Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi dan Taktik Real Madrid di PES 2020


Real Madrid merupakan salah satu klub terkuat di Liga Spanyol selain Barcelona dan Atletico Madrid. Di PES 2020, banyak sekali gamer menggunakan klub yang satu ini untuk mengalahkan lawan mainnya.

Mengapa dapat dikatakan seperti itu? 

Real Madrid memiliki banyak pemain-pemain yang berlabel bintang. Oleh karena itu, Real Madrid di PES 2020 memiliki pemain yang ratingnya di atas rata-rata. Sehingga para gamer memilih klub ini untuk mengalahkan lawannya. Entah itu teman sepermainan maupun komputer sekalipun. 

Namun, ketika kita sudah disuguhi oleh kualitas pemain yang sangat tinggi, kita selalu melupakan yang namanya mengatur Formasi dan Taktik. Tanpa hal tersebut, kalian tidak akan bisa memaksimalkan Real Madrid ketika kalian menggunakannya di PES 2020.

Jadi, kita perlu mengatur formasi dan taktik terbaik yang cocok untuk digunakan Real Madrid di PES 2020 

Caranya mengaturnya bagaimana?

Mudah sekali, kalian tidak perlu bertanya-tanya lagi apa formasi terbaik untuk di Real Madrid di PES 2020, karena saya akan membahasnya dengan lengkap pada artikel ini.

Tunggu apa lagi?

Langsung saja untuk membaca penjelasan lengkapnya dibawah ini.


Pembahasan Mengatur Pola Formasi Real Madrid di PES 2020 


Hal pertama yang harus kita atur adalah pola formasi apa yang harus kita pakai.

Saya sudah melihat kualitas serta atribut dari semua pemain di Real Madrid pada game PES 2020 ini. Mereka mempunyai kedalaman skuad yang cukup baik pada setiap posisinya.

Jadi menurut saya, formasi 4-2-1-3 merupakan pola yang cocok untuk diterapkan oleh Real Madrid di PES 2020 saat ini.

Kalian dapat melihat pengaturan pola formasinya pada gambar dibawah ini.


Dari gambar diatas, kita dapat melihatnya bahwa pola formasi 4-2-1-3 yang kita gunakan pada Real Madrid di PES 2020 ini akan bertumpu pada tiga penyerang di depan. Yakni pemain yang berposisi sebagai LWF, RWF, dan CF.

Ketiga penyerang ini akan dibantu oleh satu gelandang serang yang berposisikan AMF dan tugasnya ini membantu serangan yang akan dilakukan oleh ketiga penyerang tadi.

Untuk lini tengah, terdapat dua pemain yang berposisi sebagai CMF dan DMF. Kedua pemain ini akan menjaga dan mengalirkan bola pada lini tengah permainan.

Dan pada lini belakang pola bek yang akan kita pakai adalah pola 4 bek.

Pembahasan Mengatur Susunan Pemain Formasi Real Madrid PES 2020 


Saya sudah mempunyai nama-nama yang akan kita tempatkan dalam pola formasi 4-2-1-3 ini. Pemain-pemain yang saya tempatkan ini sudah saya analisa berdasarkan kemampuan mereka untuk menempati posisinya yang akan kita atur nanti.

Jadi, siapa saja susunan pemain yang akan kita tempatkan dalam pola formasi 4-2-1-3 ini?

Di bawah ini merupakan nama-nama pemain Real Madrid yang dapat kalian susun sesuai posisinya masing-masing:
  • T. Courtois (GK)
  • F. Mendy (LB)
  • Sergio Ramos (CB)
  • R. Varane (CB)
  • D. Carvajal (RB)
  • Casemiro (DMF)
  • Luka Modric (CMF)
  • James Rodriguez (AMF)
  • E. Hazard (LWF)
  • G. Bale (RWF)
  • K. Benzema (CF)
Berikut susunan pemain yang saya berikan diatas. Dari seluruh pemain yang ada di Real Madrid PES 2020, ini merupakan susunan pemain yang terbaik saat ini.

