti (CB)
  • Sergi Roberto (RB)
  • S. Busquets (DMF)
  • F. De Jong (CMF)
  • Lionel Messi (AMF)
  • O. Dembele (LMF)
  • Malcom (RMF)
  • Luis Suarez (CF)

Susunan diatas bisa kalian terapkan pada pola formasi yang sudah kita atur tadi. Kalian bisa merubahnya dengan catatan bahwa pemain yang kalian ganti tersebut bisa bermain pada posisi itu juga.

Pembahasan Mengatur Attacking Instructions Formasi Terbaik Barcelona PES 2020


Kalian bisa mengatur Attacking Instructionsnya seperti pengaturan dibawah ini:
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up: Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 5 bar Focus Point
Gaya menyerang yang kita terapkan untuk Barcelona di PES 2020 ini adalah gaya serangan balik atau Counter Attack. Serangan yang kita bangun akan menggunakan umpan-umpan pendek karena pemain Barcelona sangat cocok dengan gaya main Short-pass.

Zona serangan akan difokuskan pada sisi kanan dan sisi kiri. Kita bisa memaksimalkannya dengan pemain sayap kanan dan kiri yang kita punya.

Positioning yang kita atur adalah Maintain Formation. Fungsinya agar pemain tetap diposisinya masing-masing ketika kita sedang menyerang.

Support Range yang kita atur sebanyak 5 bar berfungsi agar jarak support antarlini pemain tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat, sehingga passing yang dilakukan oleh pemain dapat berjalan dengan lancar.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi Terbaik Barcelona PES 2020

 
Kalian bisa melihat pengaturan Defensive Instructionsnya dibawah ini:
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 7 bar Focus Point
  • Compactness : 5 bar Focus Point
Gaya bertahan yang kita terapkan disini adalah Frontline Pressure. Jadi, disini pemain akan menutup ruang passing dari pemain lawan. Pertahanan akan difokuskan pada area tengah dengan gaya penekanan yang agresif.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi Terbaik Barcelona PES 2020


Advanced Instructions yang kita atur untuk Barcelona di PES 2020 ini hanya menggunakan Hug the Touchline pada bagian Attack 1. Sehingga serangan yang dilakukan akan mengandalkan pemain-pemain sayap untuk melakukan penetrasi ke daerah pertahanan lawan.

Pengaturannya bisa kalian lihat dibawah ini:
  • Attack 1 : Hug the Touchline
  • Attack 2 : -
  • Defense 1 : -
  • Defense 2 : -

Berikut pengaturan formasi terbaik untuk Barcelona di PES 2020 yang sudah saya bahas kali ini. Kalian bisa menggunakan pengaturan tersebut ketika kalian bermain PES 2020 menggunakan Barcelona saat melawan teman kalian maupun komputer sekalipun.

Jangan sampai ada pengaturan yang terlewat, karena jika hal tersebut terjadi maka akan mengakibatkan kesalahan yang fatal.

Semoga dengan adanya Formasi Terbaik Barcelona yang saya buat ini, kalian bisa memenangkan pertandingan di game PES 2020.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat



Terakhir Diperbarui : 23 Agustus 2020

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi Tiki-Taka Barcelona di PES 2020 dengan Fluid Formation"