Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Formasi Taktik PES 2020 : Kumpulan 5 Formasi dan Taktik Terbaik dan Ampuh di PES 2020

Formasi dan Taktik Terbaik di e-Football PES 2020

Sering bermain PES 2020? 

Tapi selalu kalah dalam setiap pertandingannya? 

Sangat menyakitkan sekali bukan jika kalian mengalami hal ini? 

Kalian ingin tahu poin penting apa yang menjadi permasalahan di sini? 

Poin penting dalam permasalahan tersebut adalah formasi dan taktik yang kalian gunakan dalam suatu pertandingan. Entah itu pertandingan dengan teman kalian maupun komputer.

Mungkin kalian sudah mencoba-coba formasi yang kalian olah dengan kreatifitas kalian masing-masing. Namun dari banyaknya formasi maupun taktik yang kalian gunakan tetap saja tidak bisa memenangkan suatu pertandingan ketika kalian bermain PES 2020.

Padahal formasi dan taktik sangat penting dalam kelangsungan bermain PES 2020. 

Memang di game PES 2020 sudah menyediakan beberapa pola formasi yang dapat kita pilih. Tetapi, jika kita tidak tahu pengaturan mengenai instruksi taktik menyerang maupun bertahan dengan baik, maka pola formasi yang kita pilih tidak akan berjalan dengan baik juga.

Di butuhkan pengetahuan serta kreatifitas kalian mengenai pengaturan formasi dan taktik yang ada di PES 2020. 

Namun terdapat kesulitan yang akan dihadapi ketika kita memilih formasi dan mengatur taktiknya. Jika formasi yang kita pilih tidak sesuai dengan taktik yang kita jalankan, saya dapat memastikan bahwa permainan yang dijalani tidak akan berjalan dengan lancar.

Saya akan membagikan 5 formasi terbaik dan ampuh untuk memenangkan pertandingan di PES 2020 lengkap dengan pengaturan taktiknya.

Apa saja 5 formasi terbaik di PES 2020 tersebut? 

Dan bagaimana pengaturannya? 

Lihat pembahasan lengkapnya di bawah ini.


1.) Formasi Terbaik PES 2020 : Formasi 4-2-2-2 (4-4-2)


Formasi ini menempatkan pola 2 bek tengah yang posisinya agak mendalam ke belakang tepat di atas posisi kiper, serta menempatkan 2 bek kanan dan kiri. 

Lalu, 2 gelandang yang bertipikal bertahan berada di seperempat lapangan bagian bawah, lebih tepatnya berada di atas posisi 2 bek tengah.

Selanjutnya, kita dapat menempatkan 1 gelandang kanan dan 1 gelandang kiri yang dapat kita atur posisinya agak ke atas dari garis tengah lapangan. 

Terakhir, kita dapat menempatkan satu pemain yang dapat diposisikan menjadi Second Striker dan satu pemain berposisikan sebagai Centre Forward. Dengan begini, terbentuklah pola dua penyerang di depan.

Setelah kita sudah menempatkan posisi masing-masing dari pemain, ada hal penting lain agar formasi yang digunakan bisa berjalan dengan baik pada pertandingan nantinya. 

Apa itu?

Yakni Instruksi Taktik.

Bagian ini merupakan hal penting selain dari formasi yang sudah kita pilih dengan pemain yang sudah kita atur tadi. Biasanya kita sebagai user ketika sudah masuk bagian pengaturan taktik di e-Football PES 2020 seringkali mengabaikan atau melewatkan bagian instruksi taktik.

Taktik di E-Football PES 2020 terdiri dari 3 bagian, yaitu Attacking Instructions, Defensive Instructions, dan Advanced Instructions

Bagaimana cara mengaturnya? 

Lihat penjelasannya di bawah ini.

A.) Formasi Terbaik PES 2020 (4-2-2-2) : Attacking Instructions


Formasi 4-2-2-2 ini sangat mengandalkan yang namanya kecepatan dari pemain gelandang kanan dan kiri. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memiliki pemain yang posisinya gelandang kanan dan kiri harus mempunyai kecepatan yang mumpuni.

Pada bagian Attacking Style dalam Attacking Instructions, kita dapat memilih gaya menyerang Counter Attack atau serangan balik. 