Namun kalian dapat mengubahnya dengan menyesuaikan kondisi dari setiap pemain. Contohnya seperti kondisi pemain, cedera, dan lain-lain. Sesuaikan susunan pemain berdasarkan posisi dari si pemain.

Pembahasan Attacking Instructions Formasi (4-2-1-3) Real Madrid di PES 2020 


Attacking Instructions atau instruksi menyerang yang dapat kita atur pada Real Madrid adalah sebagai berikut:
  • Attacking Style : Possession Game
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 3 bar Focus Point
Dari pengaturan Attacking Instructions diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa gaya permainan menyerang yang diterapkan pada Real Madrid ini menggunakan gaya menyerang yang mengandalkan penguasaan bola.

Kita akan menggunakan gaya bermain bermain umpan-umpan pendek dalam membangun sebuah serangan daerah pertahanan musuh. Serangan akan difokuskan pada sisi sayap kanan dan kiri.

Dan pada bagian Positioning, mengapa kita memilih Maintain Formation? Supaya pemain kita tetap pada posisinya masing-masing ketika sedang melakukan penyerangan.

Support Range atau jarak antarlini pemain yang kita atur sebanyak 3 bar tadi berfungsi agar jarak antarpemain menjadi lebih dekat.

Pembahasan Mengatur Defensive Instructions Formasi (4-2-1-3) Real Madrid di PES 2020 


Defensive Instructions atau instruksi bertahan yang akan kita terapkan adalah sebagai berikut:
  • Defensive Style : Frontline Pressure       
  • Containment Area : Middle
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 10 bar Focus Point
  • Compactness : 3 bar Focus Point
Instruksi bertahan yang kita atur ini akan menerapkan gaya bertahan yang menutup pergerakan pemain lawan ketika salah satu temannya ingin mengalirkan bola kepada si pemain lawan tersebut.

Pertahanan akan difokuskan pada area lini tengah. Dengan gaya penekanan terhadap pemain lawan cukup agresif.

Garis pertahanan yang kita atur sebanyak 10 bar tadi akan membuat garis pertahanan yang cukup tinggi. Mengapa? Karena pada formasi 4-2-1-3 ini, kita bermain dengan gaya permainan sangat menyerang.

Kerapatan lini pertahanan yang tadi kita atur sebanyak 3 bar akan membuat seluruh pemain merapatkan posisinya masing-masing ketika sedang bertahan.

Pembahasan Mengatur Advanced Instructions Formasi (4-2-1-3) Real Madrid di PES 2020 


Advanced Instructions untuk formasi 4-2-1-3 pada Real Madrid dapat kita atur dengan pengaturan sebagai berikut:
  • Attack 1 : Hug the Touchline
  • Attack 2 : Attacking Full Backs
  • Defense 1 : Counter Target (LWF)
  • Defense 2 : Counter Target (RWF)
Pada bagian Attack 1, kita memilih Hug the Touchline supaya mendorong serangan ke sisi sayap kanan dan kiri. Dan untuk Attack 2, kita memilih Attacking Full Backs agar pemain bek kanan dan bek kiri kita maju untuk membantu serangan ke daerah pertahanan lawan.

Pada bagian Defense 1 dan Defense 2, kita memilih Counter Target untuk pemain yang berposisi sebagai LWF dan RWF supaya mereka akan dijadikan target operan yang dilakukan oleh pemain kita ketika sedang membangun serangan ke daerah musuh.


Mungkin itu saja yang dapat saya bahas kali ini mengenai Formasi dan Taktik terbaik untuk Real Madrid di PES 2020. Formasi ini bisa kalian gunakan ketika sedang melawan teman kalian yang bermain PES 2020 serta melawan komputer sekalipun. 

Ikuti semua penjelasan instruksi yang sudah saya sampaikan tadi dan jangan sampai ada yang terlewat. Semoga dengan adanya pengaturan formasi terbaik Real Madrid ini, kalian tidak perlu mengalami kekalahan lagi ketika bermain PES 2020.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat



Terakhir Diperbarui : 23 Agustus 2020

Post a Comment for "Formasi Taktik PES 2020 : Mengatur Formasi dan Taktik Real Madrid di PES 2020"