Karena pada formasi 4-2-2-2 ini, kita sangat mengandalkan kecepatan dari gelandang kanan dan kiri yang akan mengalirkan bola ke area depan yang diisi oleh dua penyerang.

Dengan gaya serangan balik yang sudah diatur tadi, formasi ini juga cocok dengan gaya permainan umpan-umpan pendek dalam membangun serangan. Sehingga kita dapat mengatur di bagian Build Up dengan memilih Short-pass.

Membangun serangan dengan formasi ini sangat mengandalkan sisi kanan dan sisi kiri, jadi pada bagian Attacking Zone kita dapat memilih Wide. Sehingga fokus serangan akan tertuju pada pemain yang ada di sisi kanan dan kiri lapangan.

Pada formasi 4-2-2-2 ini setiap pemain harus tetap berada di posisinya masing-masing. Sehingga di bagian Positioning, kita dapat memilih Maintain Formation. Serta pada bagian Support Range, kita dapat atur ke 5 bar Focus Point.

Berikut saya sederhanakan pengaturannya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 5 bar Focus Point

B.) Formasi Terbaik PES 2020 (4-2-2-2) : Defensive Instructions


Gaya bertahan yang diterapkan pada formasi ini adalah semua pemain sangat total dalam bertahan. Jadi, Defensive Style yang kita atur adalah All-out Defence

Dan karena kita memiliki 2 gelandang bertahan di tengah yang bertugas untuk membantu pertahanan di belakang, di bagian Containment Area kita dapat memilih Middle.

Tekanan yang dilakukan ke pemain lawan yang sedang menyerang ke area pertahanan kita harus bisa ditutup pergerakannya dengan mengatur Pressuring ke pilihan Conservative

Garis pertahanan atau Defensive Line dapat kita atur dengan menaikkan sebanyak 7 bar Focus Point. Dan Compactness atau kerapatan pertahanan sebanyak 5 bar Focus Point.

Saya sederhanakan pengaturannya dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Conservative
  • Defensive Line : 7 bar Focus Point
  • Compactness : 5 bar Focus Point

C.) Advanced Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-2-2-2)


Di bagian Attack 1, kita dapat mengaturnya dengan memilih Centring Targets. Sehingga nanti pada saat kita sedang menyerang ke area pertahanan lawan, target penyerangan yang dipilih adalah ke arah tengah yang dimana posisi ini ditempati oleh 2 penyerang yang sudah kita atur tadi sebelumnya. 

Untuk Attack 2, kita kosongkan saja karena kita tidak perlu memakainya pada formasi 4-2-2-2 ini.

Selanjutnya di bagian Defence 1, kita dapat memilih pola garis pertahanan yang agak ke dalam sehingga kita atur ke pilihan Deep Defensive Line

Dan untuk bagian Defence 2, kita kosongkan saja, karena tidak diperlukan.


2.) Formasi Terbaik PES 2020 4-3-3 (Counter Attack)


Yang kedua ini adalah pola formasi 4-3-3 yang mengandalkan gaya menyerang serangan balik. Tentu fokus serangan akan di arahkan ke sisi tengah, sisi kanan, dan sisi kiri lapangan. 

Lalu bagaimana penempatan posisi dari masing-masing pemain?

Penempatan posisi pemain yang kita lakukan adalah mengatur area depan dengan cara menempatkan 3 Pemain yang berposisikan Centre Forward

Kita dapat menempatkan 1 penyerang di kiri, 1 penyerang di tengah, dan satu penyerang di kanan. 

Untuk area tengah, kita dapat memasang 3 pemain gelandang tengah yang di tempatkan di belakang garis tengah lapangan. 

Dan terakhir untuk area pertahanan pola formasi ini menggunakan pola 2 bek tengah dan 2 Full-Back kanan dan kiri.

A.) Attacking Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-3-3 Counter Attack)


Karena kita mengandalkan gaya permainan menyerang dengan menggunakan serangan balik, kita dapat mengatur bagian Attacking Style dengan memilih Counter Attack.

Dalam hal membangun serangan, kita dapat membangun serangan dengan gaya umpan-umpan panjang yang akan di arahkan ke 3 penyerang di depan. Sehingga, kita dapat mengatur bagian Build Up dengan memilih Long-pass.

Area penyerangan dalam formasi 4-3-3 ini sangat mengandalkan serangan di sisi kanan dan kiri, karena tadi kita sudah menempatkan 2 Centre Forward di kanan dan kiri. 

Tentu dengan hal seperti ini maka fokus serangan akan terjadi dari sisi kanan dan kiri. Sehingga di bagian Attacking Zone kita dapat memilih Wide.

Posisi pemain harus bisa bermain dengan pola fleksibel pada formasi 4-3-3 ini. Jadi di bagian Positioning harus memilih pilihan Flexible

Dan bagian Support Range dapat kita atur sebanyak 6 bar Focus Point.

Pengaturan sederhananya seperti dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Long-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Flexible
  • Support Range : 6 bar Focus Point

B.) Defensive Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-3-3 Counter Attack)


Untuk instruksi bertahan pada formasi 4-3-3 ini, kita dapat bermain dengan gaya bertahan atau Defensive Style dengan memilih Frontline Pressure. Sehingga bukan menekan secara agresif namun sekaligus menutup ruang gerak dan tembak dari serangan musuh.

Kita juga dapat mengatur pada bagian Containment Area dengan memilih Middle, karena kita sudah menempatkan 3 gelandang di area tengah. 

Dan karena tadi kita mengatur gaya bertahannya Frontline Pressure yang di mana gaya bertahan ini cocok dengan tim yang bermain agresif, jadi kita atur bagian Pressuring ke pilihan Aggressive.

Untuk bagian Defensive Line kita dapat mengatur sebanyak 5 bar Focus Point, serta Compactness sebanyak 8 bar Focus Point.

Pengaturan sederhananya seperti dibawah ini.
  • Defensive Style : Frontline Pressure
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 5 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point

C.) Advanced Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-3-3 Counter Attack)


Di bagian Attack 1, kita atur dengan memilih Hug the Touchline. Dan di bagian Attack 2 kita pilih Defensive dengan menempatkan pemain yang berposisikan Left FullBack atau bek kiri.

Pada bagian Defence 1, kita pilih Deep Defensive Line agar garis pertahanan di belakang agak mendalam. Dan untuk di bagian Defence 2, kita kosongkan saja.

3.) Formasi Terbaik PES 2020 4-2-2-2 ( Balanced )


Formasi ini menempatkan 1 penyerang tengah di depan sebagai ujung tombak. Dan pemain yang berposisikan Right Wing Fielder atau gelandang sayap kanan dan pemain berposisikan gelandang kiri pada sisi kanan dan kiri lapangan. 

Namun, untuk gelandang kiri di tempatkan agak mundur ke belakang sedikit.

Lalu, kita taruh pemain yang berposisikan sebagai gelandang serang di sisi kiri dekat dengan pemain gelandang kiri di atas garis tengah lapangan. 

Dan menempatkan 1 gelandang tengah dan 1 gelandang bertahan di bawah garis tengah lapangan.

Formasi ini juga menggunakan pola 2 bek tengah dan 2 Full-Back kanan dan kiri.

A.) Attacking Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-2-2-2 Balanced)


Untuk bagian Attacking Style, kita dapat mengaturnya dengan memilih gaya permainan Counter Attack

Dan formasi ini menggunakan gaya permainan umpan-umpan panjang dalam membangun serangan ke area pertahanan musuh, sehingga di bagian Build Up kita pilih Long-pass.

Di bagian Attacking Zone, kita dapat mengaturnya dengan memilih Wide, karena serangan difokuskan di sisi sayap. Dan untuk bagian Positioning, kita pilih Maintain Formation

Serta untuk Support Range pada formasi ini, kita atur sebanyak 5 bar Focus Point.

Pengaturan sederhananya bisa dilihat dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Long-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 5 bar Focus Point

B.) Defensive Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-2-2-2 Balanced)


Untuk gaya bertahan atau Defensive Style pada formasi ini, kita dapat mengaturnya dengan memilih All-out Defence. Supaya nantinya saat kita sedang di serang, seluruh akan bertahan total. 

Dan untuk Containment Area, kita pilih Middle.

Untuk gaya penekanan terhadap pemain lawan kita atur bagian Pressuring dengan memilih Aggressive, supaya pemain lawan sulit untuk mengalirkan bola ke area pertahanan kita.

Untuk bagian Defensive Line, kita dapat mengaturnya sebanyak 5 bar Focus Point. Dan di bagian Compactness atau kerapatan di lini belakang pertahanan, kita dapat mengaturnya sebanyak 4 bar Focus Point.

Pengaturan sederhananya bisa dilihat dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Middle 
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 5 bar Focus Point
  • Compactness : 4 bar Focus Point

C.) Advanced Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-2-2-2 Balanced)


Di bagian Attack 1, kita dapat mengaturnya dengan memilih Defensive yang kita tempatkan kepada pemain yang berposisikan sebagai Full-Back kiri. 

Serta pada bagian Attack 2, kita atur dengan memilih Defensive dan menempatkan pemain dengan posisi Full-Back kanan.

Untuk bagian Defence 1, kita pilih Counter Target untuk penyerang tengah di depan. Dan bagian Defence 2, kita dapat memilih Deep Defensive Line.

4.) Formasi Terbaik PES 2020 4-3-3 (Attacking)


Di formasi 4-3-3 ini, kita akan sangat mengandalkan yang namanya gaya menyerang dengan menggunakan haya permainan serangan balik. Karena di atas garis tengah lapangan, kita akan menempatkan 5 pemain.

Kita dapat menempatkan 1 penyerang tengah di tengah, serta pemain yang berposisikan sebagai sayap kanan dan kiri pada sisi kanan dan kiri. Lalu, tempatkan juga 2  gelandang tengah di atas dari garis tengah lapangan.

Untuk pola pertahanan, disini kita juga menggunakan pola 2 bek tengah dan 2 Full-Back kanan dan kiri.

A.) Attacking Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-3-3 Attack)


Gaya permainan menyerang di formasi 4-3-3 ini sangat mengandalkan yang namanya serangan balik. 

Jadi, di bagian Attacking Style kita atur dengan memilih Counter Attack. Dan dalam membangun serangan ke depan, formasi ini mengandalkan gaya bermain umpan-umpan pendek sehingga di bagian Build Up kita pilih Short-pass.

Dengan adanya 2 pemain sayap kanan dan kiri dalam membantu serangan, kita atur Attacking Zone dengan memilih Wide, agar fokus serangan berada pada sisi kanan dan kiri. 

Serta untuk bagian Positioning pada pemain, kita dapat mengaturnya dengan memilih Maintain Formation

Lalu, di bagian Support Range antarpemain, kita atur sebanyak 5 bar Focus Point.

Sederhananya seperti dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Wide
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 5 bar Focus Point

B.) Defensive Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-3-3 Attack)


Gaya bertahan untuk formasi ini adalah semua pemain akan ikut bertahan ketika sedang di serang oleh tim musuh, lalu ketika kita sudah mendapatkan bola, serangan balik akan langsung di mulai. Maka dari itu, di bagian Defensive Style kita pilih All-out Defence.

Karena fokus serangan balik kita dari sisi sayap kanan dan kiri, maka dari segi bertahan juga harus dari sisi tersebut. 

Maka aturlah bagian Containment Area dengan memilih Wide.

Cara penekanan bertahan terhadap pemain lawan pada formasi ini adalah bermain agresif, agar pemain lawan kesulitan mengalirkan serangan ke daerah pertahanan kita. 

Maka pada bagian Pressuring kita dapat memilih Aggressive. Serta pada bagian Defensive Line, kita dapat mengaturnya sebanyak 5 bar Focus Point

Dan untuk Compactness, kita dapat mengaturnya juga sebanyak 5 bar Focus Point.

Sederhananya seperti dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Wide
  • Pressure : Aggressive
  • Defensive Line : 5 bar Focus Point
  • Compactness : 5 bar Focus Point

C.) Advanced Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 (4-3-3 Attack)


Di bagian Attack 1, kita pilih Centring Target agar serangan diarahkan kepada penyerang tengah yang kita miliki. Dan untuk Attack 2, kita kosongkan saja karena tidak kita gunakan.

Di bagian Defence 1, kita atur dengan memilih Counter Target kepada pemain yang berposisi sebagai Penyerang Tengah, karena serangan yang kita bangun ini melalui gaya serangan balik. 

Dan untuk bagian Defence 2, kita tidak perlu menggunakannya sehingga di kosongkan saja.

5.) Formasi Terbaik PES 2020 Rizky Faidan 


Di PES 2020, kita semua bisa menggunakan formasi yang digunakan oleh Rizky Faidan

Mau tahu cara pengaturannya? Lihat penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pertama kali untuk mengatur formasi adalah penempatan posisi pemain

Dalam formasi yang digunakan oleh Rizky Faidan ini adalah kita harus mempunyai pemain yang posisinya bisa sebagai penyerang tengah dan penyerang kedua.

Tempatkan penyerang tengah di kanan dan tengah, lalu penyerang kedua di tempatkan agak kebawah di dekat penyerang tengah.

Untuk gelandang, disini kita menggunakan 1 gelandang menyerang, 1 gelandang tengah dan 1 gelandang bertahan. Dan dalam urusan pola pertahanan, kita tetap menggunakan pola 2 bek tengah dan 2 Full-Back kanan dan kiri.

A.) Attacking Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 Rizky Faidan


Untuk gaya bermain menyerangnya, kita gunakan gaya menyerang dengan serangan balik, sehingga di bagian Attacking Style kita dapat mengaturnya dengan memilih Counter Attack.

Dan untuk membangun serangan ke area pertahanan musuh, formasi ini mengandalkan gaya bermain umpan-umpan pendek. 

Jadi, pada bagian Build-up kita atur dengan memiih Short-pass. Dan fokus serangan disini dengan mengandalkan sisi area tengah, karena kita mempunyai 3 gelandang di area tengah lapangan. Maka dari itu, di bagian Attacking Zone kita pilih Centre.

Dalam urusan Positioning para pemain, kita dapat mengaturnya dengan memilih Maintain Formation. Dan pada bagian Support Range, kita atur sebanyak 5 bar Focus Point.

Saya sederhanakan settingannya dibawah ini.
  • Attacking Style : Counter Attack
  • Build Up : Short-pass
  • Attacking Zone : Centre
  • Positioning : Maintain Formation
  • Support Range : 5 bar Focus Point

B.) Defensive Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 Rizky Faidan


Untuk bagian Defensive Style, kita dapat mengaturnya dengan memilih All-out Defence. Lalu, pada bagian Containment Area, kita atur dengan memilih Middle. Karena di situ juga area yang menjadi fokus kita dalam menyerang sehingga area sisi bertahan pun juga dari tengah.

Gaya penekanan terhadap permainan musuh tidak perlu agresif, cukup menutupi arah pergerakan bola yang dialirkan oleh tim lawan sehingga pada bagian Pressuring, kita dapat mengaturnya dengan memilih Conservative.

Di bagian Defensive Line, kita perlu memasang garis pertahanan yang rendah sehingga kita harus mengaturnya sebanyak 2 bar Focus Point

Dan untuk kerapatan pemain di area pertahanan atau Compactness, kita atur sebanyak 8 bar Focus Point.

Saya sederhanakan settingannya dibawah ini.
  • Defensive Style : All-out Defence
  • Containment Area : Middle
  • Pressure : Conservative
  • Defensive Line : 2 bar Focus Point
  • Compactness : 8 bar Focus Point

C.) Advanced Instructions pada Formasi Terbaik PES 2020 Rizky Faidan


Di bagian Attack 1, kita dapat memilih Defensive yang ditempatkan pada pemain yang berposisi sebagai Full-Back kanan. Serta untuk bagian Attack 2, kita dapat memilih Defensive yang juga pada pemain Full-Back, namun posisinya adalah Full-Back kiri.

Di bagian Defence 1, kita pilih Counter Target untuk penyerang tengah yang berada di posisi kanan. Serta untuk Defence 2, kita pilih Counter Target untuk penyerang tengah yang berada di posisi tengah.


Dari kelima formasi ini mempunyai karakterisitik permainan yang berbeda-beda. Kalian dapat mencobanya satu-satu untuk digunakan dalam pertandingan pada game PES 2020. Dengan begitu, kalian akan mengetahui dimana formasi yang cocok dengan gaya permainan kalian.

Semoga dengan adanya 5 formasi ini, kalian tidak akan mengalami kekalahan lagi dalam bermain PES 2020. Serta tidak kesulitan dalam mengatur pola formasi beserta Attacking, Defensive, dan Advanced Instructions, karena saya sudah memberikan apa saja yang harus diatur dan dipilih mengenai Instructions.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat



Terakhir diperbarui : 13 Agustus 2020

2 comments for "Formasi Taktik PES 2020 : Kumpulan 5 Formasi dan Taktik Terbaik dan Ampuh di PES 2020"